Penyebab Channel YouTube Diabaikan (DIGANTUNG) Saat Peninjauan Monetisasi AdSense

Pertanyaan yang sering kami temui baik itu secara langsung dan di media sosial. Sering kali pertanyaan yang muncul mengenai “kenapa channel youtube ku lama kali diapprove oleh adsense?", “Berapa bulan channel youtube paling lama diterima adsense?”  dan masih banyak lagi. Pertanyaan seperti itu banyak sekali, sampai-sampai kami muak dengan pertanyaan itu. Hahahaha.

Sebelum itu, kami akan bertanya kepada kalian semua. “Hal apa yang menyebabkan kalian membuat youtube?” Mungkin pertanyaan seperti itu sudah sering kalian dengar, dan mungkin kalian sudah pernah menjawabnya. Tapi asalkan kalian tau, jawabanmu itu menentukan nasib youtube mu itu.

Alasan Kenapa Channel YouTube Diabaikan (DIGANTUNG) Google AdSense!

Pertama, ada beberapa orang yang mengakui kalau dirinya terjun ke dunia youtube hanya sekedar karena hobi, misalnya dia hobi membuat film pendek, video lucu dan sebagainya yang berkaitan dengan hobinya. 
Kedua, ada orang yang membuat youtube karena iseng. Ya karena mungkin dia tidak sengaja buat akun youtube, tiba-tiba kepencet tombol upload video terus video nya trending.
Ketiga, beberapa orang memuat youtube karena ikut-ikutan ingin kaya. Dalam artian mengincar uang dari youtube. Biar kaya seperti youtuber lain yang sudah sukses.
Sebenarnya masih banyak alasan yang lain, tapi kami hanya mengambil tiga sample diatas saja. Nah, dari ketiga alasan orang-orang yang kami tulis diatas, apakah ada yang sama dengan dirimu?.  Kami akan mencoba menjabarkan dari ketiga alasan diatas.
Trik: Lepas syarat monetisasi youtube

Pertama

Jika kalian terjun ke youtube karena hobi, itu sangat sederhana di awal namun hoki akan segera datang. Kenapa demikian, orang-orang yang terjun ke youtube memang benar-benar karena hobi tidak akan memikirkan hal-hal konyol. Dia akan mengupload video jika dia ingin, namun biasanya video dari orang-orang seperti ini cukup bagus, jelas saja karena dia memang hobi dalam hal itu. Dan biasanya konten yang mereka upload seperti film pendek, parodi dan yang berhubungan dengan editing video yang cukup rumit.

Bahkan orang-orang seperti ini tidak akan memikirkan apakah channel di monetisasi atau tidak. Karena mereka hanya fokus membuat video dan tidak tau apakah channel mereka sudah memenuhi syarat atau belum. Dengan kualitas video yang bagus, jika sudah memenuhi syarat dan belum juga diajukan monetisasi,  biasanya pihak youtube sendiri yang akan mengirimi email pemberitahuan bahwasannya channel mereka sudah siap menampilkan iklan.  Itulah kehebatan jika konten video tidak asal-asalan.

Kedua

Jika kalian main youtube karena iseng, ini sangat unik. Hahahaha. Orang yang seperti ini sebenarnya sedikit sama dengan orang yang main youtube karena hobi. Jika orang yang karena hobi mengupload video jika kepingin saja, orang yang main youtube karena iseng pasti kan lebih sering mengupload video. Karena biasanya video yang di upload mereka adalah tentang kehidupan sehari-hari mereka. Ini lah mengapa dikatakan karena iseng.

Salah satu youtuber yang main youtube karena iseng yaitu mas Gokil Abis “itu adalah nama youtubenya”. Dia cerita, kalau awal dia main youtube karena memang iseng, dia upload video karena ingin mengenang atau menyimpan video-video dia ketika di korea, memang sebelunya dia adalah seorang TKI yang kerja di Korea Selatan. Tapi karena video keseharian dia yang di upload ke youtube banyak yang suka, akhirnya dia pun jadi serius di youtube. Tanpa ada sedikit pengetahuan tentang adsense, akhirnya tim youtube sendiri yang menawarkan channel dia untuk menampilkan iklan.

Nah, biasanya orang-orang yang main youtube karena iseng itu membagikan konten tentang kesehariannya seperti vlog dan yang lainnya.

Ketiga

Main youtube karena mau kaya. Hahaha, “ngayal kue sob”. Nah, ini orang-orang yang minta di ruqyah. Memang setiap orang pingin kaya, tidak dipungkiri dengan hal itu. Namun, cobala berfikir bagaimana cara mendapatkan kekayaan itu di youtube.

Menurut pandangan kami, orang-orang yang seperti ini tidak memiliki jiwa sabar. Karena apa, yang ada dipikirannya hanya duit duit dan duit. Seharusnya jika mereka memang main youtube karena uang, mereka harus memikirkan konten apa yang tepat dan tidak asal-asalan. Banyak sekali kami temui orang seperti ini membuat video asal jadi, sub4sub agar cepat memenuhi syarat, konten campur aduk, reupload video yang lagi viral atau menggabungkan beberapa video menjadi satu gar banyak yang nonton. Jika hal itu kalian lakukan semua, jelas channel youtubenya tidak akan berkembang.

Jadi jika kalian main youtube karena uang, itu benar-benar salah. Memikirkan uang di youtube boleh, namun jangan sampai gara-gara memikirkan itu kalian lupa dengan video yang kalian upload apakah berkualitas atau tidak.

Apakah kalian setuju dengan penjabaran kami diatas?
Baca: Susah jadi youtuber berpenghasilan

Alasan kenapa channel youtube digantung?

Dulu persyaratan youtube belum seperti ini yang mengharuskan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan. Diawal dulu hanya upload satu video sudah bisa monetisasi dan setelahnya kebijakan baru yaitu minimal 10.000 viewers sudah bisa di monetisasi. “Itusih dulu”

Sekarang mah beda, kalau mau monetisasi harus penuhi dulu syarat. Tapi walaupun sudah memenuhi syarat masih banyak juga channel yang belum diterima monetisasai alias digantung.

Hal seperti itu biasanya disebabkan oleh beberapa hal:

1. Kalian main curang

Kenapa harus main curang sih? Padahal kan main bersih lebih nikmat, suka dukanya terasa dan jika berhasil akan lezat seperti kue donat.

Kalian pikir saja sendiri, kalian ada main curang atau tidak. Maksud main curang disini kalian upload video orang lain, sub4sub, beli jam tayang.

Kalau kalian upload video orang lain walaupun tidak ada teguran di channel youtube kalian. Kalian jangan senang dulu, karena pihak youtube sendiri sudah bisa melacak video yang di upload ulang. Pihak youtube sekarang ini menggunakan metode ID yang mana setiap video yang di upload ke youtube akan diberikan ID ke meta data video yang di upload tersebut. Jadi walaupun kalian mengedit dengan susah payah, tetap saja akan ketahuan oleh pihak youtube sendiri walaupun mereka tidak memberikan teguran ke channel kalian. Jadi harap hati-hati dengan hal ini.

Dan soal Sub4sub, beli jam tayang itu sudah jelas dilarang. Karena kegiatan yang dilakukan dengan paksaan. Pihak youtube tidak menginginkan channel yang memaksa penonton untuk menonton dan subscribe channel youtube kalian. Hal itu bisa telacak dari histori channel kalian dan channel yang sub4sub dengan channel kalian. Itulah hal yang menyebabkan channel kalian digantung pihak youtube.

2. Kurangnya Interaksi Channel

Nah, ini yang paling pas kenapa channel kalian digantung. Walaupun syarat yang tertera di youtube hanya mencantumkan 1000 subscribe dan 4000 jam tayang saja, namun sebenarnya bukan itu saja.

Interaksi di dalam channel itu juga dilihat oleh pihak youtube.  Jika 1000 sub dan 4000 jam adalah syarat umum youtube, berarti interaksi ini adalah syarat khususnya. Kenapa demikian? Jelas saja pihak youtube tidak akan percaya begitu saja dengan 1000 subs dan 4000 jam di channel kalian, bisa saja syarat umum itu kalian beli atau dengan cara curang lainnya.

Perusahaan sebesar youtube sudah memikirkan hal itu jauh-jauh hari. Mereka akan melihat channel yang sudah memenuhi syarat umum, lalu mereka akan melihat juga apakah syarat khusus nya terpenuhi juga atau tidak. Syarat khusus tersebut adalah interaksi dengan penonton, seperti halnya komentar, like dan dislike. Dai ketiga hal itulah pihak youtube akan menentukan apakah channel kalian layak menampilkan iklan atau tidak.

Dan jika syarat khusus ini tidak terpenuhi, itulah sebabnya channel kalian digantung pihak youtube. Mereka akan menunggu sampai adanya interaksi yang signifikan di channel kalian. Jadi kalau kalian menganggap jika sudah memenuhi 1000 subs dan 4000 jam akan langsung diterima adsense, itu salah besar boss.  Jadi sebelum kalian mengajukan ke adsense, hal ini perlu kalian pikirkan juga.

3. Sudah Pernah Dismonetisasi

Channel yang sudah pernah kena dismonetisasi memang terbilang cukup sulit untuk kembali aktif. Hanya sekitar 30% saja channel yang kembali aktif akibat dismonetisasi. Namun jangan kecewa, jika channel kalian mengalami hal seperti ini kalian hanya perlu bersabar sedikit lama menunggu. Walaupun lama masih ada kesempatan untuk aktif kembali monetisasinya, seperti halnya channel "artodipro" yang sudah aktif kembali setelah kena dismonetisasi.

Namun perlu diperhatikan, alasan pihak youtube memberhentikan status monetisasi di channel kalian karena apa. Jika karena konten berulang, kalian bisa memperbaiki channel terlebih dahulu dengan menghapus video yang reupload lalu upload video original milik kalian sendiri.

Namun jika kalian di dismonetisasi karena klik iklan sendiri atau invalid traffic, ya harap-harap bersabar aja lebih lama lagi. Karena belum ada jawaban pasti. Hehehehe.
Baca: Channel dismon bisa monet lagi, gini caranya
Oke, itu alasan mengapa channel youtube kalian digantung. Jadi buat kalian yang sudah di monetisasi channel youtube nya, kalian harus berhati-hati dalam memanfaatkannya, jangan upload video milik orang lain atau klik iklan video sendiri. Karena itu hal-hal dilarang oleh pihak youtube dan satu lagi jangan pasang thumbnail yang keterlaluan. Oke, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Terima kasih..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel