-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Pesan Notifikasi WhatsApp Terbaru 2024

Konten [Tampil]

Kalilapan.com - WhatsApp memainkan peran penting dalam komunikasi, terutama untuk mereka yang berkomunikasi jarak jauh. Namun dilansir dari TechCrunch, terkadang aplikasi ini bisa menjadi sumber ketidaknyamanan akibat notifikasi yang terus-menerus muncul.

Saat m enonton film atau bermain game, notifikasi WhatsApp sering kali mengganggu. Berdasarkan laporan dari Android Authority, notifikasi ini dapat mengurangi kenyamanan dan konsentrasi dalam aktivitas tersebut.

Namun mulai sekarang kalian tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan notifikasi WhatsApp ini. Menurut panduan dari WhatsApp Help Center, langkah-langkah tersebut sangat untuk membantu pengguna dalam mengatur notifikasi sesuai kebutuhan.

Meskipun WhatsApp sangat berguna dalam komunikasi. Namun penting untuk mengatur notifikasi agar tidak mengganggu aktivitas lain. Dengan mengikuti langkah-langkah akan kami bagikan di bawah ini, maka kalian bisa menikmati waktu luang tanpa ada gangguan dari notifikasi pesan.

Cara Menyembunyikan Pesan Notifikasi WhatsApp di Ponsel Lewat Pengaturan

Cara Menyembunyikan Pesan Notifikasi WhatsApp di Ponsel Lewat Pengaturan

Notifikasi WhatsApp yang terus-menerus muncul memang dapat mengganggu konsentrasi. Terutama pada saat kalian sedang fokus pada aktivitas belajar maupun bekerja.

Untuk itu, kita perlu mengelola notifikasi WA yang muncul pada ponsel kita. Agar notifikasi yang masuk dari WA, tidak mengganggu konsentrasi kita lagi. Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan notifikasi WhatsApp, menurut data dari website resmi TechSolutions:

  1. Pertama buka pengaturan atau settings di ponsel kalian.
  2. Kemudian masuk ke aplikasi atau system apps.
  3. Setelah itu pilih daftar aplikasi atau manage apps.
  4. Lalu temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.
  5. Selanjutnya di menu notifikasi, nonaktifkan semua pemberitahuan.
  6. Kemudian matikan juga getaran dan tampilan pesan WhatsApp di layar depan.
  7. Setelah menonaktifkan notifikasi, periksa perbedaannya. Tanpa notifikasi, kalian tidak akan diberitahu saat ada pesan masuk. Pesan hanya akan terlihat ketika membuka aplikasi WhatsApp.
  8. Selesai, kalian telah berhasil mengatur notifikasi WhatsApp kalian. Mulai sekarang tidak akan ada lagi notifikasi yang menggangu aktifitas kalian.

Dilansir dari TechDaily, metode di atas merupakan metode untuk menonaktifkan seluruh notifikasi pesan masuk dari WhatsApp kalian. Jadi semua pesan mulai dari pesan pribadi ataupun pesan dari grup, tidak akan muncul lagi di layar HP kalian.

Namun apabila kalian tetap ingin menampilkan pesan pribadi saja. Maka kalian perlu metode yang lain untuk melakukannya. Jadi, apakah kalian penasaran bagaimana caranya?

Tenang, selanjutnya kami akan membagikan cara menonaktifkan pesan notifikasi khusus untuk pesan dari grup chat. Jadi semua notifikasi pesan dari grup chat, tidak akan muncul pada layar HP kalian.

Cara Mengatur Notifikasi Grup WhatsApp di Ponsel Dengan Mudah

Cara Mengatur Notifikasi Grup WhatsApp di Ponsel Dengan Mudah

Menyesuaikan notifikasi WhatsApp adalah hal yang penting untuk dilakukan. Karena hal tersebut bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan digital dan aktivitas sehari-hari. Sehingga kalian dapat mengurangi gangguan dan menikmati waktu tanpa terusik oleh notifikasi.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur DND di WhatsApp Agar Tidak Terganggu

Dikutip dari laman resmi Detik Tekno. Jika kalian hanya ingin menonaktifkan notifikasi dari grup WhatsApp saja, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp di ponsel kalian.
  2. Kemudian akses menu setting dengan mengetuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar.
  3. Lalu pilih opsi notifikasi.
  4. Selanjutnya, kalian akan menemukan dua pilihan: Personal dan Grup.
  5. Kemudian pilih grup.
  6. Lalu untuk menonaktifkan notifikasi, ketuk opsi Notifikasi Pop Up.
  7. Setelah itu, matikan pop-up pesan untuk grup. Kalian juga bisa mematikan getar, nada dering, dan notifikasi lain yang terkait dengan grup.
  8. Selesai, kalian telah berhasil mengatur notifikasi WhatsApp khusus untuk pesan dari grup saja. Jadi notifikasi pesan pribadi yang masuk ke WhatsApp kalian, akan tetap muncul di layar HP kalian.

Manfaat Mengatur Notifikasi Grup WhatsApp

Menonaktifkan notifikasi grup di WhatsApp dapat meningkatkan kenyamanan pengguna. Terutama saat kalian sedang membutuhkan suasana yang tentang tanpa ada gangguan sama sekali.

Selain itu menonaktifkan notifikasi grup WhatsApp juga bisa sangat berguna bagi kalian yang sering terganggu oleh pesan grup yang berlebihan.

Menurut Digital Communication Research Center, penyesuaian notifikasi seperti ini bisa membantu mengurangi kelebihan informasi dan memperbaiki pengalaman penggunaan ponsel.

Mengelola notifikasi grup WhatsApp adalah langkah penting untuk menjaga kenyamanan dalam komunikasi digital. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kalian dapat mengontrol notifikasi yang masuk, sehingga dapat fokus pada kegiatan lain atau bersantai tanpa gangguan.

Jika kalian ingin benar-benar mematikan notifikasi dari aplikasi WhatsApp sepenuhnya. Maka kalian bisa melakukan metode terakhir ini. Namun metode ini bisa di bilang cukup ekstrem. Karena dengan melakukan metode ini, WA tidak akan mengirimkan notifikasi apapun ke layar HP kalian.

Bagi kalian yang penasaran tentang metode terkahir ini. Maka silahkan simak penjelasan dan tutorial lengkap yang akan bagi bagikan di bawah ini.

Cara Mematikan Data Khusus Aplikasi WhatsApp Dengan Mudah

Cara Mematikan Data Khusus Aplikasi WhatsApp Dengan Mudah

Dalam situasi tertentu, mungkin kalian ingin menghentikan sementara semua notifikasi dari WhatsApp. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mematikan data khusus untuk aplikasi WhatsApp.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti untuk mematikan data khusus aplikasi WhatsApp. Tutorial ini kami kutip dari website teknologi terpercaya, yaitu BBC Technology News.

  1. Buka Pengaturan atau Settings di ponsel kalian.
  2. Masuk ke Aplikasi atau System apps.
  3. Buka Daftar Aplikasi atau Manage Apps.
  4. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  5. Ketuk Force Stop untuk menghentikan sementara aplikasi.
  6. Konsekuensi Mematikan Data WhatsApp

Langkah ini akan menghentikan koneksi WhatsApp dengan HP kalian. Jadi WA tidak akan bisa digunakan untuk menerima dan mengirim pesan sampai koneksi tersebut dibuka kembali.

Menurut website CNBC Tech, hal tersebut efektif untuk menghindari notifikasi ceklis dobel yang menunjukkan pesan telah terkirim dan diterima. Namun ingat untuk tidak membuka WhatsApp setelah mengetuk tombol Force Stop.

Pendekatan ini bisa dianggap ekstrem karena pendekatan ini menghentikan semua aktivitas komunikasi di WhatsApp. Jadi WA tidak akan memproses semua aktifitas yang terjadi selama koneksi antara aplikasi WA dan smartphone kalian dibuka kembali.

Dilansir dari Mobile Tech Review, langkah ini sebaiknya digunakan hanya ketika sangat diperlukan, seperti saat membutuhkan konsentrasi penuh atau dalam situasi penting lainnya.

Mematikan data khusus untuk aplikasi WhatsApp adalah solusi yang bisa diambil saat kalian memerlukan ketenangan dari notifikasi konstan. Namun, perlu diingat bahwa ini akan menghentikan semua komunikasi di WhatsApp sampai aplikasi diaktifkan kembali.

Kesimpulan

Mengelola notifikasi WhatsApp sangat penting untuk menjaga keseimbangan kehidupan digital dan aktivitas sehari-hari. Dengan langkah-langkah yang tepat, kalian dapat mengurangi gangguan dan menikmati waktu tanpa terganggu oleh notifikasi.

Demikian informasi tentang cara menonaktifkan notifikasi chat pada WhatsApp Mod yang dapat kami bagikan kepada kalian melalui artikel ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian. Khususnya bagi kalian yang sedang mengalami kesulitan untuk fokus karena notifikasi WA yang sering muncul.

Akan tetapi, setelah kalian membaca artikel ini dari awal sampai akhir. Bisa kami pastikan bahwa masalah tersebut tidak akan kalian rasakan kembali. Karena tiga metode yang kami bagikan di atas, merupakan tiga metode paling mudah dan efektif untuk menonaktifkan notifikasi WhatsApp.

Dengan mengikuti tiga metode yang telah kami bagikan di atas.  Maka tidak akan ada lagi notifikasi yang mengganggu konsentrasi kalian dalam belajar maupun bekerja. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di artikel bermanfaat selanjutnya.