-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Transfer Bank Sultra dan Panduan Penggunaannya.

Konten [Tampil]

Kalilapan.com! Siapa di antara kita yang tidak familiar dengan kegiatan transfer antar bank? Bagi yang tinggal di Sulawesi Tenggara, pasti sudah tidak asing lagi dengan Bank Sultra, bank pembangunan daerah yang telah berkiprah sejak tahun 1968. Bagi yang penasaran atau mungkin baru pertama kali mengenal, yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai Kode Transfer Bank Sultra dan panduan penggunaannya.

Kode Transfer Bank Sultra dan Cara Menggunakannya

Kode Transfer Bank Sultra 

Bank Sultra adalah salah satu bank pembangunan daerah yang beroperasi di provinsi Sulawesi Tenggara. Bank ini didirikan pada tahun 1968 dan telah mengalami berbagai perkembangan dan inovasi sejak saat itu. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Bank Sultra adalah layanan transfer antar bank, baik antar cabang maupun antar bank lainnya. Untuk melakukan transfer antar bank, Kamu perlu mengetahui kode transfer bank Sultra, yaitu 135.

Apa itu Kode Transfer Bank?

Kode transfer bank adalah sebuah kode yang terdiri dari tiga digit angka yang digunakan untuk mengidentifikasi bank tujuan dalam transaksi transfer antar bank. Kode transfer bank juga disebut sebagai nomor bank atau kode bank. Setiap bank yang ada di Indonesia memiliki kode yang berbeda-beda. Kode ini wajib dimasukkan sebelum Kalian memasukkan nomor rekening bank tujuan. Kode bank ini berfungsi untuk memastikan bahwa uang kamu akan dikirim ke bank yang benar dan menghindari kesalahan transfer.

Bagaimana Cara Mengetahui Kode Transfer Bank Sultra?

Ada beberapa cara yang bisa Kalian lakukan untuk mengetahui kode transfer bank Sultra, Yuk, kita bahas bersama!

1. Internet

Bagi kamu yang suka mencari informasi secara online, menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing bisa menjadi pilihan tepat. Cukup ketik kata kunci seperti “kode transfer bank Sultra” atau “nomor bank Sultra” untuk mendapatkan hasil pencarian yang kaya informasi. Situs seperti Wise juga bisa menjadi referensi yang memberikan detail lengkap tentang kode transfer bank Sultra dan bank-bank lainnya di Indonesia.

2. ATM

Jika kamu lebih suka menggunakan mesin ATM, langkah ini juga sangat mudah dilakukan. Saat berada di mesin ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Bersama, Prima, atau Link, pilih menu “Transfer” dan selanjutnya "Antar Bank". Setelah itu, kalian bisa mencari kode transfer bank tujuan dengan menekan tombol “Cari” atau “Help”. Temukan kode transfer bank Sultra dalam daftar yang tersedia.

3. SMS Bankin

Untuk yang suka dengan kemudahan SMS, kita bisa mengecek kode transfer bank Sultra melalui layanan SMS banking. Kirimkan SMS dengan format "KODEBANK" ke nomor 0811 4000 135. Dalam balasan SMS, kamu akan mendapatkan kode transfer bank Sultra beserta kode bank lainnya.

4. Call Center

Nah.. bagi yang lebih suka interaksi langsung, hubungi call center Bank Sultra di nomor 1500 135 atau (0401) 319 135. Tim customer service yang ramah akan dengan senang hati membantu kamu menemukan kode transfer bank Sultra dan informasi bank lain yang kamu butuhkan.

Sekarang kamu sudah tahu beberapa cara praktis untuk mengetahui kode transfer Bank Sultra. Selamat mencoba.

Kode Bank Sulteng - Mengenal Lebih Dekat dan Panduan Buka Rekening

Bagaimana Cara Menggunakan Kode Transfer Bank Sultra?

Setelah Kalian mengetahui kode transfer bank Sultra, kita bisa menggunakan kode tersebut untuk melakukan transfer antar bank. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti untuk menggunakan kode transfer bank Sultra:

  • Melalui ATM

Pertama-tama, jika memiliki kartu ATM Bank Sultra, kamu bisa menggunakan mesin ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Bersama, Prima, atau Link. 

  1. Masukan ATM ke dalam mesin.
  2. Setelah memasukkan kartu ATM dan memasukkan PIN, pilih menu "Transfer". 
  3. Selanjutnya, pilih "Antar Bank" dan masukkan kode transfer bank Sultra, yaitu 135. 
  4. Isi nomor rekening tujuan dan jumlah uang yang ingin kamu transfer. 
  5. Periksa kembali data yang kamu masukkan, lalu pilih "Ya" jika sudah benar. 
  6. Jangan lupa ambil bukti transaksi dan kartu ATM kamu untuk keamanan.

  • Melalui SMS Banking

Kamu juga bisa melakukan transfer antar bank melalui layanan SMS banking dari Bank Sultra. 

  1. Kirimkan SMS dengan format "TRF [kode transfer bank tujuan] [nomor rekening bank tujuan] [jumlah uang] [PIN]" ke nomor 0811 4000 135. 
  2. Contoh: TRF 135 1234567890 1000000 1234. 
  3. Setelah itu, kamu akan menerima balasan SMS konfirmasi transaksi. 
  4. Balas dengan "Y" untuk menyetujui atau "N" untuk membatalkan.

  • Melalui Online Banking

Bagi yang lebih suka transaksi online, Bank Sultra menyediakan layanan online banking. 

  1. Kunjungi situs [www.banksultra.co.id], masukkan user ID dan password, lalu pilih menu "Transfer". 
  2. Pilih "Antar Bank", masukkan kode transfer bank Sultra (135), dan isi nomor rekening serta jumlah uang yang akan kamu transfer. 
  3. Setelah memeriksa data, pilih "Kirim". 
  4. Kamu akan mendapatkan kode otorisasi yang dikirimkan ke nomor ponselmu. 
  5. Masukkan kode tersebut, pilih "OK", dan lihat bukti transaksi. Jangan lupa, cetak jika diperlukan.

Sekarang, kamu sudah tahu cara mudah menggunakan kode transfer Bank Sultra untuk melakukan transaksi antar bank. 

Rincian Biaya Penggunaan Kode Transfer Bank Sultra

Yuk kita bahas bersama tentang biaya yang dikenakan saat menggunakan kode transfer Bank Sultra. Berikut adalah beberapa informasi terbaru yang bisa saya bagikan:

1. Transfer Antar Rekening Bank Sultra 

Jika melakukan transfer antar rekening Bank Sultra, baik melalui ATM, SMS banking, atau online banking, berita baiknya adalah kamu tidak akan dikenakan biaya apa pun. Ini merupakan kemudahan untuk mempermudahmu dalam bertransaksi dengan sesama pengguna layanan Bank Sultra.

2. Transfer ke Rekening Bank Lain dalam Jaringan ATM Bersama, Prima, atau Link

Penting untuk diketahui bahwa biaya transfer akan dikenakan jika mentransfer ke rekening bank lain yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima, atau Link. Biaya ini mencakup Rp 7.500 per transaksi melalui ATM, Rp 6.500 per transaksi melalui SMS banking, dan Rp 2.500 per transaksi melalui online banking. Pastikan untuk memperhatikan metode transfer yang kamu pilih agar sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Transfer ke Rekening Bank Lain di Luar Jaringan ATM Bersama, Prima, atau Link 

Bagi kamu yang mentransfer ke rekening bank lain yang tidak tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima, atau Link, ada beberapa opsi biaya yang perlu diperhatikan. Biaya transfer melalui sistem kliring nasional Bank Indonesia (SKNBI) sekitar Rp 6.500 per transaksi, sementara transfer melalui sistem real-time gross settlement (RTGS) mencapai Rp 25.000 per transaksi. 

Jadi, pilihlah metode transfer yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu.

Demikianlah artikel tentang kode transfer bank Sultra dan cara menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Kamu tentang layanan transfer antar bank.