Cara Buat Channel YouTube yang Menghaslkan Uang untuk Pemula

Rasa-rasanya kian bertambahnya hari semakin banyak penikmat youtube. Data terakhir menunjukkan ada sekitar 50 juta pengguna aktif youtube tiap bulannya, hal itu menunjukkan pesatnya pengakses youtube di Indonesia. Bukan hanya penontonnya saja, namun peminat menjadi content creator (youtuber) semakin bertambah. Hal ini didasari oleh beberapa faktor, antara lain faktor ingin terkenal, berekspresi, bahkan mendapatkan penghasilan.

Walau banyak animo menjadi youtuber, namun masih banyak juga yang tidak mengerti (tahu) untuk membuat channel youtube, padahal di bantuan youtube sudah diberi tahu. Mungkin karena bahasanya terlalu rumit, sehingga banyak orang yang tidak mengerti dengan maksud dari pembahasan tersebut.

Untuk itu, saya akan menjelaskan cara membuat channel youtube dengan cara saya sendiri agar pembaca dapat mengerti dan menerapkannya dengan mudah.

Untuk membuat channel youtube, hal pertama yang dibutuhkan adalah sebuah email, jika tidak ada email tidak akan bisa membuat channel. Perlu diingat, email tersebut harus dibuat lewat Gmail. 

Bagi para pembaca yang masih bingung cara membuat email, silahkan baca cara membuat email yang sudah pernah saya bahsa di artikel sebelumnya.

Setelah memiliki akun Gmail, selanjutnya kita masuk kepada cara membuat channel youtube.

Membuat channel youtube untuk pemula

1. Buka situs youtube, kemudian login menggunakan akun Gmail yang sudah anda buat.

2. Jika sudah masuk, silahkan klik ikon akun youtube di pojok kanan atas; kemudian pilih setting.


3. Setelah anda dialihkan ke halaman selanjutnya, klik buat channel.


4. Kemudian anda akan mendapati tampilan seperti dibawah ini.

Pada tahap ini, usahakan membuat nama channel yang unik dan mudah diingat, hal ini berguna agar penonton mampu mengingat nama channel anda.

Perhatikan, kolom pertama pada gambar untuk nama depan channel dan kolom kedua untuk nama belakang channel. Jika anda berniat membuat nama channel anda hanya satu kata, silahkan isi di kolom pertama saja dan abaikan kolom kedua. Namun jika ingin membuat nama menjadi dua kata, silahkan isi keduanya.

5. Kemudian kelik Buat Channel dan otomatis anda sudah memiliki channel youtube.

Setelah selesai membuat channel, ada tahap selanjutnya supaya channel yang anda buat lebih mudah ditemukan dan bisa mengakses fitur-fitur lainnya, seperti memasang foto profil, header, kata kunci dan yang lainnya.
Baca: Cara buat intro video youtube tanpa aplikasi

Verifikasi

Channel yang baru selesai dibuat, harus di verifikasi terlebih dahulu agar dapat menggunakan banyak fitur youtube. Cara untuk verifikasi adalah dengan menggunakan nomor handphone aktif. Cara lengkapnya simak dibawah ini.

1. Silahkan masuk ke Youtube Studio.



2. Jika sudah masuk, ubahlah menjadi tampilan klasik. Karena dengan mengubahnya, saya pikir akan memudahan anda untuk memahaminya.


Jika setelah anda klik muncul pemberitahuan pop-up, klik saja lewati.

3. Selanjutnya anda akan dialihkan ke tampilan youtube studio klasik. Pilihlah channel di sidebar kiri.


Dan anda akan menemukan kata verifikasi dihalaman itu. Lalu klik saja verifikasi.

4. Anda akan dialihkan ke halaman selanjutnya. Untuk memudahkan dalam hal ini, ikuti saja seperti yang ada di gambar bawah ini. Untuk nomor handphone, wajib menggunakan nomor yang masih aktif, karena akan ada kode aktivitasi yang akan dikirimkan ke nomor tersebut.


5. Lalu, cek kode aktivitasi yang sudah di kirimkan lewat SMS. Kemudian masukkan ke kolom yang sudah disediakan.


Selamat akun anda sudah terverifikasi. Setelah diverifikasi, anda bisa menambahkan foto profil dan kata kunci channel, agar channel anda mudah ditemukan. Tapi saya tidak akan menuliskannya disini, karena sudah pernah saya bahas di video bawah ini.

Setelah selesai mengatur channel, selanjutnya adalah cara menghasilkan uang dari youtube.
Lihat: Konten yang tidak bisa di monetisasi
Sebelum dapat menghasilkan uang dari youtube, channel yang anda kelola harus memenuhi syarat terlebih dahulu. Syarat tersebut adalah 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, tapi jangan khawatir, saya sudah pernah membahas cara cepat memenuhi syarat monetisasi youtube.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, selanjutnya adalah mendaftarkan channel youtube ke adsense. Perlu diingat, setelah mendaftarkan channel ke adsense, channel yang anda kelola akan di review selama kurang lebih 1 bulan, tapi ada beberapa kasus yang lebih dari waktu yang dijanjikan, hal itu biasanya masuk ke kategori channel yang diabaikan ketika monetisasi. Dalam hal ini jika channel anda disetujui atupun ditolak, akan dikirimi email dengan keterangan disetujui ataupun ditolak.

Jika channel anda disetujui, maka otomatis iklan akan muncul di video youtube anda. Namun jika iklan tidak muncul, maka anda harus men-setting pengaturan iklan secara manual.

Cara setting iklan youtube manual

1. Masuk ke youtube studio.

2. Klik video di sidebar kiri.

3. Pilih video yang akan di setting iklan secara manual.

4. Jika sudah masuk ke halaman edit video yang dipilih, klik monetisasi di sidebar kiri.



5. Silahkan aktifkan dan centang semua jenis iklan seperti gambar dibawah ini.

Dengan begitu iklan akan tampil di video anda dan uangpun akan mengalir ke akun anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel