Cara Cepat Memenuhi Syarat Monetisasai YouTube

Sekarang ini youtube menjadi media penghasil uang terpopuler. Bisa kita lihat saat ini banyak sekali orang yang menjadi youtuber, bukan hanya dikalangan masyarakat biasa, tapi kalangan artis juga berlomba-lomba untuk merasakan uang dari hasil youtube.

Dari banyaknya animo masyarakat yang ingin menjadi youtuber, tidak dipungkiri bahwa uang yang dihasilkan dari youtube sangat menggiurkan, bahkan bukan untuk dijadikan pendapatan kedua, malah banyak yang menjadikan youtube sebagai pendapatan utama, sebut saja seperti Ria Ricis, Miawag dan Qorygore.

Masalahnya untuk mendapatkan uang dari youtube terbilang cukup sulit, malah ada yang bilang sangat sulit.

Mengapa?

Sebelum bisa menghasilkan uang dari youtube, channel youtube yang dikelola harus di monetisasi terlebih dahulu. Sebelum di monetisasi, channel youtube yang dikelola harus memenuhi syarat terlebih dahulu. Dan jika syarat sudah terpenuhi, belum tentu juga langsung diterima monetisasi oleh youtube, bisa saja channel yang dikelola diabaikan.

Dari kesulitan yang ada, syarat monetisasi youtube yang paling fundamental. Kerena sistematika agar channel youtube di monetisasi adalah memenuhi syarat > pengajuan monetisasi > review channel > diterima atau ditolak.

Karena syarat monetisasi menjadi tiket (syarat dasar) untuk bisa masuk ke tahap selanjutnya. Ini menjadi modal penting untuk dipelajari agar channel yang dikelola bisa di monetisasi, atau setidaknya hanya sebatas memenuhi syarat saja. Percayalah, setelah di monetisasi, pengelolaan channel akan semakin baik, hal itu sudah saya rasakan sendiri.

Setidaknya ada 5 syarat minimum agar channel bisa mengajukan monetisasi. Sampai saat saya menulis artikel ini, syarat monetisasi youtube masih seperti yang dibawah ini.

1. Patuhi kebijakan

Hal ini merupakan kebijakan untuk monetisasi youtube. Tidak perlu pusing dengan syarat ini, karena anda hanya perlu mematuhinya, jangan melakukan hal yang dilarang. Hal yang dilarang tersebut sudah dijelaskan secara gamblang di kebijakan monetisasi youtube.

2. Wilayah negara

Hampir sama dengan syarat pertama yang tidak terlalu penting, malah ini sangat tidak penting. Karena negara Indonesia memenuhi syarat monetisasi. Namun jika anda dari negara lain, silahkan lihat daftar negara yang tersedia menjadi program partner youtube.

3. 4000 jam waktu tonton

Syarat yang ini merupakan kewajiban seluruh channel jika ingin di monetisasi. Maksud dari syarat ini adalah channel yang dikelola harus memiliki 4000 jam waktu tonton yang valid (berlaku) selama 12 bulan terakhir. Dalam artian penonton harus asli manusia (bukan Bot), harus publik (bukan ditonton sendiri). Intinya untuk memenuhi 4000 jam tersebut harus dilakukan dengan cara jujur.

Soal keterangan 12 bulan terakhir masih simpang siur saat ini. Tapi banyak youtuber yang berpendapat bahwa jika lebih 12 bulan channel yang dikelola belum memenuhi 4000 jam tayang, waktu tersebut tidak akan hilang, tapi tetap akan di akumulasikan di 12 bulan berikutnya.

4. 1000 Subscriber

Sama dengan syarat sebelumnya. Ini merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi. Setiap channel wajib hukumnya memiliki 1000 subscriber agar bisa mengajukan monetisasi. Percayalah, untuk mendapatkan 1000 subscriber akan lebih mudah daripada mendapatkan 4000 jam tayang. Tapi bukan berarti main curang. 1000 subcriber tersebut harus memiliki kualifikasi, akun aktif, bukan bot, tidak beli dan lainnya.

5. Memiliki akun AdSense

Syarat ini tidak perlu diperhatikan. Karena jika belum punya akun, setelah channel memenuhi syarat 4000 jam tayang dan 1000 subscriber, ketika mengajukan monetisasi akan ada pembuatan akun AdSense. Jadi jangan khawatir, anda tetap akan baik-baik saja walaupun mengabaikan syarat ini.

Namun jika anda sudah memiliki akun AdSense, jangan coba-coba membuat akun AdSense yang baru, percayalah, anda akan ditolah, bahkan lebih parahnya akan di banned dari mitra AdSense seumur hidup. Jadi pastikan anda tidak memiliki akun AdSense yang lain ketikan membuat akun.

Syarat minimun sudah dijelaskan, ada yang penting dan ada juga yang tidak penting. Tapi saya sarankan, untuk menganggap ke-5 syarat diatas menjadi syarat penting tanpa terkecuali.

Selanjutnya, pembahasan sesuai judul.
Lihat: Masalah paling sering bagi youtuber pemula

Cara cepat memenuhi syarat monetisasi youtube

Setidaknya ada 2 dari 5 syarat mininum yang harus diselesaikan, yaitu 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. Penyelesaian kedua syarat tersebut saya dasari dari pengalaman saya ketika memenuhi syarat tersebut di channel youtube yang saya kelola. Saya akan sedikit bercerita

"Saya membuat channel youtube diawal Januari 2018, pertama kali upload video pada April 2018.


Lihat gambar diatas, itulah video yang pertama yang saya upload. Dari video itu saya hanya mendapatkan 1300 penonton dengan durasi tonton 3,6 jam dan 0 subscriber dalam waktu 1 bulan. Kemudian saya vakum selama 5 bulan. Dan aktif kembali di bulan Oktober 2019 dengan rutin upload 1 video per hari.

Kala itu dimana bertepatan dengan penerimaan CPNS besar-besaran, dan saya membuat konten yang membahas tentang info CPNS. Dan terbukti, terhitung dari bulan Oktober - November channel yang saya kelola mendapatkan hasil yang signifikan.


Gambar diatas menampilkan waktu tonton 4700 jam dan penambahan subscriber sebanyak 1300. Data digambar memang hanya estimasi, tapi percayalah hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan estimasi tersebut.

Dengan kata lain, saya memenuhi syarat monetisai youtube hanya dalam waktu 2 bulan saja"

Dari pengalaman saya tersebut, bisa diambil pembelajaran penting yaitu "Konten".

Pengalaman saya menyatakan bahwa konten adalah segalanya. Walaupun seburuk apa rupamu, kepribadianmu, kantongmu tapi dengan konten semuanya tertutupi di dunia youtube.

Jadi, apa kaitannya konten dengan cara cepat memenuhi syarat monetisasi youtube.

1. Untuk memenuhi 4000 jam tayang

Dengan membuat konten yang menghibur, menyelesaikan masalah, informatif tentu syarat ini sangat gampang untuk diselesaikan. Melihat dari pengalaman saya diatas, saya membuat konten di channel saya dengan nilai informatif, dengan membahas info CPNS. Tapi yang perlu diperhatikan adalah saya membahas info CPNS disaat sedang ada penerimaan CPNS, dengan ketepatan waktu tersebut, saya mendapatkan lonjakan jam tayang.

Jadi intinya adalah buatlah konten yang benar-benar memiliki ketiga nilai tersebut (menghibur, menyelesaikan masalah, informatif). Saya rasa itu adalah konten yang akan memberikan lonjakan besar di jam tayang channel yang anda kelola. Saya yakin anda yang membaca tulisan ini adalah orang yang baru memulai bermain youtube dan segera ingin memenuhi syarat itu. Tapi disisi lain, anda harus melihat apakah konten yang anda buat memiliki ketiga nilai tersebut.

Baiklah jika anda tidak mengerti dengan ketiga nilai konten tersebut, dengan senang hati saya akan memberikan contoh.

a. Konten menghibur

Ini merupakan konten laris manis di youtube, saya sangat yakin dengan konten ini. Dalam kata menghibur dapat ditafsirkan sebagai makna menyenangkan dan menyejukkan hati. Anda bisa memilih banyak konten menghibur, seperti prank dan video parodi. Atau bisa juga vlog dengan memberikan nilai hiburan di dalamnya (namun saya tidak begitu setuju untuk seseorang yang belum terkenal).

Untuk seorang pemula, saya pikir prank cocok dimainkan. Karena selain pembuatan video yang sederhana ketimbang video parodi, prank juga banyak menjadi batu lompatan para youtuber yang saat ini sudah terkenal (banyak subscriber). Sebut saja seperti Brandon Kent, yang dulunya bermain di prank.

Perlu diingat, tidak berarti dalam hal ini anda harus membuat konten prank, hal ini hanya sebagai gambaran saja. Anda juga bisa memilih konten yang anda inginkan asalkan ada nilai menghibur di dalamnya.

b. Konten menyelesaikan masalah

Bisa juga disebut sebagai konten abadi. Mungkin anda sudah bisa menebak-nebak maksud dari konten ini. Ya, ini adalah konten tutorial (how to). Dengan konten ini anda tidak perlu khawatir dengan pengunjung (penonton), dapat dipastikan akan selalu berdatangan. Saya sudah membuktikannya sendiri, selain dengan konten informatif, channel saya juga saya isi dengan konten ini.

Mengapa?

Saya berfikir jangka panjang, ada beberapa video tutorial di channel saya yang sampai saat ini selalu mendatangkan penonton walau saya mengupload video tersebut sudah lebih dari 1 tahun. Hal itu membuktikan konten abadi itu memang ada.

Tapi hal itu tidak penting untuk anda, karena yang anda butuhkan adalah memenuhi syarat monetisasi.

Hal yang membuat saya mencantumkan konten tutorial (menyelesaikan masalah) adalah konten ini banyak dicari. Analoginya seperti ini; jika video banyak dicari, maka video banyak yang nonton, jika banyak yang nonton, maka jam tayang terpenuhi.

Tapi bukan berarti anda melupakan konsep dalam mengupload video di youtube. Karena konten tersebut membutuhkan pencarian, anda juga harus paham (setidaknya sedikit) SEO (search engine optimization) youtube. Tapi percayalah, SEO youtube tidak serumit SEO blog.

Namun yang paling penting adalah video yang dibuat jangan sampai sama (sudah pernah) dibuat (di upload) di youtube. Yang saat ini lagi laris di youtube adalah video tutorial mesin (otomotif), saya melihat banyak sekali animo penonton pada video tersebut. Tapi jika anda tidak paham mesin anda bisa membuat tutorial yang lainnya, yang sesuai dengan keahlian anda.

INGAT! jangan membahas apa yang tidak anda ketahui!

c. Konten informatif

Konten ini sama dengan yang saya terapkan pada channel yang saya kelola. Pasti anda sudah paham dengan konsep informatif ini. Intinya konten informatif memberikan nilai informasi yang bermanfaat kepada penonton guna untuk memberikan pencerahan dan wawasan baru.

Hal ini sudah banyak sekali di youtube, anda bisa lihat channel Calon Sarjana, Kok Bisa, MAQ dan masih banyak lagi konten dengan nilai informatif di youtube.

Membuat konten seperti ini terbilang cukup mudah, hanya tinggal modal rekaman suara kemudian diberi visual dengan gambar atau potongan video yang sesuai dengan apa yang dibahas. Tapi diwajibkan untuk meriset dan menggunakan data yang valid, agar tidak ada informasi yang berbau hoax.

Seperti itulah contoh ketiga konten yang memberikan lonjakan pada channel youtube.

Ada satu hal yang terbilang tidak kalah penting untuk mencapai jam tayang. Setelah membuat konten seperti diatas, jangan lupa untuk share ke media sosial. Karena untuk channel baru (belum terkenal) tidak akan mampu bersaing dengan channel yang sudah besar (memiliki nama). Ini berlaku hanya untuk konten menghibur dan informatif saja. Karena konten penyelesaian masalah (tutorial) tanpa share ke media sosial juga pasti akan tetap berkembang, karena modal utama sumbernya adalah lewat pencarian (pahami SEO youtube). Tapi jika tetap ingin share ke medsos malah lebih bagus. Tapi ingat sesuaikan video yang di share dengan tempat share.

2. Untuk memenuhi 1000 subscriber

Sesuai dengan kalimat saya sebelumnya.
Percayalah, untuk mendapatkan 1000 subscriber akan lebih mudah daripada mendapatkan 4000 jam tayang
Itulah kutipannya.

Memang anda harus percaya dengan kalimat saya itu. Saya sudah mengalami ini sebelumnya.

Channel yang saya kelola sudah memiliki 1000 subscriber dan ketika saya ingin mengajukan ke adsense, ternyata jam tayang saya masih belum cukup.

Untuk pembahsan ini saya rasa tidak perlu panjang lebar. Saya akan membagkian poin pentingnya saja.

a. Ajak penonton untuk subscribe

Ini terbilang cara yang cukup manjur dan terlebih lagi ini masih berhubungan dengan konten. Kenapa? Jika konten video anda banyak yang nonton otomatis subscribe berdatangan, tapi tidak jarang juga penonton hanya menonton saja tanpa klik subscribe. Jadi, ajaklah penontonton untuk subscribe channel anda dengan cara sisipkan video ajakan subscribe singkat di sela-sela video anda. Ini terbukti ampuh, dengan ini saya bisa mendapatkan ratusan subsciber tiap harinya.

b. Sub4sub

Memang banyak yang bilang ini sangat tidak baik untuk kesehatan channel. Memang benar, tapi asalkan tidak terlalu over tidak akan berdampak parah. Dahulu saya juga melakukan trik curang ini, bahkan hampir semua youtuber melakukan hal ini.

Intinya jangan sampai berlebihan (jangan lebih dari 100) dan pakai trik tonton dahulu 1 menit sebelum subscribe, ajaklah kerja sama para youtuber pemula lainnya memainkan trik ini.

Karena untuk mencapai 1000 subscriber ini terbilang mudah (sesuai dengan kutipa saya) maka hanya itu yang saya jabarkan.

Kesimpulan

Untuk memenuhi syarat monetisasi youtube memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diawal saya bermain youtube juga mengalami masa-masa sulit, namun seiring berjalannya waktu dan sudah menemukan konten yang pas maka itu akan terasa mudah.

Perlu digaris bawahi, kunci utama dari penyelesaian masalah ini adalah konten. Buatlah konten yang sudah dijelaskan diatas, karena selain mudah untuk dibuat, konten tersebut ramah untuk pemula (channel kecil).
Baca: Masalah paling sering pada AdSense
Dan satu hal yang tak kalah penting adalah mafaatkan keadaaan (kejadian) yang lagi viral, hal ini sangat-sangat produktif. Seperti yang sudah saya ceritakan, saya membahsa info CPNS disaat sedang ada penerimaan CPNS dan itu membuat channel saya berkembang pesat. Jadi manfaatkanlah keadaan, misalnya jika saat ini sedang panas-panasnya politik, kenapa tidak coba membahas politik, namun bahaslah politik yang sehat. Gunanya untuk menunjang traffic channel yang dikelola.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel