Cara Membuat Intro Video Youtube Tanpa Aplikasi

Intro video adalah sebuah video sangat singkat yang memberikan penjelasan program yang dibawakan, dalam hal ini adalah channel youtube. 

Saat ini banyak konten kreator yang membuat intro pada videonya, sebagai pemberian identitas pada channel youtube yang dikelola. Semakin bagus intro yang ada pada video, biasanya channel youtube tersebut sudah besar atau sudah terkenal.

Membuat intro video youtube agar mendapatkan hasil yang keren sebenarnya memang harus menggunakan software atau aplikasi edit video yang keren pula, seperti; adobe premier, vegas pro dan lainnya. Karena dengan menggunakan software tersebut kita bisa mengekspresikan keinginan kita sebebas mungkin.

Tapi sekarang ini untuk membuat intro video youtube juga bisa tanpa menggunakan aplikasi atau software, karena kita bisa membuatnya dengan mudah lewat situs online, bahkan template intro videonya sudah disediakan. Jadi hal itu mempermudah kita dalam pembuatan, apalagi untuk pemula.

Nah, artikel ini akan memberitahu tempat membuat intro video youtube tanpa aplikasi.

1. Canva

Canva merupakan sebuah situs media kreatif. Sebenarnya Canva tidak hanya berbentuk web, namun ada juga aplikasi android dan software-nya juga. Namun disini kita akan menggunakan website-nya saja, agar sesuai dengan judul artikel di atas. 

Pada website Canva, kita bisa banyak melakukan hal kreatif, seperti membuat logo, membuat thumbnail untuk youtube, background, postingan instagram, CV, dan masih banyak lagi. Tapi kita akan melupakan hal lainnya, karena kita akan fokus ke into youtube saja.

Pembuatan intro youtube menggunakan website Canva sebenarnya cukup mudah. Karena kita hanya mengubah-ubah sedikit saja, karena template intro youtube sudah disediakan. Kita juga bisa menambahkan musik pada intro youtube yang dibuat agar lebih keren. 

Untuk cra membuat intro youtube menggunakan Canva, simak dibawah ini.

1. Buka situs Canva.

2. Jika sudah masuk ke beranda. Langsung saja buat akun Canva anda. Atau jika anda tidak mau membuat akun, anda juga bisa langsung log in (masuk) menggunakan akun Facebook.

3. Setelah masuk menggunakan akun FB, langsung saja klik video dan selanjutnya pilih intro youtube.

buat intro youtube

4. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman pengeditan. Dalam halaman ini, anda bisa pilih template into youtube yang anda ingin gunakan.


5. Anda bisa mengedit template tersebut, sesuai yang anda inginkan.

6. Jika ingin menambahkan musik, klik musik pada bilah samping kiri. Lalu, pilih musik yang ingin anda gunakan.


7. Jika semua sudah dirasa cukup, klik unduh pada pojok kanan atas. Dan intro video youtube sudah selesai dibuat.

2. Panzoid

Kita juga bisa membuat intro video youtube menggunakan situs panzoid. Mungkin banyak youtuber, khususnya youtuber pemula membuat intro dengan memanfaatkan situs ini karena mudah menggunakannya. Langsung saja ke cara membuatnya.

1. Buka situs Panzoid.

2. Pilih Clipmaker.


3. Lalu pilih template yang ingin anda gunakan. Letak template berada di samping kiri.


4. Kemudian silahkan edit text dalam intro sesuai dengan nama channel anda. Dan silahkan berekperimen sesuai kehendak anda.


5. Soal musik, sebenanrnya setiap template sudah ada musik bawaannya, bahkan sudah disesuaikan dengan bit musiknya. Tapi jika anda ingin mengubah musiknya, silahkan klik logo musik di sidebar kiri.

6. Jika semua sudah beres, langsung saja kita download hasil intro yang sudah dibuat.


7. Tunggu hingga proses render selesai. Jika sudah selesai, silahkan klik download your video. Dengan begitu intro video youtube menggunakan panzoid selesai dibuat.

3. Flixpress

Cara membuat into video youtube yang teraikhir menggunakan situs Flixpress. Pada situs Flexpress ini, kita harus membuat akun terlebih dahulu. Tapi jika tidak mau membuat akun, kita bisa langsung login menggunakan akun google. Oke langsung saja masuk ke tutorialnya.

1. Buka situs Flexpress.

2. Silahkan login menggunakan akun google.

3. Jika sudah masuk, klik Get free plan.

4. Klik Intro, lalu pilih template yang ingin digunakan.


5. Kemudian klik customize now.


6. Ubah Top line dan Bottom line sesuai selera.


7. Klik Add audio, dan pilih audio yang ingin digunakan.


8. Jika semuanya dirasa cukup, silahkan klk Submit order. Lalu Yes: Place order.


9. Lalu klik view my orders.


10. Terkhir, klik download & share, lalu pilih kualitas video. Selesai.
Nah, itulah cara membuat intro video youtube tanpa aplikasi. Cara ini cukup mudah dan cocok sekali untuk pemula yang tidak bisa mengedit video dari aplikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel