-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Bank Transfer OCBC: Cara Mudah dan Aman Bertransaksi

Konten [Tampil]

Kalilapan.com! Salah satu bank besar di Indonesia yang menggunakan kode bank untuk transfer adalah OCBC NISP. Bank ini menggunakan sistem transfer dana real-time yang memungkinkan uang cepat sampai ke rekening tujuan.

Namun, banyak nasabah yang masih kebingungan saat melakukan transfer ke rekening OCBC karena tidak mengetahui kode bank transfer OCBC yang tepat. Tentu saja ini membuat proses transfer menjadi tidak aman dan terhambat. 

Lantas, berapa kode bank transfer OCBC dan bagaiman caa mudah dan aman berttransaksi? Berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Kode Bank Transfer OCBC: Cara Mudah dan Aman Bertransaksi

BANK OCBC NISP

Bank OCBC NISP adalah salah satu bank tertua dan terpercaya di Indonesia, yang menyediakan berbagai produk dan layanan perbankan, termasuk transfer antar bank. 

Transfer antar bank adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh masyarakat untuk mengirim atau menerima uang dari rekening bank lain, baik di dalam maupun luar negeri.

Namun, untuk melakukan transfer antar bank, kamu perlu mengetahui kode bank atau kode transfer dari bank tujuan. Kode bank atau kode transfer adalah kode numerik yang digunakan untuk mengidentifikasi bank tujuan dalam sistem perbankan. Kode bank atau kode transfer biasanya terdiri dari 3 digit angka, yang harus dimasukkan sebelum memasukkan nomor rekening tujuan.

Kode bank merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan transfer dana antar bank. Dengan kode bank yang tepat, proses transfer dana menjadi lebih mudah, aman, dan cepat sampai ke tujuan.

Kode Bank Transfer OCBC NISP

Kode bank transfer OCBC NISP adalah 028. Kode ini berlaku untuk semua cabang bank OCBC NISP di seluruh Indonesia. Jadi, jika kamu ingin melakukan transfer ke rekening bank OCBC NISP, maka kalian harus memasukkan kode 028 di depan nomor rekening tujuan.

Contoh: Jika nomor rekening tujuan adalah 1234567890, maka kamu harus memasukkan 0281234567890 sebagai nomor rekening tujuan.

Kode bank transfer OCBC NISP juga berlaku untuk transfer melalui berbagai kanal, seperti ATM, SMS banking, online banking, atau kantor cabang. Sebelumnya kamu harus memastikan bahwa kalian memasukkan kode bank transfer OCBC NISP dengan benar, agar transfer dapat diproses dengan cepat dan aman.

Kode Bank Transfer OCBC NISP dari Luar Negeri

Jika ingin melakukan transfer dari luar negeri ke rekening bank OCBC NISP, kamu tidak hanya memerlukan kode bank transfer OCBC NISP, tetapi juga kode SWIFT atau BIC. 

Kode SWIFT atau BIC adalah kode alfanumerik yang digunakan untuk mengidentifikasi bank tujuan dalam sistem perbankan internasional. Kode SWIFT atau BIC biasanya terdiri dari 8 atau 11 karakter, yang mencerminkan nama, negara, dan cabang bank tujuan.

Kode SWIFT atau BIC bank OCBC NISP adalah NISPIDJA. Kode ini berlaku untuk semua cabang bank OCBC NISP di seluruh Indonesia. Jadi, jika ingin melakukan transfer dari luar negeri ke rekening bank OCBC NISP, kamu harus memasukkan kode NISPIDJA sebagai kode bank tujuan.

Contoh: Jika nomor rekening tujuan adalah 1234567890, maka kalian harus memasukkan NISPIDJA0281234567890 sebagai nomor rekening tujuan.

Kode SWIFT atau BIC bank OCBC NISP juga berlaku untuk transfer melalui berbagai kanal, seperti wire transfer, online banking, atau kantor cabang. 

Keuntungan Transfer dengan Bank OCBC NISP

Transfer dengan bank OCBC NISP memiliki banyak keuntungan, antara lain:

  • Biaya transfer yang kompetitif dan transparan, baik untuk transfer dalam maupun luar negeri.
  • Proses transfer yang cepat dan mudah, dengan berbagai pilihan kanal yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamananmu.
  • Layanan transfer yang aman dan terpercaya, dengan sistem keamanan yang canggih dan standar internasional.
  • Layanan pelanggan yang ramah dan profesional, yang siap membantu kalian jika ada kendala atau pertanyaan seputar transfer.

Cara Transfer dengan Bank OCBC NISP

Berikut adalah cara transfer dengan bank OCBC NISP, sesuai dengan kanal yang dipilih:

1. Transfer melalui ATM

  • Masukkan kartu ATM OCBC NISP kamu ke mesin ATM, 
  • Lalu pilih bahasa, 
  • Kemudian masukkan PIN, 
  • Pilih menu transfer dan pilih bank tujuan, 
  • Masukkan kode bank transfer OCBC NISP dan nomor rekening tujuan, 
  • Selanjutnya masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer, 
  • Konfirmasi data transfer, 
  • Ambil bukti transfer dan kartu ATM kamu.

2. Transfer melalui SMS banking

  1. Ketik format SMS transfer, yaitu TRF(spasi)kode bank transfer OCBC NISP(spasi)nomor rekening tujuan(spasi)jumlah transfer, 
  2. Kemudian kirim ke 6477, 
  3. Jangan lupa masukkan PIN SMS banking yang dikirimkan ke nomor ponsel kalian, 
  4. Terakhir, konfirmasikan transfer dengan membalas SMS yang dikirimkan oleh bank OCBC NISP.

3. Transfer melalui online banking

  1. Masuk ke situs online banking OCBC NISP, 
  2. Pilih menu transfer, pilih bank tujuan, 
  3. Lalu, masukkan kode bank transfer OCBC NISP dan nomor rekening tujuan, 
  4. Masukkan jumlah transfer,
  5. Kemudian ketik password transaksi yang dikirimkan ke nomor ponselmu, 
  6. Konfirmasi data transfer, simpan bukti transfer.

4. Transfer melalui kantor cabang

  1. Datang ke kantor cabang bank OCBC NISP terdekat, 
  2. Kemudian isi formulir transfer, 
  3. Serahkan formulir transfer dan kartu identitas kamu ke teller, 
  4. Lalu, bayar biaya transfer, 
  5. Terakhir ambil bukti transfer.

Mudah kan? kalian dapat mencoba salah satunya.

Kode Bank dan Cara Daftar Mobile Banking Bank Nagari

Biaya Transfer dengan Bank OCBC NISP 

Biaya transfer dengan bank OCBC NISP bervariasi tergantung pada jumlah transfer, mata uang transfer, dan kanal transfer yang kamu gunakan. Berikut adalah rincian biaya transfer dengan bank OCBC NISP:

  • Biaya transfer dari luar negeri ke Indonesia: Rp 50.000 per transaksi, ditambah biaya yang dikenakan oleh bank pengirim dan bank koresponden (jika ada).
  • Biaya transfer dari Indonesia ke luar negeri: Rp 150.000 per transaksi, ditambah biaya yang dikenakan oleh bank penerima dan bank koresponden (jika ada).
  • Biaya transfer melalui ATM: Rp 7.500 per transaksi, untuk transfer dalam mata uang rupiah ke bank lain di Indonesia.
  • Biaya transfer melalui SMS banking: Rp 5.000 per transaksi, untuk transfer dalam mata uang rupiah ke bank lain di Indonesia.
  • Biaya transfer melalui online banking: Gratis, untuk transfer dalam mata uang rupiah ke bank lain di Indonesia, atau dalam mata uang asing ke bank OCBC NISP di Singapura, Malaysia, Hong Kong, atau China.

Kamu dapat mengecek biaya transfer terbaru dengan bank OCBC NISP di situs resmi bank, atau menghubungi layanan pelanggan di nomor 1500 999.

Kurs Transfer dengan Bank OCBC NISP

Kurs transfer dengan bank OCBC NISP adalah kurs yang digunakan untuk mengkonversi mata uang transfer kalian ke mata uang tujuan. Kurs transfer dengan bank OCBC NISP dapat berbeda dengan kurs spot atau kurs pasar, karena bank OCBC NISP menambahkan margin keuntungan dalam kurs transfer.

Kita dapat mengecek kurs transfer terbaru dengan bank OCBC NISP di situs resmi bank, atau menghubungi layanan pelanggan di nomor 1500 999. Kalian juga dapat menggunakan fitur kurs kalkulator di situs bank OCBC NISP, untuk menghitung estimasi jumlah uang yang akan diterima atau kirim dalam mata uang tujuan.

Penutup

Demikian artikel tentang  Kode Bank Transfer OCBC: Cara Mudah dan Aman Bertransaksi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam bertransaksi dengan bank OCBC NISP.