-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Link Google Drive agar Bisa Diakses Semua Orang

Konten [Tampil]

Cara membuat link google drive - Apakah Anda pernah merasa kesulitan dalam membagikan file berukuran besar kepada teman, keluarga, atau rekan kerja?

Google Drive adalah solusi yang tepat untuk masalah ini. Dengan Google Drive, Anda dapat membuat tautan berbagi yang memungkinkan siapa pun untuk mengakses dan mengunduh file tersebut. 

Dalam artikel ini, kalilapan.com akan membahas langkah-langkah detail tentang cara membuat tautan Google Drive yang dapat diakses oleh semua orang.

Login ke Akun Google

cara membuat link google drive

Langkah pertama adalah memastikan kalian telah masuk ke akun Google menggunakan Gmail. Jika belum memiliki akun, maka dapat membuatnya dengan mudah melalui situs resmi Google. Pastikan mengingat detail masuk untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Akses Google Drive

Cara Membuat Link Google Drive

Setelah berhasil Login ke akun Google, akseslah layanan Google Drive dengan mengklik ikon "Drive" di pojok kanan atas layar. 

Ini akan membawa , Kalian ke beranda Google Drive, di mana pengguna dapat mengelola semua file dan folder.

Pilih Berkas yang Ingin Dibagikan

Link Google Drive agar Bisa Diakses Semua Orang

Di Google Drive, temukan dan pilih berkas yang ingin bagikan menggunakan link. Kalian dapat melakukan ini dengan menjelajahi folder atau menggunakan fitur pencarian untuk menemukan berkas tertentu.

Bagikan Berkas Melalui Email

cara link google drive

Untuk berbagi berkas ke seseorang atau pengguna lain, pilih berkas tersebut dan klik kanan. Pilih opsi "Bagikan" dari menu yang muncul. Kalian akan diberikan opsi untuk memasukkan alamat email penerima.
Cara Membuat Link Google Drive

Silahkan masukan alamat email penerima Link google drive kamu, Berikutnya klik "Selesai"

Berbagi dengan Pengguna Kantor atau Sekolah

Jika kalian menggunakan akun kantor atau sekolah, Google Drive memungkinkan Anda untuk berbagi dengan pengguna lain di dalam domain yang sama. Anda hanya perlu memasukkan sebagian awal alamat email mereka, dan opsi penerima akan muncul.

Mengatur Opsi Berbagi

Saat membagikan tautan, pengguna memiliki beberapa opsi pengaturan sehingga bisat memilih apakah penerima hanya dapat melihat berkas atau juga mengeditnya. Pastikan menentukan opsi yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips: Menonaktifkan Opsi Penerima yang Disarankan

Jika kamu ingin lebih banyak kendali atas siapa yang dapat melihat berkas, maka bisa menonaktifkan opsi penerima yang disarankan oleh Google. Ini dapat dilakukan melalui pengaturan akun Google Drive kamu.

Mengenal Google Foto dan Kelebihannya

Cara Alternatif Membuat Link Google Drive

Selain mengirim email undangan, pengguna juga dapat membuat tautan langsung ke berkas. Caranya adalah dengan mengklik kanan berkas, maka kalian akan melihat tampilan seperti dibawah.

Cara membuat link file di Google drive

Kemudian memilih opsi "Bagikan" > "Dapatkan tautan". 

Lanjutkan langkahnya dengan Memilih "Salin Link Responden".


Jadi, pengguna dapat menggunakan tautan ini untuk berbagi di platform lain seperti media sosial atau Whatsapp, Link Unduhan di Website dan lain sebagainya.

Tips dan Informasi Membuat Link Google Drive

1. Kelebihan Berbagi Melalui Link Google Drive

Membagikan melalui tautan Google Drive memiliki beberapa kelebihan. Penggunanya tidak perlu mengunggah berkas terlampir, yang dapat menghemat ruang pada kotak masuk penerima. Selain itu, Anda dapat menghindari masalah ukuran berkas terlalu besar saat mengirim melalui email.

2. Keamanan dan Batasan Tautan Berbagi

Meskipun tautan berbagi Link download Google Drive nyaman, penting untuk memahami bahwa siapa pun yang memiliki tautan tersebut dapat mengakses berkas. Hindari membagikan tautan secara publik jika berkas berisi informasi sensitif.

3. Pembaruan dan Perpanjangan Tautan Berbagi

Anda dapat mengatur tautan berbagi agar memiliki tanggal kedaluwarsa. Jika Anda ingin membatasi akses setelah periode tertentu, fitur ini sangat berguna. Anda juga dapat memperbarui tautan jika Anda ingin memperpanjang akses.

4. Menghapus Akses Berbagi

Kapan pun kalian mau, maka dapat mencabut akses berbagi ke berkas tersebut. Ini bisa dilakukan dengan mengubah pengaturan tautan berbagi atau dengan menghapus tautan sepenuhnya.

5. Menyusun Folder dengan Tautan Berbagi

Jika Anda memiliki beberapa berkas terkait yang ingin Anda bagikan bersama, pertimbangkan untuk menyusun folder di Google Drive dan berbagi tautan folder tersebut. Ini akan memudahkan penerima dalam mengakses semua berkas terkait.

6. Membuka Tautan dan Mengunduh Berkas

Penerima tautan dapat dengan mudah mengklik tautan tersebut dan mengakses berkas di browser mereka. Mereka juga dapat memilih untuk mengunduh berkas ke perangkat mereka jika diperlukan.

7. Tautan Berbagi dan Ketersediaan File

Pastikan bahwa berkas yang Anda bagikan melalui tautan tetap tersedia di Google Drive Anda. Jika berkas dihapus atau izin akses dicabut, tautan tersebut tidak akan berfungsi.

Mengatasi Google Chrome tidak Bisa update

Ringkasan Cara Membuat Link Download Google drive

Untuk merangkum, proses berbagi berkas melalui tautan Google Drive melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Login ke akun Google.
  • Akses layanan Google Drive.
  • Pilih berkas yang ingin dibagikan.
  • Bagikan berkas melalui email atau tautan.
  • Atur pengaturan berbagi sesuai kebutuhan kalian.

Dengan menggunakan Google Drive, membagikan berkas dengan orang lain menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Dengan mengikuti langkah-langkah dalam panduan ini,siapapun bisa membuat tautan berbagi yang memungkinkan semua orang mengakses dan mengunduh berkas dengan cepat dan efisien. Namun pastikan untuk selalu memperhatikan keamanan berkas dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Google Drive untuk pengalaman berbagi yang lebih baik.