10+ Aplikasi EDIT VIDEO Paling Mantap Untuk PC Spek KENTANG

Menjadi orang yang kreatif memang mempunyai nilai tersendiri. Bahkan orang kreatif bisa disebut juga sebagai jenius seni.

Jika dahulu orang-orang kreatif untuk mencurahkan keahliannya dengan bentuk benda, seperti patung lukisan, gambar bergerak dan lainnya. 

Namun di jaman yang sudah modern ini, kreatif tidak hanya sebatas karya berbentuk benda. Melainkan dapat juga dengan sebuah audio visual. Biasanya saat ini kita menyebutnya dengan video.

Untuk membuat karya video tidak sembarangan. Diperlukan beberapa langkah atau step. Yaitu mulanya sengan merekam video dan kemudian inti yang menentukan video itu menakjubkan atau tidak yaitu editing.


Editing video tidak bisa dilakukan langsung di kamera. Jadi harus menggunakan software (aplikasi) spesial untuk edit video. Biasanya aplikasi edit video memiliki ukuran yang terbilang cukup besar. Tapi tidak menutup kemungkinan dengan ukuran yang kecil.

Nah, untuk itu pada tulisan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai aplikasi edit video untuk PC spek rendah

Buat kalian yang memiliki PC dengan spesifikasi rendah misalnya ram 1GB, mungkin aplikasi yang saya tawarkan ini dapat menyelamatkan PC anda untuk edit video.

1. Vegas Pro

Posisi pertama ditempati oleh Vegas Pro. Kenapa? Karena saya sendiri menggunakan aplikasi ini. Alasan paling kuat saya menggunakan aplikasi Vegas Pro karena RAM PC hanya 1 GB.

Vegas Pro merupakan sofware editing video yang dulunya diterbitkan oleh Sony, lalu diambil alih oleh Magix. Untuk Vegas Pro yang saya pakai adalah vegas pro versi 11. Karena PC saya hanya mampu menjalankan versi 11.

Saat ini vegas pro sudah memiliki banyak sekali versi. Dan tiap-tiap versinya selalu memiliki pembaruan yang menarik. Semakin tinggi versinya semakin kuat pula spek PC untuk menjalankannya. Jadi jika PC anda hanya punya RAM 1 - 2 GB. Saya sarankan anda menggunakan vegas pro versi 11 saja.

Inilah versi vegas pro dari yang terendah sampai yang tertinggi.

- VEGAS PRO 11  >> Rilis 2011
- VEGAS PRO 12  >> Rilis 2012
- VEGAS PRO 13  >> Rilis 2013
- VEGAS PRO 14  >> Rilis 2014
- VEGAS PRO 15  >> Rilis 2015
- VEGAS PRO 16  >> Rilis 2016
- VEGAS PRO 17  >> Rilis 2017

Sebenarnya dibawah versi 11 masih ada lagi versi yang lebih rendah. Namun saya rasa menggunakan versi 11 saja sudah cukup untuk PC spek rendah.

2. Filmora

Sebelum saya pakai aplikasi vegas pro. Saya lebih dulu memakai wondershare filmora. Aplikasi ini adalah aplikasi edit video yang memiliki tampilan yang enak dipandang. Untuk tampilan warna, anda disediakan 2 tampilan yaitu mode normal dan mode dark.

Soal fitur filmora jangan diragukan lagi, banyak sekali fitur yang disediakan di aplikasi ini. Anda akan sangat puas saat mengedit menggunakannya, hal itu sudah saya rasakan lebih dulu. Bahkan banyak video saya di channel youtube saya yang saya edit mengunakan aplikasi ini.

Anda bisa memotong video, menggabungkan video, mengedit suara, menambahkan effect visual dan audio dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar sama seperti vegas pro. jadi jika anda ingin menggunakannya anda bisa membeli lisensinya di situs resmi filmora. Dan saat ini sudah ada aplikasi filmora versi terbaru yaitu Wondershare Filmora versi 9. Namun jika PC anda memiliki spek yang renda, saya sarankan untuk menggunakan filmora versi 7.8 saja, karena itu sangat recommend.
Baca: Aplikasi edit video untuk semua spek HP

3. VideoPad

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur dasar, seperti memotong video, menggabungkan video, memasukkan teks, dan yang lainnya.

Ada juga fitur capture yang memungkinkan anda untuk merekam saat live di skype. Yang lebih bagusnya lagi adalah untuk melakukan semua kegiatan itu sangat mudah, karena VideoPad sudah menyediakan fitur khusus yang akan memudahkan anda.

4. Windows Movie Maker

Aplikasi ini adalah aplikasi default atau aplikasi yang memang sudah ada di Windows. Windows movie marker adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memiliki ukuran sangat ringan, bahkan karena terlalu ringan, anda bisa edit video sambil main game.

Saat ini windows movie marker sudah memiliki versi terbaru. Yang paling mengagumkan adalah tampilan aplikasi ini hampir sama dengan wondershare Filmora. Fitur yang ada sangat cukup untuk mengedit video, bahkan juga bisa membuat animasi, merubah efek visual, dan editing lainnya.

5. Blender

Blender merupakan software edit video yang sangat ringan. Blender tidak hanya digunakan sebagai edit video, namun fungsi utama dari aplikasi ini adalah membuat animasi 3D yang sangat menakjubkan. Bahkan bahkan banyak film hollywod yang memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat beberapa scene film mereka.

Terlebih lagi aplikasi ini bebas digunakan sesuka hati, karena ini gratis. Jika anda ingin menggunakan aplikasi anda hanya harus mendownloadnya di situs resmi blender.

Tapi saya rasa bagi orang yang baru pertama kali lihat aplikasi ini akan membuat kepala sedikit pusing. Karena banyaknya fitur yang disediakan oleh blender. Tapi hal itu menandakan bahwa aplikasi ini walaupun gratis tapi punya fitur premium.

Anda tidak perlu khawatir, karena banyak sekali tutorial di youtube maupun di blog yang membahas tentang aplikasi blender, anda bisa belajar dari sana dulu.

6. HitFilm Express

Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan Mac. HitFilm Express merupakan software professional untuk mengedit video. Anda bisa melakukan aktivitas editing video seperti memotong video, efek video, coloring, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini sudah banyak versi dari aplikasi ini. Tapi untuk PC spek rendah, saya merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi HitFilm Express Versi 4. Walaupun terbilang sudah jadul, bahkan umurnya hampir sama dengan Vegas Pro 11, tapi tetap memiliki fitur yang luar biasa.

7. Camtasia

Camtasia dikembangkan oleh TechSmith. Aplikasi ini kemampuan untuk merekam layar dan juga untuk editing video. Sekilas tampilan dari Camtasia hampir mirip dengan Filmora.

Aplikasi ini akan memudahkan penggunanya untuk mengedit video secara proffesional, bahkan bisa juga untuk melakukan presentase dikarenakan aplikasi ini menyediakan beberapa gambar yang sering digunakan saat presentase, seperti arah panah dan yang lainnya.

8. Lightworks

Bukan karena aplikasi ringan namun kualitasnya dikucilkan. Aplikasi ini sudah menjadi langganan untuk membuat film. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat kompleks. Lightworks juga mampu mengeksekusi video dengan ukuran 2k, 4k, PAL, NTSC dan format lainnya.

Anda penasaran film apa saja yang sudah dibuat dengan aplikasi ini. Ini dia daftarnya.
- The Wolf of Wall Street
- LA Confidential
- Pulp Fiction
- Heat

9. Avidemux

Aplikasi edit video untuk PC spek ringan selanjutnya adalah Avidemux. Avidemux hadir untuk memberikan solusi kepada pemilik PC bertenaga siput. Karena dengan tenaga seperti itu, tidak akan mampu untuk menjalankan aplikasi seperti adobe premier.

Apliksi ini memiliki segudang fitur yang cukup mumpuni. Dengan mumpuninya fitur tersebut menjadikan Avidemux masuk kedalam golongan aplikasi edit video PC terbaik.

Bagi anda yang baru memulai edit video dengan Avidemux disarankan untuk mempelajari basic terlebih dahulu. Jika itu tidak dilakukan, pasti akan membingungkan untuk dipergunakan dan yang pastinya aplikasi ini dapat digunakan secara cuma-cuma.

10. ShortCut

ShortCut mampu dijalankan di berbagai jenis sistem operasi. Mulai dari Linux, Windows, Mac. Ini merupakan software edit video Open Source gratis tanpa ada watermark.

Aplikasi ini memiliki kinerja yang ringan dan bisa berjalan di CPU dengan resource standar. Dengan kelebihan yang dimiliki ShotCut dilengkapi fitur utama yang mampu mendukung di berbagai format video.

11. Kdenlive

Kdenlive adalah aplikasi edit video gratis dengan open source dan mampu dijalankan di berbagai macam sistem, yaitu Linux, macOS dan juga Windows. Aplikasi ini mampu membagikan hasil render video secara langsung ke twitter dan youtube. Bahkan Kdenlive mampu memtikan PC setelah selesai merender.

Jika ditanya soal ukuran, saya hanya bisa menjawab anda tidak perlu khawatir dengan ukuran aplikasi ini.

Aplikasi diatas adalah aplikasi yang saya rekomendasikan kepada anda jika memiliki PC spek rendah. Jadi tidak perlu khawatir dengan kekuatan PC anda, karena PC dengan kekuatan rendah juga bisa digunakan untuk mengedit video secara proffesional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel