Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Lulus Tes Wartegg Ujian Psikotes Melamar Kerja

Tes wartegg merupakan tes psikologi yang diakukan untuk melihat tingkat kemampuan seseorang mengenai hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function yang dimiliki oleh setiap individu dengan itentitas dan interelasi yang berbeda melalui goresan pensil yang dihasilkan oleh peserta tes. Tes wartegg pertama kali dibuat oleh Krueger dan Sander kemudian dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Kinget.

Tes wartegg ini sering disebut oleh masyarakat Indonesia dengan nama tes gambar 8 kotak. Kenapa? “karena tes wartegg ini memiliki 8 buah kotak dengan sedikit gambar abstrak yang harus disempurnakan”. Mungkin sampai disini dulu perkenalan kita mengenai tes wartegg.

Tes wartegg ini sering sekali keluar dalam ujian psikotes lowongan kerja, baik itu tes TNI & Polri, CPNS, BUMN dan Pegawai swasta. Untuk itu, jika kamu seorang yang ingin mencari kerja atau sedang akan melakukan tes wartegg dalam minggu ini, kamu sedang berada di tempat yang tepat, karena pada artikel ini akan dibahas secara rinci “Trik Lulus Tes Wartegg Ujian Psikotes Melamar Kerja”.

cara mengerjakan tes wartegg psikotes

Jika kamu sudah pernah melakukan tes wartegg, pasti kamu sudah tidak asing dengan gambar diatas. Dalam tes wartegg ini kamu akan diberikan selembaran kertas yang berisikan 8 buah gambar abstrak yang berbentuk titik, garis dan lengkung. Tugas kamu sebagai peserta adalah melanjutkan gambar abstrak tersebut menjadi gambar yang utuh dan terlihat nyata.

Untuk lebih jelasnya lagi, disini kami rangkum petunjuk pengerjaannya secara singkat.

1. Menyempurnakan gambar yang belum selesai dibuat tersebut.

2. Tuliskan nomor urut pada bagian atas kotak (di luar kotak putih), apabilakamu menuliskan nomor didalam kotak putih maka akan dianggap sebagai bagian dari gambar yang kamu buat. “Untuk penomoran sesuai dengan urutan gambar yang kamu selesaikan terlebih dahulu”.

3. Dari 8 gambar yang kamu selesaikan tersebut, tuliskan gambar mana yang paling kamu sukai dan tidak sukai dan tuliskan alasannya di kolom yang telah disediakan.

4. Dari 8 gambar yang kamu selesaikan tersebut, tuliskan gambar mana yang paling mudah dan sulit untuk kamu gambar beserta alasannya.

Setelah kamu pahami petunjuk pengerjaannya, kita akan masuk ke penjelasan stimulus dan gambar apa saja yang akan dibuat.
Lihat: Cara gambar orang psikotes

Stimulus dan Gambar

1. Gambar Titik

Gambar diatas merupakan titikkecil dan terletak ditengah kotak. Bentuk tes ini bertujuan untuk menggali hal-hal yang berhubungan dengan penyesuaian diri dalam lingkungan.

Untuk itu pada gambar ini kami sarankan kamu untuk menggambar jam, karena jam menunjukkan kamu orang yang tepat waktu dan dan mampu menyesuaikan diri diberbagai tempat.

2. Seperti huruf S

Gambar di atas berupa garis kecil melengkung dan sedikit bergelombang yang menyiratkan objekhidup, selalu bergerak bebas. Tes ini bertujuan untuk menggali daya fleksibilitas perasaan seseorang.

Pada gambar ini kami merekomendasikan menggambar Pesawat ataupun bendera.

3. Tiga Buah Garis Vertikal

Tiga buah garis vertikalyang menanjak secara signifikan yang memberi kesan kaku dan keras tetapi teratur dan ingin maju. Tes ini bertujuan menggali daya hasrat untuk maju.

Kami merekomendasikan menggambar tiang listrik. Karena tiang listrik merupakan suatu terobosan yang cukup maju untuk penghantar daya listrik yang sudah modern.


4. Segi Empat Kecil

Segi empat berukuran kecil berwarna hitam dan terletak di pojok kanan atas memberi kesan tidak menarik, diam seolah tertekan. Tes ini bertujuan menggali kemampuan seseorang dalam mengatasi kesulitan.

Gamabarlah gedung ataupun mercusuar.

5. Dua Garis Diagonal

Dua garis diagonal yang saling berhadapan. Simbol ini berkesan teknis dan konstruktif menyiraktan gagasan yang kuat tentang konflik dan dinamika. Tes ini bertujuan mengukur bagaimana cara bertindak.

Pada gambar ini kami merekomendasikan menggambar jarum suntik.

6. Garis Horizontal dan Vertikal

Gambar diatas merupakan garis horizontal dan vertikal. Simbol ini bermakna tidak menarik dan pasif sehingga hanya cocok untuk gambar teknis. Gambar ini bertujuan mengukur cara berfikir dan analisa seseorang.

Kami menyarankan menggambar perangkat komputer.

7. Titik Setengah Lingkaran

Titik-titik membentuk setengah lingkaran, terkesan sesuatu yang harus ditangan dengan penuh perasaan. Bentuk ini bertujuan untuk menggali hal-hal yang menyangkut kehidupan dan perasaan.

Kami merekomendasikan untuk menggambar Tank.

8. Garis Lengkung

Gambar garis lengkung besar dan tebal ini bermakna melingkupi, menutupi, tempat berteduh. Tes ini bertujuan untuk menggali hal-hal yang berkaitan dengan hubungan sosial.

Disini kami merekomendasikan gambar rumah ibadah.

Nah, itulah sedikit penjelasan stimulus dan gambar yang akan dibuat. Jadi buat kamu yang akan segera menghadapi ujian psikotes terutama tes wartegg, kalian bisa mencontoh gambar diatas ataupun kamu bisa membuat kreasi kamu sendiri dengan imajinasi kamu, dengan begitu hasil ujian kamu pasti akan lebih baik.
Perhatikan: Cara gambar pohon psikotes

Tips & Trik Jitu

1. Gambarlah sesuai dengan petunjuk dan gambarlah secara jelas, tegas dan detail.

2. Jangan membuat gambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut. Hal ini dapat menandakan kamu orang yang keras kepala.

3. Jangan membuat gambar femini pada gambar yang bersifat teknis dan juga sebaliknya. Hal ini dapat mencerminkan ketidakjelasan kamu.

4. Jangan menggambar secara urut, karena kamu akan dipandang sebagai orang yang kaku. Jadi, buatlah kombinasi seperti 2,4,5,1 kemidian 7683.

5. Jika kamu seorang pria, jangan memulai gambar dari kotak nomor 5, karena hal tersebut menandakan anda memiliki orietasi seksual yang berlebih.

6. Semakin kreatif kamu menggambar dan berbeda dari yang lain maka semakin tinggi nilai kamu.

7. Berlatihlah menggambar sejelas mungkin dan dapat dimengerti, jangan lupa memberi keterangan pada gambar baik itu sulit, disukai dan tidak disukai ataupun mudah sesuai dengan petunjuk soal.

"Tonton juga video dibawah ini agar lebih mudah mengerti" 

"Atau yang ini"

Nah, itulah tips dan trik yang bisa kami bagikan kepada kamu, jadi ini semua tergantung dari diri kamu masing-masing. Semakin sering kamu berlatih pasti kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan dan jangan lupa berdoa menurut kepercayaan masing-masing agar mendapatkan jalan yang lurus. Sekian dan terima kasih.