-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Kunci dalam Transfer Dana RTGS, Kliring, dan Real-time

Konten [Tampil]

Kalilapan.com! Transfer dana saat ini memiliki beraneka ragam metode atau sistem yang dapat digunakan, seperti tunai, non tunai, RTGS, SWIFT, dan lain sebagainya. Masing-masing metode transfer memiliki keunggulan, karakteristik, serta kelemahannya tersendiri.

Adapun kelompok transfer dana yang sering digunakan adalah Transfer RTGS, kliring, dan real-time. Ketiganya memiliki perbedaan mendasar yang perlu dipahami, agar dapat menentukan sistem transfer yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Lalu sebenarnya apa perbedaan utama dari transfer Dana Tunai, RTGS, dan SWIFT? Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian singkat dan perbandingan ketiga metode transfer tersebut dari sisi kecepatan, biaya, kapan dana diterima hingga persyaratan administasinya. Yuk simak sampai habis!

Pengertian Transfer RTGS, Kliring, dan Real-time

Transfer RTGS, kliring, dan real-time merupakan konsep-konsep penting dalam dunia perbankan yang memainkan peran krusial dalam proses transfer dana dan penyelesaian transaksi keuangan. Langsung saja kita bahas pengertian masing-masing.

Kode Transfer Bank Antar Negara, Ini dia Kode SWIFT BANK

1. Transfer RTGS

Transfer RTGS, atau Real Time Gross Settlement merupakan metode transfer dana yang menjamin kepastian dan kecepatan. Kamu akan langsung melihat perubahan pada rekening tujuan secara real time. Dengan Transfer RTGS, setiap transaksi diolah satu per satu sehingga memberikan kepastian bahwa dana yang dikirimkan atau terima akan segera tersedia.

2. Kliring

Selanjutnya, mari kita bahas tentang Kliring. Kliring merupakan proses pelimpahan dana antar bank yang dilakukan secara teratur, biasanya dalam satu hari kerja. Proses ini memastikan bahwa setiap transaksi antar bank diawasi dan diatur dengan baik. Jadi, Kamu bisa lebih yakin bahwa setiap transfer antar bank akan tercatat dengan jelas dan aman.

3. Real Time

Saat membahas Real Time, kita berbicara tentang kecepatan dan kemudahan dalam transaksi harian. Dengan menggunakan sistem Real Time, semua aktivitas keuangan seperti pembayaran tagihan atau transfer antar rekening, dapat dilakukan dengan instan. Ini memberikan kalian kenyamanan dan efisiensi dalam mengelola keuangan sehari-hari.

Mengapa Mengetahui Perbedaan Penting?

Lantas mengapa mengetahui perbedaan antara Transfer RTGS, Kliring, dan Real Time ini sangat penting? Hal ini menjadi penting untuk membuat kepnutusan keuangan sehari-hari Misalnya, jika Kamu membutuhkan kecepatan dan kepastian dalam transfer dana, Transfer RTGS mungkin menjadi pilihan terbaik. Sementara itu, Kliring lebih cocok untuk transaksi rutin antar bank. Sedangkan Real Time, memberikan kalian kemudahan dalam menangani aktivitas keuangan harian dengan cepat dan mudah.

Mengeksplor Kecepatan Transfer Antar Rekening

Selanjutnya, kita akan membahas tentang kecepatan transfer antar rekening, sebuah aspek yang tentu sangat penting dalam mengelola keuangan sehari-hari. Mari kita bahas bersama mengenai kecepatan dari tiga metode transfer yang umum digunakan yaitu RTGS, Kliring, dan Real Time.

1. Transfer RTGS

Jika kamu menginginkan kepastian dan kecepatan dalam transfer dana, metode Real Time Gross Settlement (RTGS) bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, prosesnya sangat cepat, dalam hitungan menit setelah perintah dikirim, dana akan langsung tiba di rekening penerima. Jadi, jika ingin transaksi yang instan, RTGS bisa menjadi solusi terbaik.

2. Transfer Kliring

Pada metode Kliring, prosesnya memakan waktu lebih lama dibandingkan RTGS. Kliring membutuhkan beberapa jam hingga sehari agar dana yang dikirimkan dapat diterima oleh penerima. Namun, meskipun lebih lambat, Kliring tetap menjadi pilihan yang baik untuk transaksi rutin antar bank. Jadi, jika kamu tidak terburu-buru, metode ini tetap dapat memberikan kepastian.

3. Transfer Real Time

Selanjutnya, mari kita bahas tentang Transfer Real Time. Sesuai namanya, metode ini memberikan pengalaman transfer yang langsung dan cepat. Dalam hitungan detik setelah transfer dikirim, dana sudah diterima oleh penerima. Bagi kamu yang suka dengan kemudahan dan kecepatan, Transfer Real Time bisa menjadi pilihan yang sangat menarik.

Biaya dan Limit Transfer

Sekarang, kita akan membahas mengenai biaya dan limit transfer. Aspek ini perlu diperhatikan dalam mengelola keuangan, karena biaya transfer memang sering menjadi pertimbangan utama. Jadi mari kita kupas satu per satu mengenai biaya Transfer RTGS, Kliring, dan Real Time.

1. Biaya Transfer RTGS

Ketika memilih metode Transfer RTGS, kamu perlu memahami bahwa kepastian dan kecepatan memiliki harga. Pasalnya, biaya transfer RTGS cenderung lebih mahal, berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 75.000 per transaksi. Meskipun biayanya lebih tinggi, namun jaminan kecepatan dan kepastian seringkali menjadi prioritas bagi seseorang yang mengutamakan kenyamanan dalam bertransaksi.

2. Biaya Transfer Kliring

Selanjutnya, jika lebih memilih metode Kliring, kamu akan senang mengetahui bahwa biayanya lebih terjangkau. Pasalnya, biaya transfer Kliring biasanya berkisar antara Rp 6.500 hingga Rp 10.000 saja. Jadi, jika ingin tetap hemat tapi tetap memiliki kepastian dalam bertransaksi, Kliring bisa menjadi solusi yang sangat baik.

3. Biaya Transfer Real Time

Berbicara tentang Biaya Transfer Real Time, perlu diingat bahwa biayanya bisa bervariasi antar bank. Tapi secara umum, biaya transfer Real Time rata-rata sekitar Rp 6.500 per transaksi. Dengan biaya yang relatif terjangkau ini, kamu bisa menikmati kecepatan transfer yang instan.

Exploring Waktu Dana Diterima

Setelah mengetahui biaya dan limit transfer, sekarang mari kita bahas mengenai kapan dana yang kamu transfer akan diterima oleh penerima. Waktu pengiriman dan penerimaan dana memang penting untuk dipahami, jadi mari kita lihat lebih dekat pada kecepatan masing-masing metode RTGS, Kliring, dan Real Time.

1. Transfer RTGS

Jika kamu ingin dana segera cair, Transfer RTGS adalah pilihan yang tepat. Prosesnya sangat cepat, dan dana yang dikirim akan langsung cair pada hari yang sama. Jadi, jika memiliki kebutuhan mendesak atau ingin kepastian dalam penerimaan dana, RTGS bisa menjadi solusi yang sangat efisien.

2. Transfer Kliring

Selanjutnya pada metode Kliring, kamu perlu memiliki sedikit kesabaran. Sebab, kliring memakan waktu 1-2 hari kerja sebelum dana yang kamu kirim dapat diterima oleh rekening tujuan. Jangan khawatir, meskipun butuh sedikit waktu, namun proses ini tetap dapat memberikan kepastian dalam penerimaan dana.

Kode Bank Transfer Antar Bank Indonesia

3. Transfer Real Time

Terakhir adalah Transfer Real Time. Sesuai namanya, metode ini memberikan pengalaman segera. Dana yang kamu kirim akan langsung diterima oleh rekening tujuan dalam hitungan detik. Jadi, jika menginginkan kecepatan dan efisiensi, Transfer Real Time adalah pilihan yang sangat menguntungkan.


Jadi, dalam memilih metode transfer, pastikan untuk mempertimbangkan urgensi dana yang kamu kirim. Apakah kamu memilih kecepatan langsung dengan RTGS atau Real Time, atau kamu lebih bersabar dengan Kliring, pastikan memilih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan finansialmu. 

Semoga informasi ini membantu untuk membuat keputusan yang bijak saat mengelola transaksi keuangan. Tetap cerdas dalam berfinansial!