-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Bank NTT dan Cara Aktifkan Layanan BI Fast untuk Transfer Antar Bank

Konten [Tampil]

Kalilapan.com!  Kode bank merupakan identitas unik yang dimiliki oleh setia bank di Indonesia. Kode bank ini sangat penting dalam melakukan transfer dana antar bank. Salah satu bank di Indonesia yang memiliki kode bank tersendiri adalah Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Selain kode bank, layanan transfer real time BI Fast juga memudahkan nasabah dalam bertransaksi antar bank. Layanan ini disediakan Bank Indonesia untuk transfer dana antar bank yang berlangsung secara instan, 24/7, dan biayanya lebih murah.

Nah, agar bisa menggunakan fasilitas BI Fast, kalian perlu mengaktikan fitur ini di aplikasi perbankan masing-masing. Berikut ini Kode Bank NTT dan Cara Aktifkan Layanan BI Fast untuk Transfer Antar Bank.

Kode Bank NTT dan Cara Aktifkan Layanan BI Fast untuk Transfer Antar Bank

Kode Bank NTT 

Bank NTT memiliki peran vital dalam mendukung perekonomian masyarakat Nusa Tenggara Timur. Oleh karena itu, mengetahui kode bank NTT sangat penting bagi nasabah yang hendak melakukan transfer dana ke rekening Bank NTT. 

Kode Transfer Bank NTT memiliki identitas khusus dengan angka "130." Kode ini adalah kunci utama ketika kamu terlibat dalam transfer antarbank. 

Daftar Kode Bank BPD di Indonesia

Mau tahu kode Bank BPD di berbagai daerah di Indonesia? Kamu pasti penasaran, kan? Nah, berikut adalah daftar lengkapnya untukmu. Jadi, simak baik-baik ya!

  1. Kode Bank BPD di Jawa Barat dan Banten (BJB) - 110
  2. Kode Bank BPD DKI - 111
  3. Kode Bank BPD DIY - 112
  4. Kode Bank BPD Jateng (Jawa Tengah) - 113
  5. Kode Bank BPD Jatim (Jawa Timur) - 114
  6. Kode Bank BPD Jambi - 115
  7. Kode Bank BPD Aceh, Aceh Syariah - 116
  8. Kode Bank BPD Sumut (Sumatera Utara) - 117
  9. Kode Bank BPD Sumbar (Sumatera Barat) - 118
  10. Kode Bank BPD Riau, Kepri (Kepulauan Riau) - 119

Sekarang kamu sudah tahu daftar lengkap kode Bank BPD di berbagai daerah. Penting untuk kamu selalu ingat kode ini, terutama saat melakukan transaksi keuangan atau transfer antar bank. Dengan mengetahui kode yang benar, proses perbankanmu akan lebih lancar dan efisien. Jangan lupa simpan informasi ini dengan baik, ya! 

Cara Transfer Dana ke Bank NTT Melalui ATM 

  • Masukkan Kartu ATM dan PIN:

Pertama-tama, mari kita mulai dengan langkah awal yang penting. Kamu tinggal masukkan kartu ATM Bank NTT ke mesin ATM yang mendukung layanan transfer. 

  • Pilih Menu Transfer:

Nah, sekarang kita beranjak ke menu selanjutnya. Di layar utama ATM, cari opsi yang berkaitan dengan transfer atau transaksi tambahan. Biasanya, tempat ini bisa ditemukan pada menu utama.

  • Masukkan Kode Bank 130:

Kemudian sistem akan meminta kamu untuk memasukkan kode bank tujuan, dan untuk Bank NTT, kode magisnya adalah 130. Pastikan untuk memasukkan angka ini dengan tepat agar semua langkahmu selaras. 

  • Masukkan Nomor Rekening Tujuan:

Masukkan nomor rekening Bank NTT yang menjadi tujuan transfermu. 

  • Konfirmasi Jumlah Transfer: 

ATM akan memintamu untuk mengonfirmasi jumlah transfer yang ingin kalian kirimkan. Periksa kembali nominalnya dan pastikan semuanya sesuai dengan rencanamu.

  • Selesaikan Transaksi:

Setelah memasukkan semua informasi yang diperlukan, ATM akan menampilkan ringkasan transaksi. Luangkan waktu sejenak untuk memastikan semua detailnya benar. Jika sudah yakin, pilih opsi untuk menyelesaikan transaksi.

  • Ambil Struk Bukti Transfer:

Terakhir, jangan lupa mengambil struk bukti transfer dari mesin ATM.

Memanfaatkan Kemudahan Mobile Banking Bank NTT untuk Pengelolaan Keuangan yang Praktis

Limit Transfer Bank NTT

Bank NTT ini beroperasi di Nusa Tenggara Timur dengan kode bank 130. Namun, yang perlu kalian ketahui, limit transfer dari Bank NTT ke bank lain tergantung pada jenis kartu ATM yang kamu miliki. Ada dua jenis kartu ATM, yaitu ATM Silver dan ATM Gold, dengan batas tarik tunai dan transfer yang berbeda.

Batas Limit Tarik Tunai dan Transfer untuk Setiap Jenis Kartu ATM

Ketahui lebih lanjut tentang limit tarik tunai dan transfer untuk masing-masing jenis kartu ATM. 

  • Jadi, untuk pemegang ATM Silver, kamu bisa menikmati batas tarik tunai hingga Rp 5.000.000 dan batas transfer hingga Rp 10.000.000. 
  • Sementara itu, jika kamu memiliki ATM Gold, batas tarik tunai mencapai Rp 25.000.000 dengan batas transfer yang sama, yaitu Rp 25.000.000. 
Yuk, pilih jenis kartu yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitasmu.

Inilah Kode Transfer Bank HSBC Yang Perlu Diketahui

Cara Aktifkan Layanan BI Fast untuk Transfer Antar Bank 

Sudahkah kamu mengaktifkan layanan BI-Fast di aplikasi Bank NTT Mobile Banking? Jika belum, yuk ikuti langkah-langkah mudah ini. Pertama, buka aplikasi Bank NTT Mobile Banking di smartphone kamu. Kalau belum punya, bisa kamu dapatkan di sini.

  • Login dan Navigasi Menu dengan Cepat

Setelah membuka aplikasi, login menggunakan nomor registrasi dan password yang telah dibuat saat mendaftar. Selanjutnya, pilih menu “Layanan Nasabah” di dalam aplikasi. Dari situ, kamu akan melihat opsi “Registrasi,” dan di dalamnya, pilih “Proxy BI Fast.”

  • Pilihan  Proxy dan Pengisian Data dengan Teliti

Sekarang, pilih jenis proxy yang ingin kalian daftarkan, apakah email atau nomor handphone. Pastikan data yang kamu masukkan sudah terdaftar sebagai data nasabah. Input alamat email dengan huruf kapital, lalu masukkan alamat email atau nomor handphone yang valid dan sesuai dengan data nasabah. Selanjutnya, buatlah kata sandi proxy BI Fast yang kuat dan mudah diingat.

  • Simpan Informasi dengan Klik "Simpan"

Terakhir, klik tombol “Simpan” untuk menyimpan informasi proxy BI Fast. Setelah ini, kamu telah berhasil mengaktifkan layanan BI-Fast di aplikasi Bank NTT Mobile Bankingmu.

Mudahnya Transfer Antar Bank dengan BI-Fast

Setelah berhasil mengaktifkan BI-Fast, sekarang kita bisa menikmati kemudahan transfer antar bank. Biaya administrasinya pun cukup terjangkau, hanya Rp 2.500 per transaksi. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut untuk melakukan transfer antar bank menggunakan layanan BI-Fast.

  • Buka Aplikasi Bank NTT Mobile Banking

Pertama-tama, buka aplikasi Bank NTT Mobile Banking dan login menggunakan nama registrasi dan password yang sudah kamu buat. Selanjutnya, pilih menu “Transfer” atau “Pembayaran” di aplikasi.

  • Pilih Layanan Transfer dan Rekening Tujuan dengan Teliti

Dalam menu transfer, pilih “Transfer Antar Bank” atau opsi lainnya sesuai kebutuhanmu. Pilih bank dan rekening tujuan, pastikan kode bank tujuan adalah 130 untuk Bank NTT.

  • Isi Nominal Transfer dan Gunakan Layanan BI-Fast

Isi nominal transfer yang diinginkan, pastikan saldo mencukupi untuk transfer dan biaya administrasi. Pilih layanan transfer "BI-Fast" dan klik "Lanjutkan."

  • Verifikasi Transaksi untuk Keamanan

Setelah itu, masukkan alamat email atau nomor handphone proxy BI Fast yang sudah didaftarkan sebelumnya. Selanjutnya, verifikasi transaksi dengan menggunakan token yang dikirimkan ke nomor handphone proxy BI Fast.

Pantau Status Transaksi dengan Mudah

Setelah selesai melakukan transfer menggunakan BI-Fast, kalian bisa dengan mudah melacak status transaksimu. Caranya? 

  • Buka menu “Transaksi” pada aplikasi Bank NTT Mobile Banking. 
  • Dari sana, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai transaksi yang baru saja dilakukan. 
  • Mudah dan praktis, bukan?

Penutup

Sekarang kamu telah mengetahui berapa kode bank NTT dan bagaimana cara untuk mengaktifkan BI-Fast serta melakukan transfer antar bank menggunakan layanan ini. Dengan biaya administrasi yang terjangkau, BI-Fast memberikan kemudahan dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan. Jangan ragu untuk mencoba sendiri dan nikmati kemudahan mobile banking Bank NTT. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu!