-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Google Slides dan Fungsinya.

Konten [Tampil]

Hai, penunjung setia kalilapan! Apakah kalian sudah pernah mendengar salah satu produk google yang dapat digunakan untuk membuat presentasi online.

Pasti pernahkah kamu merasa kesulitan saat harus membuat presentasi bersama teman-temanmu? Apalagi jika kalian harus berkolaborasi dari jarak jauh. 

Nah, kali ini saya akan memperkenalkan kepadamu solusi serba guna untuk kebutuhan presentasimu, yaitu Google Slides!

Apa Itu Google Slides

Apa Itu Google Slides
Jadi, apa sebenarnya Google Slides? Google Slides adalah layanan dari Google yang berupa aplikasi untuk membuat bahan presentasi, seperti yang biasa kita kenal dengan Microsoft PowerPoint. Namun, bedanya adalah Google Slides memungkinkan kamu dan teman-temanmu membuat slide presentasi secara online, secara bersama-sama!

Artinya, kalian bisa bekerja bersama dalam satu slide presentasi tanpa harus bertemu di satu tempat. Bagaimana cara kerjanya? Simpel! Kamu hanya perlu mengakses Google Slides dan mulai membuat presentasi. Kamu juga bisa membagikan link atau mengundang teman-temanmu untuk ikut berkontribusi.

Fitur Unggulan Google Slides

Apa Itu Google Slides dan Fungsi

Google Slides tidak hanya sekadar alat presentasi biasa, melainkan sebuah platform yang penuh dengan fitur unggulan yang memukau. Salah satu keistimewaannya adalah kemampuannya untuk mengonversi presentasi dari format PowerPoint dengan mudah. Tak hanya itu, Google Slides juga menyediakan beragam format penyimpanan termasuk PPT, memastikan bahwa dokumenmu dapat diakses dengan nyaman. 

Bahkan tanpa koneksi internet, hasil editanmu akan tetap tersimpan dan disinkronkan saat kembali terhubung. 

Tak lupa, berbagai template menarik juga siap mempercantik presentasimu, menjadikannya lebih profesional dan menarik bagi para pemirsa. Inilah sebagian kecil dari fitur-fitur unggulan yang membuat Google Slides menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin membuat presentasi yang luar biasa.

Ada beberapa fitur unggulan yang membuat Google Slides begitu memikat, di antaranya adalah:

  1. Konversi PowerPoint, Dengan fitur ini kamu tidak perlu repot- repot, Google Slides bisa mengonversi file PowerPoint menjadi dokumen Google Slides dengan mudah. Cukup unggah file-nya ke Google Drive.
  2. Berbagai Format,  ya...  Benar sekali Google Slides mendukung berbagai format termasuk PPT, sehingga kamu bisa bekerja dengan nyaman tanpa harus khawatir akan kompatibilitas format.
  3. Edit Offline, Tak perlu khawatir jika koneksi internet terputus. Semua hasil editan akan tetap tersimpan dan akan disinkronisasikan saat kembali terhubung dengan jaringan internet.
  4. Template Beragam, Google Slides menawarkan beragam template yang akan membuat presentasimu semakin menarik dan profesional.

Kelebihan Google Slides

Selain fitur-fitur unggulannya, Google Slides juga memiliki kelebihan lain yang tidak bisa diabaikan. Pertama-tama, kamu bisa melakukan kolaborasi secara real-time dengan teman-temanmu. Rasakan sensasi rapat online sambil mengedit slide presentasi bersama!

Tak hanya itu, setiap anggota kelompokmu dapat melacak hasil editing yang telah dilakukan. Ini berarti tidak akan ada kebingungan mengenai siapa yang melakukan perubahan apa.

Yang terpenting, Google Slides menyediakan semua layanannya secara gratis untuk seluruh penggunanya. Hanya dengan memiliki akun Google, kamu sudah bisa memanfaatkan Google Slides untuk membuat bahan presentasi.

Cara berbicara dengan google

Cara Menggunakan Google Slides

Apakah kamu sering merasa cemas atau bingung ketika harus membuat presentasi? Terutama jika kolaborasi dengan teman-temanmu dari kejauhan merupakan kebutuhan. Jangan khawatir, karena ada solusi yang tepat untukmu.

Google Slides! Sebuah alat keren yang akan memudahkanmu dalam proses pembuatan materi presentasi. 

Mari kita eksplorasi bersama cara sederhana dan menyenangkan untuk memanfaatkan keunggulan Google Slides. Dalam panduan ini, saya akan memandu langkah demi langkah, sehingga kamu bisa memulai perjalanan produktifmu dalam dunia presentasi yang memukau

Nah, sekarang bagaimana cara menggunakannya? Begini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Slides atau akses versi webnya.
  • Pilih opsi "Blank" jika ingin membuat file baru.
  • Mulai tambahkan berbagai elemen seperti dokumen, peta, gambar, teks, video, dan lainnya.
  • Atur susunan tiap slide dan tambahkan animasi atau transisi jika diperlukan.
  • File akan tersimpan secara otomatis selama kamu terhubung ke internet.
  • Jika ingin berbagi dengan anggota kelompokmu, klik "Share" atau "Bagikan" dan atur hak akses sesuai kebutuhan.

Simpel, bukan?

Sekarang, kamu dan teman-temanmu bisa lebih mudah dan menyenangkan dalam membuat presentasi. Jadi, tunggu apalagi? Mulailah berkreasi dengan Google Slides sekarang juga!