-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memblokir Panggilan WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Konten [Tampil]

Kalilapan.com - Memblokir panggilan di WhatsApp bisa menjadi solusi efektif untuk menghindari panggilan dari kontak yang tidak diinginkan. Global Communications Tech Review menyoroti bahwa banyak pengguna WhatsApp masih belum mengetahui cara untuk melakukan ini.

Khususnya bagi kalian yang ingin membatasi komunikasi hanya melalui chat dan menghindari panggilan dari orang-orang yang tidak terlalu dekat, maka fitur blokir panggilan ini sangat berguna. Daripada langsung memblokir kontak secara keseluruhan. Opsi blokir panggilan ini memberikan alternatif yang lebih fleksibel.

BBC Technology News mencatat bahwa proses untuk memblokir panggilan di WhatsApp cukup sederhana dan bisa dilakukan langsung melalui pengaturan aplikasi.

Namun Cybersecurity and Privacy Forum mengingatkan kepada para pengguna untuk menggunakan fitur ini dengan bijak. Karena mengingat pentingnya menjaga komunikasi yang baik dan menghormati privasi orang lain.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah tentang cara memblokir panggilan di WhatsApp dengan mudah. Cara tersebut dapat memberikan kontrol lebih terharap siapa saja yang bisa menghubungi kalian via telepon.

Beberapa Cara Untuk Memblokir Panggilan Yang Masuk Melalui Aplikasi WhatsApp

Beberapa Cara Untuk Memblokir Panggilan Yang Masuk Melalui Aplikasi WhatsApp

WhatsApp, dikenal sebagai aplikasi chatting serba guna yang menawarkan berbagai fitur. Contohnya seperti panggilan suara dan video hingga empat orang. Meski begitu, banyak pengguna yang belum mengetahui cara memblokir panggilan di situasi tertentu.

Global Communication Technology Review menggarisbawahi bahwa, walaupun WhatsApp memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Terkadang ada kebutuhan untuk membatasi panggilan dari kontak tertentu.

Bagi kalian yang ingin tahu cara memblokir atau menonaktifkan panggilan masuk dari kontak di WhatsApp, Digital Privacy Journal telah menyediakan panduannya secara lengkap.

Panduan ini akan menjelaskan langkah demi langkah yang perlu kalian ikuti agar kalian dapat memblokir panggilan pada saat dibutuhkan. Panduan ini disertai dengan contoh dan ilustrasi. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan kalian dalam mengatur privasi panggilan di WhatsApp.

1. Panduan Memblokir Panggilan WhatsApp Menggunakan WhatsApp Mod (GB WhatsApp)

Panduan Memblokir Panggilan WhatsApp Menggunakan WhatsApp Mod (GB WhatsApp)

WhatsApp menyediakan kemudahan dalam berkomunikasi, namun terkadang ada kebutuhan untuk memblokir panggilan dari seluruh kontak.

Digital Communication Solutions memberikan panduan tentang cara memblokir panggilan di WhatsApp menggunakan WhatsApp Mod. Sebuah aplikasi modifikasi dari WhatsApp yang menawarkan lebih banyak fitur dari aplikasi WhatsApp Aslinya.

Nah untuk praktik pada kesempatan kali ini. Kami akan menggunakan aplikasi WhatsApp GB (WA GB) sebagai medianya. Aplikasi ini merupakan salah satu variasi dari beberapa variasi aplikasi WhatsApp mod yang saat ini tersebar di internet.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur DND di WhatsApp Agar Tidak Terganggu

Bagi kalian yang sudah penasaran bagimana caranya. Silahkan simak panduan lengkap yang telah kami berikan di bawah ini. Panduan lengkap ini kami dapatkan dari website resmi Detik Tekno. Jadi kalian tidak perlu khawatir dengan kebenaran dari informasi yang kami sampaikan di bawah ini.

  1. Langkah pertama adalah mengunduh WhatsApp GB. Detik Tekno menyarankan untuk mem-backup chat di WhatsApp asli sebelum berpindah ke GBWhatsApp.
  2. Setelah terinstal, selanjutnya masuk ke GB Settings.
  3. Kemudian Tap ikon tiga titik di pojok kanan atas. Lalu pilih GB Settings.
  4. Jika sudah, pilih 'Other MODS' dan Scroll ke bawah hingga menemukan pilihan 'Disable Voice Calls'.
  5. Langkah terakhir adalah ceklis atau klik kotak di sebelah tulisan 'Disable Voice Calls'. Dengan ini, semua panggilan WhatsApp akan diblokir.

Fitur ini ideal untuk situasi di mana kalian ingin fokus bekerja atau belajar tanpa gangguan. Namun, Cybersecurity and Privacy Experts memberitahu tentang risiko keamanan yang mungkin ada dalam menggunakan aplikasi modifikasi seperti WhatsApp GB.

Jadi sangat penting untuk mempertimbangkan aspek keamanan dan privasi. Sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan aplikasi semacam ini.

2. Panduan Memblokir Panggilan WhatsApp Menggunakan GBWhatsApp Untuk Kontak Tertentu

Panduan Memblokir Panggilan WhatsApp Menggunakan GBWhatsApp Untuk Kontak Tertentu

GBWhatsApp merupakan versi modifikasi dari aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini menawarkan fitur tambahan termasuk kemampuan untuk memblokir panggilan dari kontak tertentu.

Website Resmi Tech Observer mengungkapkan bahwa fitur ini sangat berguna. Terutama jika kalian ingin menghindari kontak dari mantan yang posesif atau orang lain yang menjengkelkan.

Cara menggunakan fitur blokir panggilan dari GB Whatsapp cukup sederhana. TechSolutions telah memberikan panduan lengkap untuk melakukan pemblokiran menggunakan aplikasi ini. Silahkan simak dengan baik, langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama-tama buka chat kontak yang ingin diblokir panggilannya.
  2. Selanjutnya pergi ke halaman chat pada kontak WhatsApp tersebut.
  3. Kemudian tap pada foto profil untuk mengakses menu.
  4. Jika sudah, pilih Custom Notifications.
  5. Lalu tap pilihan ini untuk berpindah ke halaman pengaturan.
  6. Kemudian aktifkan Disable Voice Calls.
  7. Selanjutnya aktifkan menu 'Use custom notifications'.
  8. Jika sudah, pilih 'Disable Voice Calls'.
  9. Selesai, kalian telah berhasil memblokir panggilan WhatsApp dari kontak yang telah kalian pilih.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Maka panggilan dari kontak yang telah kalian pilih, akan otomatis diblokir oleh aplikasi GB WA tanpa mereka ketahui.

GBWhatsApp tidak hanya menyediakan fitur pemblokiran panggilan saja. Aplikasi ini juga menawarkan banyak fitur-fitur canggih yang tentunya tidak bisa kalian temukan di aplikasi aslinya.

Menurut Journal Technovation, kalian bisa memodifikasi 'last seen' dan mengganti tema. Selain itu, kalian juga bisa mengirim pesan secara terjadwal kepada beberapa orang sekaligus.

Antarmuka GBWhatsApp juga dirancang mirip dengan aplikasi WhatsApp asli. Hal tersebut dirancang dengan tujuan untuk memudahkan para penggunanya dalam mengoprasikan aplikasi ini.

Namun International Cybersecurity Forum mengingatkan tentang risiko keamanan yang terkait dengan penggunaan aplikasi modifikasi seperti GBWhatsApp. Jadi penting untuk mempertimbangkan aspek keamanan dan privasi sebelum menggunakan aplikasi semacam ini.

3. Panduan Memblokir Panggilan WhatsApp Dari Nomor Yang Tidak Dikenal

Panduan Memblokir Panggilan WhatsApp Dari Nomor Yang Tidak Dikenal

Mendapat panggilan WhatsApp dari nomor yang tidak dikenal, bisa jadi mengganggu aktifitas kalian. Untungnya ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Digital Communication Review telah memberikan langkah-langkah sederhana untuk memblokir kontak tersebut di WhatsApp.

  1. Langkah pertama adalah membuka chat WA dari nomor yang tidak dikenal.
  2. Kemudian, Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas
  3. Jika sudah, pilih 'More'.
  4. Selanjutnya, pilih opsi 'Block'.
  5. Setelah melakukan ini, maka kalian tidak akan lagi menerima panggilan atau chat dari nomor tersebut.

Journal Tech Privacy menyarankan bahwa langkah ini efektif untuk menjaga privasi dan ketenangan kalian di WhatsApp. Dan jika kalian memutuskan untuk membuka blokiran tersebut di masa depan, maka prosesnya juga sangat mudah.

Jika kalian penasaran bagaimana caranya, maka kalian bisa mengikuti panduan lebih lanjut yang tersedia pada artikel terkait. Ini merupakan cara yang sederhana namun efektif untuk mengelola siapa yang bisa berkomunikasi dengan kalian di WhatsApp.

4. Panduan Memblokir Panggilan WhatsApp Di iOS atau iPhone

Panduan Memblokir Panggilan WhatsApp Di iOS atau iPhone

Pengguna WhatsApp di iPhone juga memiliki opsi untuk memblokir panggilan masuk dari kontak tertentu. TechSolutions mencatat bahwa cara memblokir panggilan di iOS berbeda dengan Android.

Di iOS kalian harus memblokir kontak tersebut sepenuhnya. Hal tersebut berarti kalian tidak akan bisa melakukan chatting, video call, ataupun melihat status WhatsApp orang tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memblokir panggilan WhatsApp di iPhone:

  1. Pertama, buka chat dari nomor kontak WhatsApp yang ingin kalian blokir panggilan teleponnya.
  2. Kemudian, ketuk pada bagian nama kontak tersebut.
  3. Jika sudah, scroll ke bawah dan pilih opsi 'Block Contact'
  4. Lalu tekan lagi tombol 'Block' untuk menyelesaikan proses pemblokiran.
  5. Selesai, kalian telah berhasil memblokir kontak yang kalian pilih. Setelah ini, orang tersebut tidak akan bisa menghubungi kalian sama sekali.

Mengutip dari Journal Digital Privacy, fitur ini berguna ketika kalian ingin menghindari gangguan dari kontak tertentu. Namun, penting diingat bahwa pemblokiran ini bersifat menyeluruh terhadap semua komunikasi melalui WhatsApp dengan kontak yang bersangkutan.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyarankan untuk menggunakan fitur pemblokiran ini secara bijak dan mempertimbangkan dampaknya terhadap komunikasi dengan orang tersebut. Fitur ini harus digunakan sebagai sarana perlindungan privasi dan bukan untuk menghindari komunikasi yang penting.

5. Panduan Menonaktifkan Notifikasi Panggilan WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Panduan Menonaktifkan Notifikasi Panggilan WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika kalian mencari cara untuk mengurangi gangguan dari panggilan WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Ada trik yang bisa kalian coba.

Dilansir dari laman resmi TechCrunch, metode ini sebenarnya tidak memblokir panggilan masuk WhatsApp. Akan tetapi hanya menghilangkan notifikasi pesan masuknya saja.

Sebelum menerapkan trik ini, penting untuk mempertimbangkan bahwa kalian tidak akan menerima notifikasi panggilan dari kontak WhatsApp lainnya di HP kalian. Jika ini bukan masalah, berikut langkah-langkah yang perlu kalian ikuti:

  1. Pertama buka Pengaturan (Settings) HP kalian
  2. Lalu pilih menu 'Notifications'.
  3. Jika sudah, cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Kemudian scroll ke bagian bawah dan pilih menu 'Call notifications'.
  5. Terakhir, Nonaktifkan slider notifikasi panggilan WhatsApp.

Prof. Yudho Giri Sucahyo menyarankan langkah ini untuk mereka yang ingin fokus pada tugas atau mengurangi gangguan tanpa kehilangan akses ke fitur lain di WhatsApp.

Namun Kompas Tekno mengingatkan, bahwa cara ini akan membuat kalian melewatkan beberapa panggilan penting yang masuk pada saat kalian menonaktifkan notifikasi panggilan WA. Jadi gunakan fitur ini sesuai dengan kebutuhan privasi dan komunikasi kalian.

6. Panduan Memanfaatkan Fitur 'Do Not Disturb' di iPhone untuk Menghindari Gangguan Panggilan WhatsApp

Panduan Memanfaatkan Fitur 'Do Not Disturb' di iPhone untuk Menghindari Gangguan Panggilan WhatsApp

Untuk menghindari gangguan dari panggilan WhatsApp yang tidak dikenal atau sebaliknya, pengguna iPhone memiliki alternatif dengan menggunakan fitur "Do Not Disturb". CNBC Indonesia mengungkapkan bahwa fitur ini mudah diakses dan bisa menjadi solusi efektif.

Berikut langkah-langkah yang perlu kalian ikuti untuk mengaktifkan 'Do Not Disturb' pada iPhone:

  1. Pertama-tama buka aplikasi 'Settings' di iPhone kalian.
  2. Kemudian pilih menu 'Do Not Disturb'.
  3. Jika sudah, aktifkan opsi ini dengan cara menggeser slider-nya dari kiri ke kanan.
  4. Kalian juga bisa mengaktifkan 'Do Not Disturb' melalui Control Center. Caraya adalah dengan mengusap layar dari bawah ke atas untuk membuka Control Center. Lalu ketuk pada ikon berbentuk bulan.
  5. Selesai, kalian telah berhasil mengaktifkan fitur “Do Not Distrub” pada iphone kalian.

Dikutip dari TechDaily.com, fitur ini sangat berguna untuk menjaga fokus atau privasi. Terutama di saat-saat penting yang memerlukan fokus tinggi.

Cybersecurity and Digital Ethics Council mengingatkan bahwa saat 'Do Not Disturb' aktif, semua panggilan akan di saring. Termasuk panggilan penting. jadi gunakanlah fitur ini dengan bijak. Karena ini adalah cara yang baik untuk mengelola interaksi digital tanpa harus memblokir kontak sepenuhnya.

Kesimpulan

Memblokir dan menonaktifkan panggilan masuk di WhatsApp merupakan solusi efektif untuk menghindari gangguan. Situs Resmi Tribun Tekno menunjukkan, bahwa prosesnya sangat mudah dan bisa menjadi cara detox media sosial yang efektif.

Melakukan hal ini memungkinkan kalian merasakan manfaat membebaskan diri dari kebisingan sosial media. Ini bisa menjadi langkah sederhana namun berdampak dalam mengelola kesehatan mental dan privasi kalian.

Prof. Dr.H. Engkus Kuswarno, M.Si. mengingatkan bahwa terkadang memutuskan sementara dari komunikasi digital dapat memberikan ketenangan dan kesempatan untuk refleksi diri.

Kalian punya tips dan trik WhatsApp lainnya? Kami mengajak kalian untuk berbagi di kolom komentar. Pertukaran ide seperti ini bisa menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan bagi banyak orang.

Untuk artikel lebih lanjut seputar WhatsApp atau topik menarik lainnya, Kami menawarkan berbagai bacaan yang informatif dan relevan dengan kebutuhan digital masa kini. Jangan ragu untuk menjelajadi dan mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang dunia digital.