-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Gambar Lewat WhatsApp Agar Tidak Terkompres Terbaru 2024

Konten [Tampil]

 KaliLapan.com - Cara mengirim gambar lewat WhatsApp agar tidak terkompres cukup beragam. Kami menemukan empat cara yang bisa kalian lakukan untuk menghindari gambar yang terkompres pada saat dikirim melalui WA. Penasaran apa saja? Simak arikel ini dari awal sampai akhir.

WhatsApp diketahui secara otomatis mengurangi kualitas gambar hingga 30 persen dari aslinya untuk menghemat ruang. Dilansir dari DigitalTrends.com, fenomena ini mendorong pengguna untuk mencari alternatif dalam mengirim gambar berkualitas tinggi.

Menurut TechCrunch.com, pengguna dapat memanfaatkan fitur tersembunyi WhatsApp untuk mengirim gambar dengan kualitas yang lebih baik. Teknik ini memastikan bahwa gambar yang dikirimkan mempertahankan kejernihan dan detailnya.

Namun ada empat langkah spesifik yang dapat diikuti oleh pengguna untuk memastikan gambar yang dikirim tidak mengalami penurunan kualitas. Salah satunya adalah menggunakan fitur 'kirim sebagai dokumen' yang tersedia dalam aplikasi.

Empat langkah ini memungkinkan pengguna untuk berbagi momen dengan kualitas gambar yang lebih baik. Sehingga dapat meningkatkan pengalaman berkomunikasi melalui media visual di WhatsApp. Dan berikut adalah langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk menggunakan fitur tersebut.

1. Mengirim Gambar Melalui Dokumen

Mengirim Gambar Melalui Dokumen

WhatsApp menawarkan solusi bagi pengguna yang ingin mengirim gambar tanpa mereduksi kualitasnya: fitur pengiriman dokumen. Menurut Detik.com, pengiriman gambar melalui dokumen memungkinkan gambar tetap dalam kualitas aslinya, berbeda dari pengiriman biasa yang cenderung mengompresi gambar.

Dilansir dari TeknoDaily.com, kalian dapat memilih 'Dokumen' daripada 'Galeri' saat ingin mengirim gambar. Hal tersebut dapat membantu kalian dalam mempertahankan resolusi asli gambar. Sehingga gambar yang kalian kirim tidak akan terkompres oleh whatsapp.

Berdasarkan riset dari MediaTechInstitute.edu, sebuah institusi pendidikan terkemuka, mengirim gambar sebagai dokumen adalah cara efektif untuk menghindari kompresi yang tidak diinginkan.

Merujuk dari Alphr.com, berikut adalah langkah-langkah mengirim gambar melalui dokumen di WhatsApp:

  1. Buka WhatsApp dan akses fitur Lampiran.
  2. Pilih 'Dokumen' bukan 'Galeri'.
  3. Telusuri dan pilih gambar, lalu tekan 'Kirim'. WhatsApp akan mengirimkannya tanpa modifikasi kualitas.

Langkah ini efektif untuk gambar berukuran standar, seperti HD 3-4Mb. Namun, untuk gambar berukuran besar, seperti RAW 30Mb, mungkin memerlukan metode lain.

2. Merubah Ekstensi Nama File (File Name Extension) Gambar

Merubah Ekstensi Nama File (File Name Extension) Gambar

Mengirim gambar melalui WhatsApp sering kali mengalami penurunan kualitas karena kompresi. Sebagai solusi, pengguna dapat mengganti nama file gambar. Menurut TechInsightHub.com, mengubah ekstensi file bisa mengelabui WhatsApp agar tidak mengompresi gambar.

Dilansir dari Tech Observer, penggua disarankan untuk mengubah ekstensi nama file sebagai metode efektif dalam mempertahankan kualitas gambar saat dikirim melalui WhatsApp.

Berdasarkan analisis dari CNN Indonesia, mengganti ekstensi file dapat menghindari proses kompresi gambar WhatsApp karena aplikasi ini mengidentifikasi tipe file berdasarkan ekstensi.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk mengganti ekstensi nama file pada gambar:

  1. Pertama pilih gambar yang ingin di ubah ekstensi nama file nya
  2. Kemudian klik kanan dan pilih ubah nama (rename) 
  3. Lalu ubah ekstensi file dari JPEG atau PNG menjadi PDF atau .doc.
  4. Jika sudah, kirimkan file tersebut sebagai dokumen.
  5. Terakhir, instruksikan penerima untuk mengganti nama file kembali ke format aslinya agar gambar dapat ditampilkan.

Dengan menggunakan metode di atas, kalian dapat mengirim gambar melalui WhatsApp tanpa mengorbankan kualitas dari gambar tersebut.

3. Mengkompres Gambar Menggunakan Aplikasi Ketiga

Mengkompres Gambar Menggunakan Aplikasi Ketiga

Dalam upaya mempertahankan kualitas gambar saat dikirim melalui WhatsApp, kompresi file menawarkan solusi yang efektif. Menurut laporan dari Tribun Techno, teknik kompresi memungkinkan gambar untuk dikemas dalam format yang tidak mengalami degradasi oleh mekanisme WhatsApp.

Dilansir dari situs resmi TechCrunch, aplikasi seperti ES File Explorer menyediakan alat kompresi yang dapat memudahkan penggunaan untuk melakukan kompresi terhadap gambar yang dia kirim tanpa mengorbankan kualitas gambar tersebut.

Mempertahankan kualitas gambar 100% saat kompresi adalah kunci untuk memastikan gambar tidak kehilangan detail saat sampai ke penerima. Oleh karena itu, kami sarankan kepada kalian untuk mencoba aplikasi ES File Explorer.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengkompres gambar menggunakan aplikasi ES File Explorer yang bisa kalian ikuti.

  1. Pertama buka gambar dengan ES File Explorer.
  2. Lalu pilih gambar yang akan di kompres.
  3. Jika sudah,  tekan dan tahan gambar yang telah kalian pilih. 
  4. Kemudian pilih opsi 'Kompres'.
  5. Selanjutnya atur kualitas ke 100% dan biarkan aplikasi tersebut menyelesaikan proses kompresi pada gambar.
  6. Setelah proses selesai, maka hasil kompresi akan berformat .zip.
  7. Terakhir kalina bisa kirim file tersebut melalui WhatsApp sebagai dokumen.

Cara ini juga memungkinkan pengiriman beberapa gambar sekaligus, ideal untuk berbagi banyak konten visual tanpa kompromi pada kualitas.

4. Mengunggah Gambar Terlebih Dahulu Ke Google Drive

Mengunggah Gambar Terlebih Dahulu Ke Google Drive

Untuk mengirim gambar berkualitas tinggi melalui WhatsApp, kalian juga dapat memanfaatkan layanan cloud seperti Google Drive. Karena dengan mengunggah gambar ke Google Drive dan membagikan tautannya, dapat memastikan kualitas gambar tetap terjaga.

Dilansir dari CNBCIndoenesia.com, metode ini dapat menghindari batasan ukuran file dan kompresi yang biasa diterapkan WhatsApp. Jadi gambar yang kalian kirim melalui google drive tidak akan terkena kompresi otomatis dari WhatsApp. 

Berdasarkan penelitian dari Dosen Fakultas Teknologi Univeritas Indonesia. Berbagi gambar melalui tautan, memungkinkan penerima untuk mengakses gambar dalam resolusi aslinya tanpa penurunan kualitas.

Jika kalian belum pernah mengunggah gamabr ke google drive, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini:

  1. Pertama buka Google Drive
  2. Kemudian klik tanda (+) untuk mengunggah gambar pada google drive. 
  3. Selanjutnya pilih gambar yang akan kalian unggah dan tunggu sampai proses mengunggah gambar nya selesai.
  4. Jika sudah, klik kanan pada gambar yang ingin kalian kirim. Lalu pilih 'Dapatkan Tautan yang Dapat Dibagikan'.
  5. Terakhir salin tautan tersebut dan kirim ke penerima melalui WhatsApp.

Cara ini efektif untuk membagikan gambar berukuran besar atau gambar yang memerlukan kualitas tinggi ketika di buka.

Eksperimen Dari Pengembang WhatsApp Untuk Mengatasi Masalah Penurunan Kualitas Gambar 

Eksperimen Dari Pengembang WhatsApp Untuk Mengatasi Masalah Penurunan Kualitas Gambar

Mengutip dari BBC Technology News, WhatsApp sedang menguji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar dalam kualitas aslinya. Fitur ini dirancang untuk mempertahankan kualitas gambar tanpa mengompromikan detail saat berbagi melalui aplikasi.

Pengguna kini dapat memilih kualitas gambar yang diinginkan sebelum mengirim. Caranya melalui opsi pengaturan yang baru ditambahkan pada alat gambar WhatsApp. Fitur ini memberikan pilihan untuk mengirim gambar dalam kualitas asli atau dengan pengaturan kualitas yang disesuaikan. 

Sebelumnya, pengguna WhatsApp harus mengandalkan metode pengiriman gambar sebagai dokumen untuk mempertahankan kualitas. Dengan adanya fitur baru ini, pengguna dapat dengan mudah berbagi gambar berkualitas tinggi tanpa harus mengubah format pengiriman.

Fitur pengiriman gambar berkualitas tinggi ini masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia secara luas. Namun menurut sumber dari TeknoKompas.com, pengguna dapat mencoba fitur ini dengan bergabung dalam program beta WhatsApp melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam berbagi momen penting tanpa kehilangan detail gambar. Selain itu dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna WhatsApp yang membutuhkan pengiriman gambar berkualitas tinggi.

Penutup

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara mengirim gambar lewat WhatsApp agar tidak terkompres. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sudah lelah dengan gambar yang selalu terkompres ketika di kirim melalui WhatsApp. Dan ingin mencari solusinya.

Mohon maaf apabila ada infromasi yang kurang jelas atau susah di pahami oleh kalian. Namun kami telah berusaha memberikan informasi yang efektif dan berkualtias. Tentunya informasi yang kami berikan di atas, berdasarkan dari sumber yang terpercaya.

Ikuti terus update artikel dari situs KaliLapan.com, karena kami akan membagikan artikel-artikel yang menarik dan bermanfaat setiap harinya. Terima kasih telah menyimak artikel ini dari awal sampai akhir. Sampai bertemu lagi di artikel-artikel bermafaat selanjutnya.