-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kode Transfer Bank Antar Negara, Ini dia Kode SWIFT BANK

Konten [Tampil]

Kalilapan.com - Saat ini, untuk melakukan transaksi keuangan seperti transfer uang dari dalam negeri ke luar negeri semakin mudah.  Kode transfer bank antar negara umumnya menggunakan sistem internasional yang dikenal sebagai kode SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) atau kode IBAN (International Bank Account Number). Kode ini digunakan untuk mengidentifikasi bank di seluruh dunia ketika akan melakukan transfer antar negara. 

Kode SWIFT (BIC - Bank Identifier Code)

Kode SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication) adalah kode yang digunakan untuk mengidentifikasi bank di seluruh dunia. Kode ini juga dikenal sebagai Bank Identifier Code (BIC) karena digunakan untuk mengidentifikasi bank secara unik. SWIFT atau BIC code penting dalam proses transfer dana antar bank, terutama ketika Anda melakukan transfer antar negara.

Kode SWIFT biasanya terdiri dari 8 hingga 11 karakter alfanumerik, dan setiap bank memiliki kode SWIFT yang unik. Kode ini membantu dalam mengarahkan transfer dana ke bank yang benar, sehingga dana akan sampai pada tujuan yang tepat.

Selain mengidentifikasi bank, kode SWIFT juga dapat memberikan informasi tambahan tentang bank tertentu, seperti lokasinya dan jenis layanan yang disediakan. Kode ini sangat penting untuk memastikan bahwa transaksi keuangan internasional berjalan dengan lancar dan aman. Untuk itu, sebelum melakukan transfer antar negara, pastikan sudah memiliki kode SWIFT yang benar dari bank penerima.

Cara Membaca Kode SWIFT

Kode SWIFT memiliki struktur untuk memberikan informasi tentang bank tertentu. Dengan memahami kode SWIFT, kamu bisa mengetahui informasi umum tentang bank penerima atau pengirim dana.Berikut contoh struktur umum dari kode SWIFT

  • Pada 4 huruf pertama atau 2 huruf pertama kode ini menunjukkan nama bank atau awalan bank.

  • 2 huruf berikutnya  menunjukkan kode negara dari bank tersebut.
  • 2 huruf terakhir ata jika tidak 3 huruf terakhir menunjukkan lokasi kantor cabang dari bank tersebut.
Apa Itu Kode Transfer BANK? Ini dia penjelasannya
Sebagai contohnya, untuk kode SWIFT "CENAIDJA" memiliki arti sebagai berikut
  • "CENA" adalah kode unik untuk Bank Central Asia (BCA) di Indonesia.
  • "ID" menunjukkan Indonesia sebagai negara tempat bank ini beroperasi.
  • "JA" bisa mengacu pada lokasi kantor cabang bank ini.

Contoh Format Kode SWIFT 

Setiap bank memiliki kode SWIFT atau BIC yang unik. Untuk itu, pastikan untuk menghubungi bank atau mencarinya pada situs web resmi bank untuk mendapatkan kode SWIFT atau BIC yang benar sebelum melakukan transfer antar negara. Berikut adalah contoh format kode SWIFT atau BIC.

  1. BCA (Bank Central Asia) Indonesia: CENAIDJA
  2. BRI (Bank Rakyat Indonesia) Indonesia: BRINIDJA
  3. Bank of America (AS): BOFAUS3N
  4. HSBC (Hong Kong): HSBCHKHH
  5. Deutsche Bank (Jerman): DEUTDEFF

Kode IBAN (International Bank Account Number):

Kode IBAN (International Bank Account Number) merupakan sebuah standar internasional yang digunakan untuk mengidentifikasi secara unik nomor rekening bank di berbagai negara. IBAN digunakan oleh negara-negara Eropa dan beberapa negara lainnya di luar Eropa sebagai cara untuk mempermudah dan memvalidasi transfer dana antar bank dalam transaksi internasional.

IBAN biasanya terdiri dari sejumlah karakter alfanumerik yang panjangnya bervariasi, tergantung pada negara yang menggunakannya. Kode ini mencakup informasi tentang negara asal rekening bank, nomor identifikasi bank, dan nomor rekening pelanggan. Dengan menggunakan IBAN, resiko kesalahan dalam transfer dana dapat diminimalkan, karena formatnya standar dan lebih mudah untuk diverifikasi.

Saat melakukan transfer internasional, kamu akan diminta untuk menyertakan IBAN penerima dengan menyertakan kode SWIFT atau BIC bank penerima. IBAN memberikan informasi yang lebih rinci tentang rekening bank, sehingga memastikan dana yang ditransfer mencapai tujuan yang benar.

Informasi yang dipersiapkan untuk Transfer Antar Negara

Untuk melakukan transfer bank antar negara, kamu harus mempersiapkan beberapa informasi berikut ini.

  1. Kode SWIFT bank penerima.
  2. Kode IBAN rekening penerima (jika berlaku).
  3. Nama dan alamat lengkap bank penerima.
  4. Nama penerima dan nomor rekening.
  5. Nomor rekening Anda sendiri.
  6. Jumlah uang yang akan ditransfer.

 Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri

Oke, apakah kamu perlu mengirimkan uang ke luar negeri? Mungkin untuk membantu keluarga di luar negeri, membayar biaya pendidikan di luar negeri, atau bahkan berlibur ke destinasi impian. Untuk mentransfer uang ke luar negeri bisa jadi lebih mudah dari yang dipikirkan loh. alam artikel ini, kita akan membahas  Mari kita simak cara melakukannya!

Inilah Kode transfer Bank BCA Yang wajib digunakan..

1. Pilih Metode Transfer yang Tepat

Langkah pertama dalam proses transfer uang ke luar negeri adalah dengan memilih metode yang tepat. Dalam hal ini, terdapat beberapa opsi yang bisa kamu pilih, seperti transfer bank, layanan pembayaran online, atau bahkan transfer uang tunai. 

Jangan lupa, pastikan untuk membandingkan biaya dan kurs mata uang antara metode yang berbeda sebelum membuat keputusan. Pasalnya, terkadang beberapa layanan online akan menawarkan kurs mata uang yang lebih baik daripada bank.

2. Daftarkan Diri dengan Penyedia Layanan

Jika kamu memilih layanan pembayaran online, langkah selanjutnya adalah dengan mendaftar pada platform tersebut. Proses pendaftaran biasanya mudah dan cepat. 

Kamu hanya perlu memberikan informasi dasar seperti nama, alamat, dan nomor rekening bank. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat agar tidak ada masalah nantinya.

3. Verifikasi Identitasmu

Keamanan menjadi hal yang penting dalam transfer uang ke luar negeri. Oleh karena itu, penyedia layanan akan meminta verifikasi identitas. Biasanya, mereka akan meminta salinan dokumen identitas seperti paspor atau KTP. Proses ini sangat penting untuk melindungi dan memastikan dana yang kamu kirimkan sampai pada tujuan yang benar.

4. Masukkan Detail Penerima

Setelah mendaftar dan verifikasi identitas, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan detail penerima. Ini termasuk nama lengkap penerima, alamatnya, nomor rekening bank (jika transfer bank), dan informasi lain yang diperlukan. Jangan lupa untuk memastikan semua informasi yang digunakan benar, agar tidak terjadi masalah atau gangguan dalam proses transfer.

5. Lakukan Transfer dan Pantau Prosesnya

Setelah semuanya siap, kamu bisa melakukan transfer. Jangan lupa untuk memantau prosesnya. Beberapa layanan online akan memberikan nomor pelacakan atau pemberitahuan saat dana sudah diterima oleh penerima. Hal ini akan memberikan rasa nyaman dan memastikan uangmu berada di tangan yang tepat.

Jadi, mengirim uang ke luar negeri tidak rumit bukan? Dengan mengetahui Kode dan langkah-langkah Transfer Antar Bank, kamu bisa dengan mudah melakukan transfer uang ke luar Negeri. 

Pastikan untuk memeriksa dengan teliti semua informasi yang diperlukan dan mengikuti panduan yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan yang digunakan untuk melakukan transfer, karena prosedur dan persyaratan bisa berbeda dari satu bank ke bank lainnya.

Semoga sukses!