-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketentuan Biaya Transfer Luar Negeri Livin by Mandiri

Konten [Tampil]

Kalilapan.com! Hai, teman-teman! Jika kamu adalah pengguna setia Livin by Mandiri dan sedang merencanakan transfer ke luar negeri, pasti penasaran dengan seberapa hematnya penggunaan layanan ini bukan? Jangan khawatir, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai seluk-beluk biaya transfer luar negeri dengan Livin by Mandiri, mengungkap rahasia hemat dan transparan yang mungkin belum diketahui.

Yuk simak sampai akhir ya!

Apa itu  Livin by Mandiri

Tahukah kamu, kini layanan perbankan digital Livin by Mandiri makin memudahkan nasabahnya untuk bertransaksi. Salah satu fitur unggulan Livin adalah kemampuannya untuk transfer uang ke bank di luar negeri. Fitur transfer luar negeri ini tentu menjadi solusi bagi siapapun yang sering melakukan pembayaran ke mitra bisnis mancanegara atau mengirim uang ke keluarga di luar Indonesia.

Saat melakukan transfer keluar negeri dengan memanfaatkan layanan Livin, tentunya dikenakan beberapa jenis biaya. Biaya-biaya inilah yang nantinya akan dibebankan ke nasabah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami rincian biaya transfer luar negeri di Livin sebelum menggunakan fitur ini.

Lantas, biaya-biaya apa saja yang perlu diketahui ketika mentransfer uang lewat Livin Mandiri? Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Biaya Admin Transfer Keluar Negeri

Sebagai salah satu layanan unggulan dari Bank Mandiri, Livin Mandiri memang menerapkan biaya admin untuk proses transfer keluar negeri ini. Pasalnya, biaya admin tersebut menjadi sumber pendapatan jasa bagi Bank Mandiri dalam menanggapi permintaan transfer dana nasabah ke bank penerima di luar negeri melalui rekening korespondensi.

Mengirim Uang ke Luar Negeri dengan Mudah Lewat Aplikasi

Lalu, berapa besarnya biaya admin transfer keluar negeri menggunakan Livin Mandiri? Untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui fasilitas ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000. Jadi, setiap kali melakukan transfer ke luar negeri, biaya admin sejumlah Rp 50 ribu akan langsung terpotong dari saldo rekeningmu di Bank Mandiri.

Perlu dicatat bahwa besarnya biaya ini tetap konsisten, tidak tergantung pada jumlah uang yang ditransfer. Sehingga, baik mentransfer sejumlah kecil atau besar, biaya admin tetap sebesar Rp 50 ribu per transaksi.

Mengapa Bank Mandiri menerapkan biaya admin? 

Biaya admin ini merupakan bagian dari kebijakan bisnis untuk menutupi biaya operasional dan memastikan kelancaran proses transfer internasional melalui Livin Mandiri. Meskipun ada biaya, Livin Mandiri tetap memberikan kejelasan dan kemudahan bagi nasabahnya, sehingga menjadikan pengalaman bertransaksi lebih terukur dan transparan.

Biaya Bank Korespondensi

Selanjutnya, dalam dunia transfer uang ke luar negeri terutama melalui platform seperti Livin Mandiri atau layanan internet banking lainnya, seringkali kamu akan menemui biaya bank korespondensi. Pasalnya, biaya ini merupakan bagian penting dari proses transfer internasional yang dilakukan oleh Bank Mandiri untuk memastikan dana berhasil mencapai tujuan dengan lancar.

Bank korespondensi sendiri merupakan mitra kerja sama Bank Mandiri di luar negeri. Mereka berperan dalam menjalankan transfer dana internasional dari Bank Mandiri ke rekening bank penerima di luar negeri, sesuai dengan petunjuk transfer yang diberikan.

Dalam setiap transaksi, biasanya bank korespondensi akan menetapkan biaya korespondensi yang kemudian dibebankan kepada bank pengirim, dalam hal ini Bank Mandiri. Adapun besaran biaya ini bervariasi tergantung negara tujuan, dengan rentang sekitar $10 hingga $25 per transaksi.

Kamu perlu tahu, bahwa biaya korespondensi yang dikenakan oleh bank korespondensi tidak akan diabaikan. Karena, Bank Mandiri akan mentransfer biaya ini ke nasabah pengirim sebagai bagian dari biaya transfer luar negeri. Dengan demikian, setiap nasabah yang menggunakan layanan Livin Mandiri untuk transfer internasional perlu memperhatikan dan membayar biaya bank korespondensi ini.

Biaya Transfer Antar Bank Domestik. 

1. Alasan di Balik Biaya Transfer Antar Bank Domestik

Biaya transfer antar bank domestik pada Livin by Mandiri timbul karena kamu akan mentransfer dana dari bank lokal, seperti BCA atau BRI, ke rekening Livin Mandiri di Bank Mandiri. Dalam setiap transaksi, ada biaya sekitar Rp 6.500 yang perlu diperhatikan. Meskipun ini menjadi standar biaya transfer domestik, kita bisa mengelolanya dengan cerdas.

2. Standar Biaya Transfer Domestik di Livin by Mandiri

Selanjutnya, uang sejumlah Rp 6.500 per transaksi transfer domestik telah menjadi standar biaya yang diterapkan di Livin by Mandiri. Hal ini berlaku untuk berbagai metode transfer seperti ATM, internet banking, atau mobile banking. Dengan memahami standar ini akan membantu kamu merencanakan keuangan secara lebih terperinci.

3. Kalkulasi Total Biaya 

Sebelum merencanakan transfer ke luar negeri, pastikan untuk menghitung total biaya transfer keluar negeri Livin by Mandiri dengan bijak. Jangan lupa memasukkan biaya transfer antar bank domestik ini dalam kalkulasi agar kamu bisa menjalani perjalanan dengan keuangan yang terkendali. Pasalnya, sebuah perencanaan yang matang membuatmu lebih siap dan terorganisir.

Tips Hemat Biaya Transfer Luar Negeri Livin by Mandiri

Melakukan transfer uang ke rekening bank di luar negeri memang terkadang harus merogoh kocek lebih dalam karena berbagai biaya yang dibebankan. Mulai dari biaya admin, biaya bank korespondensi, hingga biaya transfer domestik antar bank.

Setelah menyimak pembahasan sebelumnya, kamu telah mengetahui rincian biaya-biaya yang dikenakan untuk transfer uang ke luar negeri melalui Livin Mandiri. Selanjutnya, kita akan membahas beberapa tips agar total biaya transfer lewat Livin Mandiri tidak terlalu memberatkan.

Lantas bagaimana caranya agar biaya transfer luar negeri Livin Mandiri lebih hemat? Yuk simak tips berikut ini.

Perhatikan Biaya & Kurs Valas sebelum Transfer Uang Internasional

1. Manfaatkan Promo Transfer Tanpa Biaya

Pertama, kamu perlu memperhatikan kapan promo transfer tanpa biaya atau dengan potongan biaya berlangsung. Adapun informasi terkini mengenai promosi ini bisa kita lihat melalui situs resmi Livin Mandiri. Dengan memanfaatkan promo ini dapat menjadi langkah cerdas untuk mengurangi biaya transfermu.

2. Pilih Rute Transfer dengan Biaya Korespondensi yang Lebih Murah

Sebelum melangkah lebih jauh, perhatikan juga negara tujuan transfermu. Pilihlah rute transfer ke negara dengan biaya bank korespondensi yang lebih murah atau mungkin sedang mengadakan diskon. Dengan memilih dengan bijak, kamu dapat mengurangi biaya tambahan yang mungkin bisa timbul.

3. Perhatikan Kurs Valuta Asing

Sebelum menekan tombol "kirim," jangan lupa untuk memeriksa kurs valuta asing. Jika memungkinkan, lakukanlah transfer saat nilai tukar Rupiah terhadap mata uang negara tujuan transfer menguat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan lebih banyak nilai uang di sisi penerima dan menghemat sejumlah biaya.


Oke, itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai ketentuan biaya transfer luar negeri dengan menggunakan layanan Livin by Mandiri. Perlu diingat bahwa besaran biaya yang dibebankan tergantung dari jumlah uang yang dikirim dan negara tujuan transfer.

Dengan memahami biaya transfer luar negeri Livin ini, diharapkan transaksi pengiriman uang  ke luar negeri menjadi lebih lancar. Selamat mencoba menggunakan layanan transfer valas nyaman dan terpercaya dari Livin by Mandiri!