Pengertian Email dan Cara Buat Email Yang Benar Untuk Pemula

Mungkin bagi pemula tau orang awam dibidang internet. Pasti terdengar sangat asing di telinga mereka dengan kata "Email". Nah untuk itu di tulisan kali saya ingin membahas seputaran apa itu email dan cara membuat email bagi pemula.

Apa itu Email?

Email adalah pesan elektronik (surat elektronik). Lebih jelasnya lagi adalah sebuah aplikasi media berbasis digital yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan (surat) dengan format digital melalui internet. Tapi saat ini bukan hanya pesan (surat) saja yang bisa dikirim lewat email, tapi semua jenis file bisa dikirim lewat email seperti foto, video dan file-file lainnya yang berformat digital.

Sekarang ini kita sudah dimudahkan oleh teknologi, jika dahulu kita ingin mengirim surat lamaran pekerjaan harus berbentuk fisik. Sekarang ini kita hanya perlu duduk santai mengunakan email untuk mengirim surat lamaran pekerjaan beserta dengan dokumen-dokumen lainnya.

pengertian email dan cara buat email yang benar

Fungsi Email?

Pasti semua teknologi yang diciptakan memiliki fungsi. Secara garis besar fungsi email adalah untuk mengirim dan menerima file (dokumen) secara bebas. Tapi terlebih dari itu, disini akan saya jabarkan lebih dalam lagi tentang apa itu fungsi email secara luas.

1. Mengirim, Menerima Pesan dan File 

Yang paling umum adalah untuk mengirim pesan. Karena pesan yang di kirim lewat email sangat memudahkan pengguna, bahkan pesan tersebut bisa dikirim ke penerima pesan dalam waktu yang sangat cepat.
Selain itu, email juga berfungsi untuk mengirimkan berbagai macam jenis file dan dokumen, seperti foto, audio, video, dan lain-lain.

2. Untuk Pendaftaran

Jika anda ingin membuat akun media sosial seperti, facebook, twitter atau instagram. Pasti anda akan diminta untuk memasukkan alamat email anda. Gunanya itu untuk verifikasi akun untuk memudahkan anda login ke media sosial yang anda daftar tersebut. Dan sekaligus untuk memberikan pemberitahuan secara berkala di email anda jika ada orang lain yang melakukan aktifitas login di akun sosial media anda. Jadi anda bisa melakukan tindakan lebih lanjut lewat email anda, jika ada yang macam-macam dengan sosial media yang anda miliki.

3. Pemasaran

Pemasaran suatu produk menggunakan email terbilang cara yang sudah jadul. Tapi sampai sekarang ini masih banyak juga perusahaan yang menggunakan cara ini. Dengan begitu cara pemasaran lewat email tidak ada matinya dan efektif untuk mengurangi biaya promosi yang cukup besar jika menggunakan metode lain.

Sebagai tambahan, agar tidak menggantung. Saya akan membagikan sedikit informasi tentang cara kerja email.

Cara Kerja Email

1. Pengguna harus membuka email terlebih dahulu lalu menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
2. Selanjutnya, berikan sebuah instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan ke alamat email yang sudah ditulis.
3. Dengan begitu email server akan melakukan identifikasi alamat email tujuan, dan secara otomatis mengirimkan pesan ke email server alamat email tujuan.
4. Setelah pesan email terkirim kepada email penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di email server sampai penerima membuka pesan tersebut.

Sangat simpel sekali cara kerja email.

Nah, selanjutnya adalah cara membuat email yang benar untuk pemula. Untuk membuat email, banyak sekali cara dan tempatnya. Disini saya akan mengajarkan cara membuat email tanpa mengeluarkan uang (gratis). Membuat email gratis banyak sekali platform atau tempat yang menyediakan, seperti Yahoo Mail, Gmail, Aol Mail, Outlook Mail dan masih banyak lagi. Tapi yang saat ini paling populer dan paling banyak digunakan adalah Gmail.

Kenapa harus Gmail? Karena selain gratis, Tampilan dari Gmail juga simpel tidak bikin pemula pusing dan yang pasti banyak digunakan orang lain, bahkan smartphone saat ini juga harus memasukkan Gmail ke dalamnya. Oke langsung masuk saja ke cara membuat Email lewat Gmail.
Baca: cara mengaktifkan VPN di laptop tanpa software

Cara Membuat Email

1. Pastikan anda memiliki nomor HP yang masih aktif, karena akan digunakan untuk memverifikasi alamat email anda di tahap akhir.

2. Selanjutnya buka situs www.gmail.com.

3. Jika sudah tampil halaman Gmail, selanjutnya silahkan klik buat akun.

4. Secara otomatis anda akan dialihkan ke halaman form pengisian data seperti dibawah ini.


Silahkan anda isi form tersebut sesuai dengan data diri anda. Saya sarankan untuk mengisi kolom nama pengguna dan kata sandi dengan nama yang mudah anda ingat. Dan untuk kolom"Alamat emain anda saat ini" silahkan di kosongkan saja. Jika semuanya sudah anda isi dengan benar, silahkan klik Langkah berikutnya.

5. Kemudian anda akan mendapati pop up seperti dibawah ini.


Anda bisa langsung scrool saja ke bawah lalu klik Saya setuju.

6. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP yang masih aktif. Dan pilih metode pengiriman kode lewat SMS. Karena disini anda akan menerima kode aktivasi akun lewat SMS.


Jika anda sudah memasukkan nomor HP anda, selanjutnya klik Lajutkan.

7. Dan otomatis anda akan mendapati tampilan halaman yang memerintahkan untuk memasukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan lewat SMS. Silahkan cek kode tersebut di HP anda.


Jika, sudah mendapatkan kode nya, silahkan memasukkannya ke kolom dan kemudian klik Lanjutkan. Namun jika kode tersebut belum anda dapatkan, anda bisa mengklik tombol coba lagi.

8. Setelah itu, selamat akun email anda sudah selesai dibuat.


Gimana menurut anda, mudah sekali kan membuat email. Apalagi email yang kita buat ini adalah email gratis. Jadi buat anda yang sebelumnya merasa bingung untuk membuat email, saya harap dengan hadirnya tulisan dan tutorial yang saya berikan ini dapat membantu dan mengarahkan anda untuk membuat email dengan cara yang benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel