-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Rekening Bank Mega dengan Mudah dan Cepat

Konten [Tampil]

Kalilapan.com! Kali ini akan membahas tentang cara buka rekening bank mega dengan mudah dan cepat. Bank mega adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan berkualitas dan menguntungkan.

Dengan menggunakan rekening Bank Mega Kamu bisa menabung, transfer, bayar tagihan, belanja online, dan berbagai transaksi lainnya dengan mudah dan aman.

Nah, mungkin kalian tertarik untuk menjadi nasabah bank mega dan ingin tahu cara buka rekening bank mega yang mudah dan cepat. Tenang saja, artikel ini akan memberitahu kamu langkah-langkahnya secara detail dan lengkap. Tidak perlu khawatir atau bingung, karena cara buka rekening bank mega ini sangat simpel dan praktis.

Cara Buka Rekening Bank Mega dengan Mudah dan Cepat

Cara Buka Rekening Bank Mega dengan Mudah dan Cepat

Nah sekarang mari simak baik-baik cara buka rekening bank mega berikut ini:

Langkah 1: Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Langkah pertama adalah mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk buka rekening bank mega. Dokumen yang diperlukan adalah:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP): Kamu harus membawa KTP asli dan fotokopi yang masih berlaku. Pastikan data diri kamu di KTP sesuai dengan data diri kalian yang sebenarnya.
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP): Jika memiliki NPWP, kamu juga harus membawa NPWP asli dan fotokopi yang masih berlaku. NPWP adalah dokumen yang berguna untuk mengurus perpajakan dan mendapatkan berbagai fasilitas perbankan lebih baik.
  3. Surat Keterangan Kerja (SKK): Jika kamu adalah karyawan atau pekerja, maka harus membawa SKK asli dan fotokopi yang masih berlaku. SKK adalah dokumen berisi informasi tentang pekerjaan, jabatan, gaji, dan perusahaan tempat kamu bekerja. SKK adalah dokumen yang berguna untuk menunjukkan kemampuan finansial dan mendapatkan berbagai produk perbankan yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Jika kalaian sudah mempersiapkan dokumen yang diperlukan, kamu bisa langsung menuju ke langkah selanjutnya.

Langkah 2: Kunjungi Cabang Bank Mega Terdekat

Langkah kedua yaitu dengan mengunjungi cabang bank mega terdekat lokasimu. Kamu bisa mencari alamat dan nomor telepon cabang bank mega terdekat dengan menggunakan aplikasi atau website bank mega.

Setelah kamu menemukan cabang bank mega terdekat, bisa datang ke sana pada jam operasional bank mega. Jam operasional bank mega biasanya adalah Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB. Kalian bisa menghubungi cabang bank mega terlebih dahulu untuk memastikan jam operasionalnya.

Saat datang ke cabang bank mega, kamu akan disambut oleh petugas customer service yang ramah dan profesional. Kalian bisa mengatakan bahwa kamu ingin buka rekening bank mega dan menunjukkan dokumen. Petugas customer service akan memeriksa dokumen dan memberikanmu formulir pembukaan rekening bank mega.

Langkah 3: Isi Formulir Pembukaan Rekening Bank Mega

Langkah ketiga yang perlu kamu lakukan adalah mengisi formulir pembukaan rekening Bank Mega secara lengkap dan akurat. Formulir tersebut merupakan dokumen yang mengandung informasi pribadi dan detail rekening yang kalian ingin buka.

Data diri yang harus kamu isi adalah:

  • Nama Lengkap: Tuliskan nama lengkap sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda.

  • Tempat dan Tanggal Lahir: Catat tempat dan tanggal lahir sesuai dengan informasi yang terdapat di KTP kamu.
  • Jenis Kelamin: Nyatakan jenis kelaminmu sebagaimana tertera di KTP.
  • Alamat: Tuliskan alamat lengkap sesuai dengan yang tercantum di KTP. Jika alamat berbeda, sertakan alamat terbaru dan lampirkan surat keterangan domisili yang masih berlaku.
  • Nomor Telepon: Cantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi oleh Bank Mega. Pastikan nomor telepon aktif dan benar.
  • Email: Sertakan alamat email yang dapat dihubungi oleh Bank Mega. Pastikan email valid dan benar.
  • Pekerjaan: Tuliskan pekerjaan sesuai dengan Surat Keterangan Kerja (SKK) kalian. Jika tidak memiliki SKK, deskripsikan pekerjaan secara umum seperti karyawan, wiraswasta, pelajar, dll.
  • Pendapatan: Cantumkan pendapatan sesuai dengan informasi pada SKK. Jika tidak memiliki SKK, estimasikan pendapatan Anda, misalnya < 5 juta, 5-10 juta, > 10 juta, dll.
  • Sumber Dana: Jelaskan asal dana yang akan kamu gunakan untuk menabung di Bank Mega, seperti gaji, usaha, warisan, hibah, dan sebagainya.
Kode Bank Transfer dari Luar Negeri - Cara Mudah dan Aman Kirim Uang ke Indonesia

Data rekening yang harus kamu isi adalah:

Jenis Rekening: Kamu harus memilih jenis rekening yang ingin dibuka di bank mega. Ada beberapa jenis rekening yang ditawarkan oleh bank mega, yaitu:

  • Mega Dana: Rekening tabungan dengan bunga kompetitif serta fasilitas perbankan lengkap dan mudah.
  • Mega Maxi: Rekening tabungan dengan bunga lebih tinggi dari Mega Dana dan beragam fasilitas perbankan yang lengkap dan mudah.
  • Mega Rencana: Rekening tabungan dengan bunga lebih tinggi dari Mega Maxi, fasilitas perbankan lengkap, dan bonus bunga jika menabung secara rutin.
  • Mega Valas: Rekening tabungan dalam mata uang asing seperti USD, EUR, SGD, dll., dengan bunga kompetitif dan fasilitas perbankan lengkap.
  • Mega Giro: Rekening giro dengan bunga kompetitif, fasilitas perbankan lengkap, dan kemudahan dalam transaksi bisnis dan keuangan.

Kamu dapat memilih jenis rekening sesuai kebutuhan dan preferensimu. Selain itu, kalian memiliki opsi untuk membuka lebih dari satu jenis rekening di Bank Mega.

Setoran Awal: PastikanKalian mencantumkan jumlah uang yang akan disetorkan sebagai setoran awal untuk membuka rekening Bank Mega. Setoran awal merupakan jumlah minimum yang harus kamu setorkan, dan besarnya bervariasi tergantung jenis rekening yang dipilih.

Berikut adalah setoran awal untuk masing-masing jenis rekening:

  1. Mega Dana: Rp 500.000
  2. Mega Maxi: Rp 10.000.000
  3. Mega Rencana: Rp 100.000
  4. Mega Valas: USD 100 atau setara
  5. Mega Giro: Rp 1.000.000

Kamu harus menyiapkan uang tunai atau cek untuk setoran awal. Bisa juga melakukan transfer dari rekening bank lain ke rekening bank mega.

Langkah 4: Serahkan Dokumen dan Setoran Awal ke Petugas Bank Mega

Langkah keempat yang harus kamu lakukan adalah menyerahkan dokumen dan setoran awal yang kamu bawa kepada petugas Bank Mega. Petugas Bank Mega akan segera memproses dokumen dan setoran awalmu untuk membuat rekening Bank Mega dengan cepat dan efisien.

Proses pembuatan rekening bank mega ini tidak akan lama, hanya sekitar 15-20 menit. Kamu bisa menunggu di ruang tunggu yang nyaman dan bersih sambil menikmati minuman dan snack yang disediakan oleh bank mega.

Langkah 5: Terima Buku Tabungan, Kartu ATM, dan PIN dari Petugas Bank Mega

Langkah kelima yaitu menerima buku tabungan, kartu ATM, dan PIN dari petugas bank mega. Buku tabungan, kartu ATM, dan PIN adalah fasilitas perbankan yang akan kamu dapatkan setelah buka rekening bank mega.

  • Buku tabungan adalah buku yang berisi informasi tentang saldo, mutasi, dan transaksi rekening bank megamu. Kalian bisa menggunakan buku tabungan untuk mengecek saldo dan transaksi rekening bank mega kamu secara manual.
  • Kartu ATM adalah kartu yang berisi chip dan magnetik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi perbankan di mesin ATM bank mega atau bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima, atau Link. Kamu bisa menggunakan kartu ATM untuk menarik tunai, transfer, bayar tagihan, belanja online, dan berbagai transaksi lainnya dengan mudah dan aman.
  • PIN adalah nomor rahasia yang terdiri dari 6 digit yang harus kamu masukkan saat menggunakan kartu ATM. PIN adalah kode keamanan yang harus kamu jaga dan rahasiakan dari orang lain. Jangan pernah memberitahu PIN kalian kepada siapa pun, termasuk petugas bank mega. Jika  lupa atau kehilangan PIN, maka bisa menghubungi call center bank mega untuk meminta reset PIN.

Petugas bank mega akan memberikan kita buku tabungan, kartu ATM, dan PIN yang sudah terbungkus rapi dan disegel. Kamu harus membuka bungkus dan segel tersebut di depan petugas bank mega dan memeriksa isi dan kondisi buku tabungan, kartu ATM, dan PIN. Jika ada yang salah atau rusak, bisa segera melaporkannya kepada petugas bank mega.

Langkah 6: Aktifkan Rekening dan Kartu ATM Bank Mega

Langkah keenam adalah mengaktifkan rekening dan kartu ATM bank mega kamu. Rekening dan kartu ATM bank mega belum bisa digunakan sebelum kita mengaktifkannya terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan rekening dan kartu ATM bank mega kamu adalah sebagai berikut:

Rekening: 

  1. Kamu harus melakukan setoran tunai atau transfer ke rekening bank megamu sebesar minimal Rp 100.000. 
  2. Setelah itu, kalian bisa mengecek saldo rekening bank mega di buku tabungan, mesin ATM, atau aplikasi mobile banking bank mega. 
  3. Jika saldo rekening bank mega kamu sudah sesuai dengan setoran atau transfer yang telah  dilakukan, berarti rekening bank mega sudah aktif dan bisa digunakan.

Kartu ATM: 

Untuk mengganti PIN kartu ATM Bank Mega kalian sesuai keinginan, kunjungi mesin ATM Bank Mega terdekat. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan kartu ATM Bank Mega Anda ke mesin ATM.
  2. Pilih bahasa yang diinginkan.
  3. Masukkan PIN lama kamu.
  4. Pilih menu Ganti PIN.
  5. Masukkan PIN baru yang diinginkan.
  6. Konfirmasikan PIN baru dengan memasukkannya kembali.

Jika proses berhasil, maka akan menerima struk yang memberitahu bahwa PIN telah diganti. Namun, jika terjadi kegagalan, kalian dapat mengulangi langkah-langkah tersebut atau menghubungi call center Bank Mega untuk bantuan.

Setelah mengaktifkan rekening dan kartu ATM Bank Mega, kita dapat menikmati berbagai fasilitas perbankan. Mulai dari menabung, mentransfer dana, membayar tagihan, berbelanja online, hingga melakukan transaksi lainnya dengan mudah dan aman menggunakan rekening dan kartu ATM Bank Megamu.

Cara Bayar Shopee Pakai SeaBank dan Keuntungannya

Penutup

Nah, itu dia cara buka rekening bank mega dengan mudah dan cepat. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk buka rekening bank mega? Jika ya, segera kunjungi cabang bank mega terdekat dan ikuti langkah-langkah di atas ya.

Saya harap artikel ini bermanfaat untukmu dan pembaca lainnya.