Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Trick Menggambar Orang Psikotes Lowongan Kerja

Gambar merupakan seni yang mampu menjelaskan kepribadian seseorang. Maka dari itu gambar sering digunakan untuk metode seleksi dalam dunia kerja. Bagaimana bisa gambar menjadi metode seleksi lowongan kerja? “Jawabannya adalah tes psikologi”.

Dalam tes psikologi banyak sekali macamnya. Nah, salah satunya adalah gambar orang. Gambar orang atau (draw a person) adalah tes psikologi yang dikembangkan oleh Florence Goodenough pada sekitar tahun 1926. Pada masa itu tes psikologi ini dikenal dengan sebutan “Goodenough Draw a Man Test”. Kemudian Dr. Dale B. Harris menyempurnakannya menjadi “Draw a Person Test”. Hingga sampai sekarang nama itu tetap digunakan.

Tes psikologi menggambar orang adalah tes yang sangat sederhana. Tidak ada kendala bahasa dan budaya karena tes ini bersifat universal. Dalam tes ini, instruksi yang harus dipatuhi adalah kamu harus menggambar manusia secara utuh dari kaki sampai kepala. Setelah selesai menggambar, kamu akan diminta untuk menuliskan umur orang yang telah kamu gambar, aktifitas yang dilakukan dan siapa orang yang kamu gambar tersebut.

cara menggambar orang tes psikotes
Trik: Menggambar rumah, pohon, orang (3D)

Tips dan Trik Menggambar Orang Tes Psikologi

1. Gambarlah manusia yang sesuai jenis kelamin anda. Namun, jika sang intruktor memerintahkan untuk menggambar jenis kelamin yang ditentukan, maka lakukanlah sesuai dengan apa yang sang instruktor sampaikan.

2. Gambarlah secara utuh, detail dan gambarlah semampu kamu. Ketika menggambar bagian badan, usahakan jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil dan tidak proposional. Karena hal itu menunjukkan bahwasannya kamu kurang percaya diri.

3. Gambarkan seseorang dalam sebuah aktifitas, bersemangat dan jangan dalam posisi diam ataupun aktifitas tidak bermakna.

- Contoh aktifitas bermakna : jogging, membaca buku, petani mencangkul.
- Contoh aktifitas tidak bermakna : Sedang duduk, sedang membuka tangan dan lain sebagainya.

4. Gambarlah secara jelas sehingga nampak jelas jenis kelaminnya, apakah itu seorang wanita atau pria.

5. Gambar tidak perlu bagus, namun harus jelas dan memenuhi kriteria yang diperintahkan.

6. Usahakan detail jari tangan bisa terlihat. Maknanya adalah bahwa tangan yang tersembunyi dibelakang tubuh ataupun saku celana menunjukkan anda orang yang memiliki gangguan hubungan sosial. Maka dari itu, usahakan menampilkan jari-jari tangan.

7. Jika kamu seorang wanita, hati-hati ketika menggambar pernak-pernik. Jangan berlebihan, misalnya memakai gelang terlalu banyak, antik yang besar dan lain-lain. Karena akan menunjukkan bahwa kamu orang yang materialistis atau mata duitan.

Aksesoris yang disarankan adalah jam dan tali pinggang, karena kedua aksesoris itu menunjukkan anda orang yang disiplin dan bertanggung jawab.

8. Mulailah berlatih menggambar dari sekarang, gambarlah sejelas mungkin dan dapat dimengerti. Usahakan dalam menggambar tidak ada pengulangan goresan pensil.

"Tonton juga video dibawah ini agar lebih paham"
"Atau yang ini"

Itulah tips dan trik cara menggambar orang tes psikologi lowongan kerja. Jika kamu saat ini masih minder dengan kemampuan menggambar kamu, mulai saat ini juga berlatihlah dengan bersungguh-sungguh. Sebab saat ini hampir setiap lowongan pekerjaan, mulai dari seleksi BUMN, CPNS, TNI & Polri bahkan perusahaan swasta telah menggunakan tes psikologi menggambar orang untuk menyaring para pendaftar kerja di institusi atau perusahaan mereka. Jadi mulailah dari sekarang berlatih dan jangan lupa berdoa. Sekian dan terima kasih.