Cara Mencari Nilai Rata-rata IJAZAH dan SKHU - SMA,SMK dan MA

3 tahun lamanya kita duduk di bangku SMA (sekolah). Sangat disayangkan jika dengan waktu yang selama itu kita mendapatkan nilai yang jelek di ijazah kita. Perlu kita ketahui bersama, untuk mendaftar di universitas atau kuliah membutuhkan nilai ijazah. Tapi bukan hanya untuk mendaftar kuliah saja, namun untuk mendaftar kerja juga nilai ijazah akan diminta, seperti halnya untuk mendaftar CPNS ataupun TNI & Polisi.

Tapi terkadang saat kita melamar kerja atau mendaftar kuliah, ada banyak sekali jenis nilai yang diminta dan bermacam-macam jenisnya. Oleh karena itu saya akan membahasnya di tulisan kali ini, tentang cara mencari nilai Rata-rata Ijazah  dan SKHU untuk SMA, SMK dan Madrasah Aliyah.

Nilai Rata-rata Ijazah dan SKHU SMA, SMK dan MA

Untuk mencari nilai rata-rata SKHU cukup mudah. Nilai yang berada di SKHU biasa disebut NEM (nilai ebtanas murni). Seperti contoh nilai yang ada di SKHU dibawah ini.

Biasanya untuk nilai rata-rata SKHU sudah ditulis dari sananya. Namun terkadang ada juga pihak sekolah yang tidak menuliskan nilai rata-rata SKHU (NEM) jadi kita harus mencari sendiri nilai rata-ratanya. 

Untuk mencari nilai rata-rata SKHU adalah dengan menjumlahkan terlebih dahulu nilai yang didalam kotak merah seperti gambar diatas. Kemudian setelah mendapatkan hasil penjumlahan dari nilai tersebut, silahkan dibagi 6. 

Kenapa dibagi 6? Karena jumlah mata pelajaran di SKHU tersebut ada 6. Namun biasanya untuk SMK mata pelajarannya hanya empat, jadi anda bisa menyesuaikan dengan mata pelajaran di SKHU anda sendiri.
Lihat: Kesalahan dalam melamar kerja
Kemudian mencari nilai rata-rata ijazah. Sebenarnya sama saja polanya seperti mencari nilai rata-rata SKHU (NEM). Perhatikan gambar dibawah ini.

1

2

Gambar diatas merupakan gambar ijazah dan SKHU. Kenapa harus pakai SKHU juga? Karena untuk mencari nilai rata-rata ijazah harus menggunakan nilai SKHU juga. Jadi caranya begini, 

1. Jumlahkan terlebih dahulu nilai sekolah seperti yang ada didalam kotak merah gambar ijazah diatas.

2. Jika hasil penjumlahannya sudah ketemu, silahkan dibagi sesuai dengan jumlah mata pelajaran di ijazah anda. Contoh, ( 1118 : 13 = 91,0 ). (118) itu berasal dari penjumlahan nilai sekolah yang ada di kotak merah seperti gambar ijazah diatas. (13) berasal dari jumlah mata pelajaran yang ada digambar ijazah diatas. (91,0) adalah hasil dari pembagian (1118 : 13). Begitu lah polanya.

3. Kemudian jika sudah mendapatkan hasil dari penjumlahan nilai sekolah. Selanjutnya anda bisa lakukan hal yang sama di nilai SKHU. Jumlahkan terlebih dahulu nilai SKHU anda, kemudian bagi sesuai dengan banyaknya jumlah mata pelajaran di SKHU anda. Contoh, setelah dijumlahkan nilai yang ada di kolom merah pada gambar SKHU hasilnya adalah (465,5 : 6 = 77,5). 6 didapat dari jumlah mata pelajaran yang ada di SKHU.
Info: Produk Jualan Online Paling Laris
4. Kemudian langkah berikutnya adalah jumlahkan (nilai rata-rata ujian sekolah + nilai rata-rata SKHU) lalu dibagi 2. Contoh, (91,0 + 77,5 = 168.5) kemudian hasil dari penjumlahan tersebut dibagi 2. (168,5 : 2 = 84,2) Nah, itulah nilai rata-rata ijazah yang ada digambar diatas.

Agar lebih mengerti, anda bisa menonton video ini


Begitulah cara mencari nilai rata-rata ijazah dan SKHU untuk SMA, SMK dan MA. Anda bisa menerapkannya pada ijazah dan SKHU masing-masing. Jika ada yang kurang paham bisa tanyakan di kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel