-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mudah Bertransaksi dengan QRIS Payment

Konten [Tampil]

Kalilapan.com! QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard kini semakin populer di tanah air sebagai metode pembayaran digital yang inovatif, modern, dan praktis. QRIS hadir untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan beragam pembayaran seperti belanja, transfer antar bank, dan banyak lagi.

Lantas, bagaimana sih cara menggunakan sistem QRIS payment ini dengan benar? Yuk simak artikel kali ini sampai habis!

Apa itu Qris Payment?

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan sistem pembayaran digital di Indonesia yang menggunakan kode QR. Bertransaksi lewat QRIS Payment berarti melakukan pembayaran atau transfer uang menggunakan kode QR sebagai medianya.

Cara bertransaksinya pun sangat sederhana. Kamu hanya perlu melakukan scan kode QR baik menggunakan aplikasi e-wallet seperti OVO, GoPay, DANA, LinkAja dan sebagainya atau aplikasi perbankan digital seperti Jago, Jenius, Sakuku dan lain-lain.

Keunggulan QRIS Payment

Sebelum mulai mencoba bertransaksi menggunakan sistem QRIS payment, tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dari metode pembayaran digital ini. Dengan menggunakan QRIS Payment, akan memberikan sejumlah keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Praktis dan Efisien

Kamu pasti setuju, membawa uang tunai atau kartu kredit kadang bisa merepotkan? Nah, dengan QRIS Payment, segala urusan pembayaran bisa menjadi super praktis. Cukup dengan ponsel pintar, kamu bisa melakukan transaksi hanya dengan mengarahkan kamera ke kode QR yang ada. Mudah, simpel, dan tidak perlu repot membawa uang cash!

Mengoptimalkan Penggunaan DANA: Fitur, Transaksi, dan Transfer ke Bank Neo Commerce

2. Proses Cepat dalam Hitungan Detik

Selanjutnya, dengan menggunakan QRIS Payment, segala proses transaksi bisa selesai dalam hitungan detik saja. Mulai dari scanning QR Code, proses transfer, sampai konfirmasi pembayaran, semuanya dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien. 

3. Keamanan Data Terjaga

Keunggulan ke tiga, QRIS Payment menjaga data sensitif dengan baik. Kamu tidak perlu lagi khawatir soal keamanan nomor kartu kredit, karena yang dibutuhkan hanya kode QR unik. Selanjutnya, data pribadi aman dan terlindungi, membuat pengalaman bertransaksi jadi lebih tenang dan nyaman.

4. Hemat Biaya Merchant

Terakhir, dengan menggunakan QRIS Payment, pedagang atau bisnis tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk mesin EDC. Biaya merchant QRIS Payment relatif lebih murah dibandingkan dengan gateway pembayaran lainnya. Jadi, ini bukan hanya menguntungkan pembeli, tapi juga para penjual.

Hal Penting Sebelum Menggunakan QRIS

Meski memiliki sejumlah keunggulan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar transaksi QRIS payment nyaman dan aman. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum Kamu mulai menggunakan layanan pembayaran digital ini. Yuk, pastikan transaksi QRIS Payment-mu berjalan dengan nyaman dan aman.

1. Kompatibilitas Aplikasi Pembayaran

Pertama, pastikan bahwa aplikasi pembayaran digital yang Kamu miliki mendukung fitur QRIS. Cek versi terbaru aplikasi dan pastikan sudah menggunakan yang paling up-to-date. Hal ini penting agar kita bisa menikmati semua fitur canggih yang ditawarkan oleh QRIS.

2. Koneksi Internet yang Stabil

Selanjutnya jangan lupakan kekuatan koneksi internetmu, ya! Sebelum Kamu bertransaksi, pastikan bahwa koneksi internet di ponselmu stabil. Dengan koneksi yang baik, proses scan QR Code dan pengiriman pembayaran akan berlangsung tanpa hambatan sehingga memastikan pengalaman transaksi yang mulus.

3. Pahami Tata Cara Transaksi

Jangan ragu untuk menggali informasi tentang cara menggunakan QRIS. Baca panduan yang disediakan oleh penyedia layanan pembayaran yang digunakan. Pasalnnya, pemahaman yang baik tentang langkah-langkah transaksi akan memberikan rasa percaya diri dan menghindarkan dari kesalahan yang bisa terjadi.

4. Tingkatkan Keamanan Ponselmu

Selanjutnya, pastikan ponselmu aman dan terlindungi. Aktifkan fitur keamanan seperti PIN atau sidik jari untuk mencegah akses yang tidak diinginkan. Keamanan ponsel adalah langkah pertama dalam melindungi informasi penting Kamu selama bertransaksi dengan QRIS.

5. Cek Saldo atau Dana yang Tersedia

Sebelum melibatkan diri dalam transaksi, pastikan Kamu memiliki saldo atau dana yang cukup di dalam aplikasi pembayaran. Hal ini akan menghindari kejadian kurang menyenangkan seperti transaksi yang tidak berhasil karena kekurangan dana.

6. Simpan Bukti Transaksi Dengan Baik

Terakhir, jangan lupa menyimpan bukti transaksi dengan baik. Ini penting untuk keperluan referensi di masa depan atau sebagai langkah jaminan apabila terjadi kendala dengan transaksi. Kamu bisa memilih untuk menyimpannya secara digital atau mencetaknya sebagai bukti fisik.

Cara Transaksi QRIS Payment

Setelah mengetahui keunggulan dan beberapa hal penting terkait QRIS payment, selanjutnya kamu pasti penasaran dengan bagaimana cara melakukan transaksi menggunakan sistem QRIS ini? Ternyata cukup mudah loh! Berikut penjelasannya!

1. Membuka Aplikasi Pembayaran

Pertama, buka aplikasi pembayaran digital favoritmu, seperti DANA, LinkAja, atau yang lainnya. Pastikan aplikasi tersebut sudah terpasang di ponsel pintarmu dan siap untuk digunakan.

Langkah Mudah Transfer Uang lewat OCTO Mobile

2. Memilih Menu Pembayaran atau Top Up Saldo

Setelah membuka aplikasi pembayaran, langkah selanjutnya adalah memilih menu pembayaran atau top up saldo. Biasanya, opsi ini terletak di bagian utama atau di menu navigasi aplikasi. Kamu bisa mengaksesnya dengan mudah untuk melanjutkan proses transaksi.

3. Memilih Opsi "Bayar Pakai QRIS"

Sekarang, cari opsi yang menyediakan pembayaran dengan QRIS. Banyak aplikasi yang menandai opsi ini dengan label "Bayar Pakai QRIS" atau sejenisnya. Pilih opsi ini untuk melanjutkan proses transaksi tanpa perlu repot membawa uang cash atau kartu kredit.

4. Mengarahkan Kamera ke Kode QR

Beranjak ke langkah seru! Arahkan kamera ponselmu menuju barcode atau kode QR yang tertera di tempat pembayaran, seperti struk, meja, atau etalase merchant. Tunggu sebentar, dan biarkan sistem dengan canggihnya memindai dan mengenali kode QR tersebut.

5. Konfirmasi dan Selesai dalam Hitungan Detik

Setelah berhasil memindai kode QR, Kamu akan melihat informasi tagihan seperti nominal dan detail penerima secara otomatis muncul di layar. Periksa kembali semua informasi tersebut untuk memastikan kebenaran. Jika sudah sesuai, tidak perlu ragu untuk langsung konfirmasi pembayaran. Selanjutnya, dalam hitungan detik, dana akan langsung ditransfer, dan transaksi QRIS Payment-mu pun selesai dengan begitu cepat!


Oke, sekarang sudah bisa menggunakan QRIS untuk bertransaksi bukan? dengan langkah-langkah mudah ini, Kamu bisa merasakan betapa praktisnya bertransaksi menggunakan QRIS Payment. Tidak hanya cepat, tetapi juga aman dan efisien. Yuk, coba sendiri dan nikmati kemudahan bertransaksi di era digital ini. Selamat berbelanja dan bertransaksi, teman-teman!