Cara Mengaktifkan VPN Gratis Tanpa Software di Laptop/PC | Windows 7 dan 10

Sekarang ini mungkin sudah banyak yang tau dengan VPN. Semakin banyaknya pengguna internet saat ini, semakin terkenal jugalah VPN. Banyak sekali pengguna internet yang menggunakan VPN sebagai pelindung mereka ketika berselancar di internet, tapi itu dulu. Sekarang masih sama, namun gunanya sekarang kebanykana adalah untuk membuka situs atau website yang diblokir pemerintah.
Wah keterlaluan, pemerintah memblokir situs sebagai bentuk kepeduliannya kepeda masyarakat, tapi malah masyarakatnya tidak peduli.
Penulis juga termasuk kedalam masyarakat itu. hahaha.

Tapi perlu diketahui bahawasannya mengunakan VPN ada kelebihan dan kekurangan juga. Kami urai dibawah ini.

Kelebihan

1. Kerahasiaan data lebih aman.
2. Bisa mengakses website terblok.
3. Identitas IP asli tidak langsung diketahui.
4. Akses jaringan dari lokasi yang berbeda.

Kekurangan

1. Koneksi tidak stabil.
2. Koneksi lebih lambat.
3. Konfigurasi manual cukup rumit.
4. Ada batasan penggunaan.

VPN bisa digunakan di segala perangkat yang mendukung akses VPN. Baik itu HP, laptop dan lainnya. 

Sesusai judul, kami akan membagikan informasi mengenai cara mengaktifkan VPN di laptop/PC. Kami juga sudah memposting artikel tentang cara mengaktifkan VPN di Android tanpa Aplikasi, silahkan dibaca.

Untuk mengaktifkan VPN di laptop ataupun PC ini, kita akan menggunakan VPN gratis dari vpnbook. Jadi ini adalah cara yang paling mudah, karena tidak perlu menggunakan software tambahan.
Lihat: Cara membuat Email bagi pemula

Mengaktifkan VPN pada windows 7

1. Buak Control Panel.
2. Pilih Network and Internet. Lihat gambar dibawah.


3. Setelah terbuka. Pilih Network and Sharing Center.


4. Anda akan menemukan tapilan seperti dibawah ini. Kemudian pilih Set up a new connection or network.


5. Lalu akan muncul pop up seperti tampilan gambar dibawah. Kemudian pilih saja Connect to a workplace. Jangan lupa klik Next.

 
Baca: Bahasa pemrograman untuk pemula
6. Masih berada pop up. Pilih No, create a new connection. Jangan lupa klik Next.


7. Kemudian anda ankan menemukan tampilan seperti dibawah. Klik saja sesuai panah merah digambar.


8. Anda akan menemukan tampilan seperti gamabar dibawah. 


Pada kolom Internet adress, anda harus memasukkan alamat internetnya. Untuk mendapatkan alamat internya anda harus melihat di situs vpnbook. 

9. Buka situs vpnbook. Jika sudah terbuka, scrool dikit kebawah. Kemudian klik PPTP. Nah, itu adalah alamat internet yang bisa anda gunakan, anda bebas mau memilih yang mana. Gambar dibawah ini adalah kumpulan alamat internet VPN yang bisa anda gunakan.

Pakai: Apikasi VPN gratis dan cara penggunaanya di android
10. Jika anda sudah memilih alamat yang hendak digunakan. Masukkan alaamt tersebut ke dalam kolom Internet adress. Kemudian klik Next. Contoh seperti dgambar dibawah ini.


11. Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan usernama dan password. Anda bisa mengambil usernmane dan password di situs vpnbook tadi. Lebih tepatnya posisinya ada dibawah alamat internet yang anda pilih bebelumnya. Atau lihat gambar dibawah ini.


Perlu diketahui, untuk password setiap satu bulan sekali akan mengalami perubahan. Jadi jika anda ingin menggunakannya; rajin-rajinlah untuk mengecek pasword terbaru di situs vpnbook.

12. Ketika username dan password sudah anda masukkan, langsung saja klik next. Dan otomatis anda akan terhubung ke jaringan VPN.

Untuk mengecek apakah benar-benar sudah terhubung ke jaringan, silahkan lihat di status jaringan. Seperti gambar dibawah ini.


Jika status VPN Connection memeberikan informasi Connected, itu artinya sudah terhubung. Jika tidak, mohon ulangi tutorial ini dari awal.
Info: Cara hapus software di laptop yang benar
Diatas adalah cara menggunakan VPN gratis tanpa software di laptop/PC lebih tepatnya pada windows 7. 

Anda juga bisa melihat video ini, agar lebih mudah pengaplikasiannya.

Sekarang masuk kepada windows 10. Cara pengakttifannya sebenarnya sama saja, hanya sedikit beda dari tampilan saja, karena windows 7 dengan 10 adalah beda.

Mengaktifkan VPN pada windows 10

1. Buka setting pada windows 10 anda.
2. Pilih Network & internet.

Baca: Cara menghubungkan paypal ke rekening bank lokal
3. Setelah masuk ke tampilan Network & internet. Pilihlah VPN. Kemudian klik Add a VPN connection. Ikuti gambar dibawah ini.


4. Setelah itu anda akan mendapati tampilan seperti gambar dibawah.


Tugas anda adalah mengisi semua kolom yang tersedia. Isilah mulai dari:
*VPN provider: Anda bisa pilih Windows (built-in)
*Connection name: Anda bebas membuat apa saja nama yang ingi anda buat. Misal: "vpnfree".  
*Server name or address: Sever yang anda gunakan. Ambil alamat server dari situs vpnbook. Atau lihat gambar dibawah ini.


*VPN type: Automatic.
*Type of sign-in info: User name and password.
*User name: Isi dengan username VPN. Karena disini kita menggunakan vpnbook, maka usernamenya adalah vpnbook.
*Password: Isi dengan password VPN yang sudah disediakan vpnbook. Untuk mendapatkan password, anda bisa melihat di situs vpnbook. Untuk letak posisi password pada situs vpnbook, anda bisa lihat pada gambar dibawah ini.


Karena setiap satu bulan sekali akan ada pembaruan password, jadi anda harus sering-sering melihat pasword baru di situs vpnbook. 
Diatas adalah cara mengaktifkan VPN gratis di windos 10. Dengan selesainya cara diatas, itu artinya sudah selesai pula pembahasan ringan pada artikel ini. 

Anda bisa mencoba cara mengaktifkan VPN di laptop atau PC diatas dengan menyesuaikan windows yang anda gunakan. Sebelum kami mengakhiri tulisan ini, mari kita buat komitmen bersama. JANGAN BUKA 18+!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel