-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan Biaya & Kurs Valas sebelum Transfer Uang Internasional

Konten [Tampil]

Kalilapan.com! Transaksi transfer uang lintas negara kerap dilakukan guna mendukung mobilisasi kegiatan bisnis global. Tapi, tahukah kamu ternyata masih banyak pelaku bisnis yang ceroboh dalam memperhitungkan seluruh biaya dan fluktuasi nilai tukar mata uang (kurs) sebelum transfer internasional. Akibatnya, nilai dana yang diterima rekan bisnis di luar negeri terkadang jauh lebih sedikit ketimbang jumlah yang ditransfer. Untuk itu, pada artikel kali ini, kita akan membahasnya secara lebih rinci. Mari kita simak bersama penjelasannya!

Biaya dan Kurs Valas

Seiring meningkatnya frekuensi transfer uang ke luar negeri, persoalan biaya dan nilai tukar mata uang asing menjadi faktor krusial yang sering diabaikan. Padahal, jika kita mengabaikan biaya dan kurs valuta asing bisa berpotensi merugikan diri sendiri. Sebelum memutuskan transfer sejumlah dana ke rekening bank di luar negeri, oleh karenanya kita perlu mempelajari dulu rincian biaya pengiriman uang beserta selisih kurs mata uangnya.

Umumnya, total biaya transfer ke luar negeri meliputi sejumlah komponen seperti biaya administrasi bank, biaya kliring, biaya telekomunikasi perbankan, hingga PPN jasa giro. Sedangkan untuk penentuan nilai kursnya tergantung dari berbagai faktor seperti nilai jual/beli mata uang asing di bank pada hari itu, kebijakan bank sentral, hingga situasi perekonomian global.

Imbas Kurang Cermat dalam Memperhitungkan Biaya dan Kurs

Seberapa besar sebenarnya imbas dari kurang cermatnya perhitungan biaya transfer dan kurs valuta asing? Simak perbandingan kasus di bawah ini agar kita lebih waspada sebelum transfer uang internasional.

Misalnya Andi perlu mengirim dana sebesar 5.000 dollar AS ke rekanan bisnis di Hong Kong guna pelunasan tagihan produk. Jika Andi memilih transfer lewat Bank X, maka diperkirakan akan dikenakan biaya administrasi 25 dollar AS.

Namun jika Andi memilih Bank Y, biaya admin transfer hanya 15 dollar AS saja, plus kurs Rupiah ke Dollar AS di Bank Y lebih kompetitif dibanding Bank X. Dengan selisih kurs dan biaya admin yang lebih kecil jika transfer via Bank Y, tentu jumlah dana yang sampai ke rekanan Andi di Hong Kong juga lebih besar.

Contoh kasus di atas menyoroti betapa pentingnya kecermatan dalam memilih bank transfer valuta asing dan menghitung biaya serta kursnya. Ketidakhati-hatian bisa berdampak pada jumlah dana yang diterima di sisi penerima, dan kerugian tersebut akan menjadi milik pengirim dana.

Kode Transfer Bank Antar Negara, Ini dia Kode SWIFT BANK

Mengapa Biaya dan Kurs Valas Penting dalam Transfer Uang Internasional?

Apa sih yang membuat kita perlu memperhatikan biaya dan kurs valas sebelum mentransfer uang ke luar negeri? Mari kita eksplorasi bersama alasan-alasannya.

1. Mengetahui Dampak Biaya Tersembunyi

Saat merencanakan transfer uang internasional, penting untuk memahami bahwa biaya tidak selalu terlihat pada permukaan. Ada biaya tersembunyi seperti biaya pengiriman, biaya penukaran mata uang, atau biaya dari bank penerima yang mungkin bisa mengejutkan. Dengan memperhatikan ini, kamu bisa menghindari kejutan tak menyenangkan dan merencanakan transfermu dengan lebih bijak.

2. Pentingnya Kurs Valas dalam Jumlah Akhir yang Diterima

Jangan meremehkan peran kurs valas dalam transfer uang internasional. Pasalnya, fluktuasi nilai tukar mata uang bisa berdampak pada jumlah akhir yang diterima oleh penerima. Dengan memperhatikan kurs valas, kamu bisa mengoptimalkan jumlah yang diterima oleh penerima dan mencegah potensi kerugian akibat perubahan nilai tukar yang tidak terduga.

3. Perbandingan untuk Memilih Penyedia Layanan Terbaik

Saat akan mentransfer uang, bijaklah untuk membandingkan berbagai penyedia layanan keuangan. Pasalnya, setiap penyedia mungkin menawarkan biaya dan kurs valas yang berbeda-beda. Sehingga, pencarian informasi dan perbandingan dapat membantu kamu menemukan opsi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan nilai terbaik untuk setiap transfer uang yang dilakukan.

4. Dampak Fluktuasi Kurs pada Total Pengeluaran

Selanjutnya, memperhatikan bagaimana nilai tukar berubah dapat membantu kamu merencanakan transfer uang dengan lebih baik. Ini adalah langkah cerdas untuk meminimalkan risiko terkait perubahan nilai tukar dan memastikan pengeluaranmu tetap terkendali.

Cara Memperhitungkan Biaya Transfer dan Selisih Kurs

Lantas, bagaimana cara memperhitungkan biaya transfer serta selisih kursnya agar transaksi menjadi lebih menguntungkan? Dalam menghitung biaya transfer dan selisih kurs untuk membuat transaksi lebih menguntungkan, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut in.

1. Bandingkan Tarif Transfer dan Kurs di Berbagai Bank

Pertama-tama, lakukan perbandingan tarif transfer keluar negeri dan kurs valuta asing terbaru di beberapa bank besar. Fokuskan perhatian pada bank-bank yang menyediakan layanan transfer internasional dengan biaya yang terjangkau dan kurs yang bersaing.

2. Perhitungan Biaya Transfer

Hitung total biaya transfer, termasuk biaya administrasi dan biaya lain yang mungkin dikenakan oleh bank. Beberapa bank mungkin menawarkan biaya transfer tetap, sementara yang lain dapat memberlakukan biaya berdasarkan persentase dari jumlah yang ditransfer.

3. Evaluasi Selisih Kurs

Perhatikan selisih kurs valuta asing antara bank-bank yang Kamu pertimbangkan. Karena, selisih kurs dapat mempengaruhi jumlah mata uang yang diterima penerima transaksi, maka pilihlah bank yang menawarkan selisih kurs yang lebih menguntungkan.

4. Pertimbangkan Opsi Lain

Selain bank, pertimbangkan juga penggunaan penyedia layanan transfer uang internasional atau fintech. Beberapa penyedia ini dapat menawarkan biaya transfer yang lebih rendah dan kurs yang lebih kompetitif dibandingkan dengan bank tradisional.

5. Gunakan Kalkulator Transfer Online

Seiring perkembangan teknologi, banyak bank dan penyedia layanan transfer uang menyediakan kalkulator transfer online. Gunakan alat ini untuk memperkirakan jumlah yang akan diterima penerima setelah dipotong biaya transfer dan selisih kurs.

6. Tentukan Waktu yang Tepat

Kurs valuta asing dapat berfluktuasi setiap saat. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk melakukan transfer pada waktu yang tepat ketika kurs sedang menguntungkan.

7. Perhatikan Layanan Tambahan

Beberapa bank atau penyedia layanan mungkin menawarkan layanan tambahan, seperti transfer cepat atau perlindungan nilai tukar. Pertimbangkan manfaat tambahan ini dalam pengambilan keputusan.

8. Lakukan Uji Coba dengan Jumlah Kecil

Sebelum melakukan transfer besar, pertimbangkan juga untuk melakukan uji coba dengan jumlah kecil terlebih dahulu. Hal ini dapat memberi Kamu gambaran lebih baik tentang biaya yang sebenarnya dan hasil yang akan diterima penerima.

Tips Memilih Bank Transfer Valuta Asing yang Kompetitif

Bagaimana kita bisa memilih bank transfer valuta asing dengan biaya dan kurs yang paling kompetitif? Berikut beberapa tips praktis yang bisa dilakukan.

Mengirim Uang ke Luar Negeri dengan Mudah Lewat Aplikasi

1. Bandingkan Biaya Administrasi

Perbandingan biaya admin di beberapa bank penyedia layanan transfer internasional sangat penting. Untuk itu, pilihlah bank dengan biaya admin paling rendah agar kamu bisa lebih hemat.

2. Perhatikan Biaya Lainnya

Selain biaya admin, cermati juga biaya-biaya lain seperti provisi, meterai, dan biaya Swift. Sebab, semakin sedikit komponen biaya, maka akan semakin efisien pengeluaran yang kamu lakukan.

3. Perhatikan Kurs Mata Uang

Selanjutnya, kamu perlu memantau nilai kurs mata uang yang ditransfer pada sistem Bank Indonesia hari itu. Bandingkan dengan kurs di bank-bank pilihan untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

4. Manfaatkan Promo dan Benefit

Pertimbangkan semua benefit atau program promo yang ditawarkan oleh bank terkait transfer valuta asing. Kamu mungkin beruntung mendapat cashback atau diskon biaya transfer.


Jadi, Sudahkah kamu menyadari betapa pentingnya memperhatikan biaya dan kurs valas sebelum mentransfer uang internasional? Dengan perencanaan yang matang dan perhatian terhadap biaya serta kurs valas, transfer uang internasional bisa menjadi lebih hemat dan menguntungkan. 

Ayo bersama-sama menjadikan setiap transfer uang internasional sebagai langkah bijak menuju keuangan global yang lebih stabil! Semoga informasi ini membantu!