Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik & Tips Hingga Pengenalan Mengambar Rumah, Pohon dan Orang Tes Psikologi

Jika dulu saat kita masih kanak-kanak menganggap bahwa menggambar rumah, pohon dan orang sangat mudah. Namun sekarang setelah tumbuh lebih dewasa, pasti kita sedikit kesulitan untuk menggambar rumah, pohon dan orang. Mengapa demikian?

Jelas saja, jika kita dulu sewaktu masih kanak-kanak menggambar daun pohon berbentuk seperti awan. Namun, jika saat ini kita sudah dewasa dan masih juga menggambar daun pohon seperti bentuk awan, pasti kita akan disebut seperti anak-anak. Karena gambar dengan umur kita tidak sesuai. Begitulah sebuah gambar membongkar kepribadian seseorang (psikologi).

Tes psikologi menggambar rumah, pohon dan orang pertama kali dikembangkan oleh John Buck sekitar tahun 1948. Beliau yakin bahwa suatu goresan gambar seseorang dapat mewakili kepribadiannya. Menurut John Buck, tes menggambar rumah, pohon dan orang digunakan untuk mendapatkan data tentang kemajuan individu  yang dikenal suatu treatmen.

gambar rumah, pohon, orang psikotes

Pada tes ini, peserta akan diminta untuk menggambar dalam satu kertas mengenai sebuah rumah, sebatang pohon dan manusia sedang beraktifitas. Kemudian hasil dari gambar tersebut akan dievaluasi dari berbagai aspek untuk menilai karakter kepribadian peserta tes.
Download: Aplikasi belajar psikotes

Tips dan Trik Menggambar Rumah, Pohon dan Orang

1. Gambarlah bentuk rumah secara lengkap dengan komponen rumahnya seperti pintu, ventilasi, jendela, atap, teras, halaman, pagar dan lainnya. Yang paling penting ketika menggambar jendela dan pintu rumah sebaiknya dalam keadaan terbuka. Karena akan menggambarkan kepribadian yang terbuka.

2. Buatlah sebuah pohon yang dimana pohon tersebut rindang daunnya dan besarnya tidak melebihi rumah yang kamu gambar. Usahakan untuk menggambar daun pohon bentuknya selayaknya daun, jangan berbentuk seperti awan.

Atau bisa juga menonton video dibawah

3. Gambarlah seseorang yang sedang beraktivitas dengan ukuran yang proposional. Dalam artian besar gambar manusia tidak melebihi pohon dan rumah. Untuk aktivitasnya, buat saja sedang menyapu ataupun senam.

Atau bisa juga menonton video dibawah

4. Dengarkan instruksi dari sang instruktor, jika sang instruktor memerintah untuk menggambar rumah saja, maka gambarlah gambar rumah saja. Namun jika sang instruktor meminta gambar ketiganya, maka gambarlah ketiganya dalam satu kertas.

5. Ketika sedang tes, jangan lupa untuk menulis identitas diri kamu. Biasanya posisi penulisan identitas diri berada di sisi kanan atas dan tulislah nama, jenis kelamin, usia dan tingkat pendidikan.

6. Dalam tes menggambar rumah, pohon dan orang waktu yang diberikan cukup singkat. Yaitu tidak lebih dari 10 menit. Jadi usahakan menggambar dengan cepat namun tidak asal-asalan.

7. Berlatihlah sebelum tes dimulai. Hitung-hitung pemanasan sebelum tes agar tangan tidak kaku dan tremor.

"Kamu juga bisa menonton video ini agar lebih mudah memahami"

Baca: Cara lulus tes wategg
Sepertinya hanya segitu tips dan trik yang dapat kami bagikan. Dan yang terpenting dari tes psikologi menggambar rumah, pohon dan orang adalah posisi gambar, goresan pensil di kertas dan kerapian. Jadi dalam tes ini gambar tidak harus cantik, namun sesuai dengan yang kami bilang barusan. Jadi mulai dari sekarang latihlah diri kamu dengan sungguh-sungguh.