Aplikasi Pembuat Animasi (ANIME) untuk Android & PC

Animasi merupakan gambar yang menampilkan objek yang dibuat seolah-olah hidup. Pasti kita semua sudah pernah melihat animasi, baik itu karena suka ataupun karena tidak sengaja melihat.

Anda pernah nonton Naruto, Monster Inc, Upin Ipin dan Boboyboy? Itu semua merupakan animasi. Mungkin saat ini yang kita tahu animasi itu hanya ada dua, yaitu animasi 2D dan 3D. Tapi kenyataannya animasi memiliki 5 jenis, yaitu:

a. Animasi tradisional

Sering disebut juga sebagai animasi gambar tangan. Pada abad 20, banyak animasi yang mengadopsi metode animasi ini, yang mula-mula menggambar ribuan gambar dengan menggunakan tangan di kertas yang setiap kertasnya memiliki pergerakan objek. Contohnya seperti flipbook.


b. Animasi 2D

Meskipun bisa dilakukan dengan cara tradisional, namun Animasi 2D sudah termaksud dalam kategori komputer animasi berbasis vektor. Hasil jadi dari animasi 2D ini biasanya disebut kartun. Contoh animasi 2D adalah Anime asal Jepang, seperti Naruto, One Piece dan yang lainnya. Hampir rata-rata anime Jepang masih menggunakan konsep 2D, karena menjadi ciri khas mereka.

c. Animasi 3D

Animasi 3D lebih kompleks dari 2D, karena memerlukan software untuk membuat animasi dengan menampilkan objek yang lebih realistis. Film Monster Inc termasuk kedalam animasi 3D.

d. Motion Graphic

Motion graphic sering digunakan untuk menggerakkan kata (typographic) dan logo.
Baca: Aplikasi edit video untuk HP

e. Stop Motion

Konsep ini sebenarnya hanya menggunakan beberapa frame foto yang menampilkan objek, setiap foto wajib menampilkan foto objek yang digerakkan perlahan.

Itu adalah jenis animasi. Yang menggunakan software/aplikasi hanya animasi 2D dan 3D saja dalam pembuatannya. Untuk Motion Graphic dan Stop Motion sebenarnya juga memerlukan software agar lebih keren, tapi tidak terlalu sering. Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat animasi banyak sekali. Dibawah ini adalah beberapa aplikasi pembuat animasi di Android dan PC/laptop.

Aplikasi pembuat animasi untuk Android

1. Flipaclip – Cartoon Animation

Aplikasi ini adalah aplikasi animasi yang sangat sederhana. Untuk menggunakan aplikasi ini, anda harus menggambar pada tiap-tiap frame, agar animasi yang dibuat terlihat bergerak. Soal tools, aplikasi ini tidak rumit, anda akan mudah untuk menggunakannya. Ditambah lagi, aplikasi ini memberikan video tutorial untuk menngunakan aplikasinya, hal itu akan semakin memudahkan anda. Aplikasi Flipaclip kami rekomendasikan kepada pemula yang ingin membuat aplikasi.

2. Drawing Cartoons

Dalam aplikasi ini, anda bisa membuat karakter sendiri atau juga bisa menggunakan karakter yang sudah tersedia di dalam aplikasi dan juga mereka menyediakan gambar latar belakang untuk kamu gunakan. Hampir sama dengan Flipaclip yang mudah untuk digunakan,terutama pada hal menggerakkan karakter pada setiap frame.Aplikasi ini masih menggunakan konsep 2D sebagai hasil animasinya.

3. Animasi Kamera – GIF Mob

Animasi Kamera – GIF Mob merupakan aplikasi animasi yang bisa digunakan hanya bermodal kamera HP. Hasil jadi animasi yagg dibuat adalah berasal dari jerpretan gambar kamera. Konsep dari aplikasi ini sederhana, sama seperti membuat stop motion, dengan menggunakan  rangkaian foto yang memiliki pergerakan sedikit demi sedikit yang akhirnya memiliki keselarasan disetiap foto yang dihasilkan.

4. Animation Desk – Sketch & Draw

Merupakan aplikasi animasi 2D yang cukup baik. Di dalam aplikasi ini terdapat beragam brush yang bisa digunakan untuk memggambar animasi. Cara membuat animasi disini adalah dengan menggambar frame ke frame, karena aplikasi ini tidak menyediakan karakter instan yang bisa digunakan. Maka dari itu harus menggambarnya secara manual. Ada kelebihan dalam aplikasi ini yaitu anda bisa menambahkan suara anda pada animasi yang anda buat, hal itu berguna untuk menambah kreasi pada animasi.

5. StickDraw – Animation Maker

Anda pernah menggunakan software Paint pada PC. Dalam aplikasi StickDraw, prinsip menggambarnya sama dengan Paint, yaitu anda akan menemukan backgroud polos namun bisa diubah warna. Pengguna aplikasi ini harus benar-benar membuat objek atau karakter dengan cara manual (lebih disarankan pakai pen), karena tidak disediakan karakter bawaan dalam aplikasi ini.

6. Zoobe

Aplikasi ini menyediakan beberapa karakter yang cukup komplit. Aplikasi ini mendukung konsep 3D dan bisa digunakan tanpa menggambar manual. Aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan, anda hanya perlu memilih karakter lalu mengisi suara melalui rekaman suara pada aplikasi.

7. Animate it!

Aplikasi ini telah menyediakan karakter serta pendukung lainnya untuk digunakan pada video animasi yang akan dibuat. Anda dapat menentukan tiap gerakan karakter yang kamu pilih disetiap frame. Aplikasi ini juga menerapkan pergerakan per frame yang harus dibuat secara manual, namun akan lebih mudah jika menggunakan titik-titik point pada karakter tanpa perlu menggambar tiap gerakan.

8. Animate Me!

Aplikasi ini sangat cocok untuk anak-anak. Alangkah baiknya jika anda punya anak cobalah untuk mengenalkan aplikasi ini kepada mereka dari pada mereka main game. Karakter instan yang ada pada aplikasi ini dibuat khusus anak-anak usia dibawah 10 tahun. Karena cocok untuk anak-anaka, pengunaan aplikasi inipun sangat mudah.

9. Stickfigure Animator

Sebenarnya aplikasi ini tersedia untuk PC. Namun saat ini untuk pengguna smartphone sudah bisa menggunakannya. Tampilannya cukup sederhana. Pengguna bisa membuat objek seperti karakter stickman, namun jika memiliki keahlian gambar yang hebat bisa lebih dari pada itu. Saat ini sudah banyak sekali para pengguna yang membuat animasi action deng aplikasi ini.

10. CreAnima Monster Creator

Merupakan aplikasi pembuat animasi karakter monster. Ini merupakan aplikasi yang unik. APlikasi ini memungkinkan kita untuk membuat karakter 3D dari hasil gambar yang kita buat di kertas. Maksudnya adalah aplikasi ini mampu mengubah gambar yang ada pada kertas menjadi karakter animasi dengan menggunakan kamera. Selain itu juga dapat memainkan dan menggerakkan karakter yang dibuat.

11. Toontastic 3D

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat film. Fitur pada aplikasi cukup lengkap hingga karakter dan backgroun sudah di sediakan dalam aplikasi ini. Hebatnya lagi, anda bisa menambahkan suara sendiri (dubbing) pada setiap karakter yang anda inginkan. Ada lagi yang unik, yaitu anda bisa mengubah wajah karakter animasi dengan foto yang ada pada smartphone anda.
Download: Aplikasi jualan pulsa termurah
Diatas adalah bermacam aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat animasi lewat android. Untuk membuat animasi tidaklah mudah, harus memiliki kreativitas tinggi, imajinasi tinggi dan konsistensi. Selanjutnya beberapa aplikasi pembuat animasi lewat PC. Lihat dibawah.

Aplikasi pembuat animasi untuk PC/Laptop

1. Blender

Ini bukan Blender untuk buat jus!

Blender adalah aplikasi pembuat animasi 3D. Aplikasi ini bersifat open source, yang artinya bisa digunakan dengan gratis.

Bukan cuma untuk memebuat animasi saja, anda juga bisa menggunakan blender untuk mengedit video.

Diawal tadi kami bilang bahwa apikasi ini open source (gratis), walaupun begitu blender telah banyak digunakan oleh animator profesional bahkan banyak sudah film animasi yang digarap menggunakan aplikai ini. Apalagi yang kurang coba?

Jika anda berniat menggunakan aplikasi ini, anda tidak perlu khawatir dengan ketidaktahuan anda untuk menggunakannya. Blender memiliki komunitas yang sangat aktif dan tutorial untuk mengunakannya telah banyak tersebar di youtube.

Yang terakhir tentang blender adalah bisa dijalankan di semua OS. Mau OS PC/Laptop anda windos/linux/Mac bisa dijalankan dengan lancar.

2. Synfig Studio

Berbanding terbalik dengan Blender yang mengusung konsep animasi 3D. Synfig Studio dikhususkan untuk membuat animasi 2D.

Diawal sudah kami beritahu contoh animasi 2D, yaitu Naruto, One Piece, pokoknya anime jejepanganlah.

Aplikasi inijuga dapat dijalankan di semua macam OS. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini anda bisa mendownload Synfig Studio secara gratis di situs resminya. Aplikasi ini tersedia dalam dua varian, yaitu versi stabil dan versi pengembangan.

Kami sarankan jika anda ingin membuat proyek animasi yang serius, silahkan gunakan versi stabil. Jika hanya untuk menguji fitur terbaru, silahkan pakai versi pengembangan.

3. Anime Studio

Ini adalah aplikasi yang pas untuk membuat animae, sesuai dengan namanya. Tapi tidak berarti semua anime dibuat pakai aplikai ini ya.

Aplikasi ini mengusung konsep animasi 2D, sekali lagi sesuai namanya. Sudah banyak kalangan yang menggunakan aplikasi ini dengan bermacam tujuan, ada yang menggunakan karena hobi, belajar hingga para profesional dan studio animasi.

Jika anda baru mulai menggunakan aplikasi ini dan terasa masih sangat asing. Anda bisa mencari tutorial seputaran penggunaan Anime Studio di youtube, karena aplikasi ini cukup terkenal pasti sangat mudah menemukan tutorialnya di internet.

Perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan di sistem operasi Windows.

4. Aurora 3D Animation Maker

Aplikasi ini sangat cocok untuk mengedit video, kemudian menambahkan objek-objek 3D kedalamnya video tersebut. Apliksi ini juga bisa digunakan untuk membuat presentasi dengan efek yang luar biasa dari animasi 3D. Untuk sekedar buat animasi lucu, aplikasi ini sangat bagus. Namun kurang cocok untuk profesional.

5. AnimatorDV

Aplikasi ini sangat cocok untk pemula, karena penggunaanya yang sangat simpel. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengedit video dan menambahkan objek 3D yang ada pada aplikasi.
Baca: Cara atasi memori internal HP penuh
Diatas adalah beberapa aplikasi pembuat animasi untuk PC yang kami rekomendasikan untuk anda.

Anda tinggal pilih mau pakai aplikasi yang mana, pakai PC atau HP. Jika anda masih ingin belajar, gunakanlah aplikasi yang sederhana terlebih dahulu, agar anda mengerti dasar-dasarnya, kemudian setelah itu baru gunakan aplikasi yang lebih kompleks. Oiya, aplikasi yang terangkum diatas adalah aplikasi yang gratis, jadi anda bisa leluasa menggunakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel