Waktu Terbaik Upload Video di YouTube

Sekarang industri konten kreator cukup banyak peminat. Salah satu penyebab banyak peminat adalah karena alat yang digunakan saat ini cukup mudah untuk didapatkan, seperti handphone dengan kamera yang cukup mumpuni yang dihargai murah.

Namun, dalam pembuatan konten youtube tidak boleh sembarangan, ada variabel-variabel yang harus diperhatikan dalam pembuatannya, contohnya seperti waktu pengunggahan.

Mungkin ini terlihat sedikit konyol, namun faktanya ini merupakan variabel yang cukup penting, mengingat dalam hal ini jika kita mengupload video di waktu-waktu yang kurang tepat dapat menyebabkan video yang di unggah memiliki sedikit penonton atau bahkan tidak ada sama sekali.

Maka dalam hal ini, saya selaku penulis ingin berbagi sedikit informasi terkait waktu terbaik untuk mengupload konten atau video di youtube. Artikel ini ditulis berdasarkan riset dan pengalaman pribadi.

Baca: Cara membuat into youtube tanpa aplikasi

Waktu terbaik upload video di youtube agar dapat penonton

Berbeda dengan sosial media lainnya; misalnya seperti Instagram, fb atau twitter yang tidak begitu kuat efek waktu dalam mengupload konten. Karena pada dasarnya sosial media tersebut lebih mengedepankan follower atau teman untuk melihat konten. Jadi, walaupun kita mengupload konten di jam-jam tidur (jam 1, 2, 3, 4 malam) tetap para  follower akan dapa melihat konten kita.  

Sedangkan di youtube; hal seperti itu cukup sulit kecuali channel yang Anda bangun sudah besar dan terkenal, sehingga konten yang di upload akan di rekomendasikan oleh youtube. Jika channel yang Anda bangun masih kecil; silah-kan tangisi konten Anda tersebut karena tidak akan ada penonton yang tahu bahkan subscriber channel Anda sendiri.

Jadi, waktu terbaik untuk mengupload konten di youtube itu sangat penting. Dan sebenarnya waktu terbaik mengupload video di youtube sangat sederhana, hanya memakai dua variabel yaitu jam dan hari.  

A. Jam

  • Waktu terbaik untuk mengupload video di youtube adalah sekitar jam 12 - 2 siang. Mengapa? Karena pada jam tersebut, banyak orang yang sedang istirahat dan pulang sekolah, dengan perasaan yang lelah, sehingga menonton youtube sebagai alat untuk menghilangkan rasa lelahnya. 
  • Waktu terbaik upload video di youtube adalah pada jam 8 – 9 malam. Ini merupakan waktu yang cukup bagus menurut saya, karena pada jam ini banyak orang yang sedang beristirahat sehingga cukup bagus untuk mengupload konten di waktu ini. Jika Anda pernah meriset atau melihat dari analitik channel Anda. Waktu terbanyak pengakses youtube khususnya di Indonesia adalah pada jam 8 -  9 malam.

Namun perlu diketahui soal waktu jam di atas adalah sesuaikan dengan bagian waktu Anda sendiri. Karena di Indonesia memili tiga zona waktu maka sesuaikanlah dengan zona waktu Anda sendiri. 

Ada satu lagi waktu terbaik untuk mengupload video di youtube, yaitu dengan melihat analitik channel Anda. 

jam upload video youtube

Pada gambar di atas adalah analitik waktu penonton video saya menonton. Bisa dilihat pada gamba, semakin gelap wananya maka semakin banyak yang menonton. Pada gambar, di semua hari waktu terbanyak penonton yang paling konsisten adalah di jam 19 - 21. Anda bisa melihat analitik seperti ini di channel Anda.

Sebenarnya dengan kita memahami analitik channel kita, kita sudah dapat kemudahan dalam pembuatan dan pengunggahan konten di youtube.

B. Hari

Untuk variabel hari, tidak bisa disamaratakan, hal ini tergantung konten.

Saya memiliki channel youtube dengan konten pendidikan dan tutorial. Dan yang saya dapati adalah ketika hari kerja, yaitu Senin sampai dengan Jumat. Penonton konten pendidikan dan tutorial saya mengalami banyak peningkatan, namun pada hari Sabtu, minggu dan pada hari libur, konten tersebut mengalami penurunan penonton. Jadi kesimpulannya adalah untuk konten pendidikan, waktu terbaik untuk upload video di youtube adalah pada hari kerja yaitu hari Senin sampai dengan Jumat, namun harus perhatikan juga jam upload-nya. 

Tapi, untuk konten video hiburan dan game. Saya rasa ini tidak ada waktu buruknya, semua hari bisa dipakai untuk upload. Namun, untuk hari-hari besar; seperti hari raya, mungkin akan mengalami sedikit penurunan penonton.

Waktu yang tidak pas untuk mengunggah video di youtube

1. Waktu tidur

Jangan pernah upload video di youtube pada jam malam, yaitu jam 10, 11, 12, 1, 2, 3, 4. Karena pada jam tersebut, kebanyakan orang sedang tidur. Kecuali di hari-hari spesial, misalnya seperti bulan Ramadhan. Kemungkinan pada bulan itu banyak orang yang ibadah menunggu sahur.

2. Waktu pagi

Ada sebuah guyonan yaitu jangan kesiangan nanti rezeki dipatok ayam. Namun dalam pengunggahan video di youtube, kita tidak bisa menyetujui guyonan tersebut. Karena pada jam tersebut (5, 6, 7, 8 pagi) banyak orang sedang sibuk untuk aktifitas bekerja

Baca: Masalah yang sering dihadapi youtube

Dari pembahasan terkait waktu terbaik untuk upload video di youtube di atas, bisa dilihat cukup penting fungsinya. Namun, sebelum menerapkan hal tersebut, sebaiknya perbaiki dahulu isi konten yang dibuat dan juga pelajari SEO youtube; seperti pembuatan deskripsi dan tags video yang fungsinya jauh lebih penting dari waktu pengunggahan video. Karena percuma saja kita upload video di waktu yang pas, namun dengan isi konten yang buruk; tidak akan ada juga yang akan menonton. Balik lagi seperti yang saya katakan sebelumnya perbaiki isi konten dan pelajari SEO yotuube dan juga pilih konten yang paling dibutuhkan penonton, karena itu yang akan mendatangkan penonton.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel