-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Auto Update Android Terlengkap

Konten [Tampil]

Kalilapan.com - Tidak sedikit pengguna merasa terganggu dengan update otomatis Aplikasi yang terpasang pada perangkat Androidnya. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mematikan auto update Android kalian, memberikan lebih banyak kendali atas pembaruan aplikasi yang terpasang pada smartphone.

Sebenarnya bagus, dengan pembaruan aplikasi maka kalian akan mendapatkan beberabagi fitur yang terkait dari Apps tersebut. Bukan hanya itu saja, bahkan dalam urusan kemanan dan aspek lain cukup penting.

Disnilah anda juga perlu mempertimbangkan tetap update. Namun, dengan kendali pemilik smartphone , maka bisa tetap memilih beberapa apliasi yang bisa di update sesuai keinginan.

Mengapa Mematikan Auto Update Android Penting?

Sebelum kita membahas cara menonaktifkan auto update aplikasi android , penting untuk memahami mengapa itu penting. Meskipun pembaruan aplikasi membawa fitur baru dan peningkatan keamanan, terkadang pembaruan ini dapat mengganggu aktivitas dan menggunakan kuota data yang berharga.

Mematikan fitur auto update pada perangkat Android memiliki sejumlah alasan penting yang perlu pertimbangkan. 

Pertama-tama, mematikan auto update dapat membantu pengguna menghemat kuota data. Terkadang, pembaruan aplikasi yang dilakukan secara otomatis dapat menghabiskan sejumlah besar kuota data tanpa pemberitahuan, mengakibatkan biaya tambahan atau bahkan batasan penggunaan data. 

Jadi Dengan mengambil kendali atas pembaruan ini, maka kalian bisa memastikan kuota data aman. 

Selain itu, mematikan fitur auto update juga menghindari gangguan yang tidak diinginkan. Terkadang, pembaruan aplikasi dapat terjadi pada saat yang kurang tepat, seperti saat sedang menggunakan perangkat untuk keperluan penting atau sedang dalam kondisi terbatas. Dengan mematikan update otomatis maka kalian dapat menghindari gangguan yang dapat mengganggu aktivitas.

Terakhir, dengan menonaktifkan Aplikasi update otomatis, pengguna memiliki kendali lebih besar smartphonenya. 

Kalian bisa pilih memperbarui aplikasi secara manual pada waktu yang lebih sesuai dengan jadwal kalian. Hal ini juga memberikan kesempatan untuk membaca ulasan tentang pembaruan aplikasi sebelum menginstalnya, sehingga menghindari masalah atau masalah yang mungkin muncul setelah pembaruan dilakukan.

Cara Mematikan Auto Update pada Android

Cara Mematikan Auto Update Android

Apakah Anda pernah merasa kesal karena tiba-tiba perangkat Android kalian melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis? 

Tidak jarang, pembaruan otomatis ini bisa mengganggu aktivitas atau bahkan menghabiskan kuota  seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Untungnya, kalian tidak perlu merasa terjebak dalam situasi ini karena kalian bisa mengetahui cara mematikan fitur auto update di hp Android Anda.

Melalui tutorial dibawah, maka kalian akan dapat menyesuaikan pembaruan aplikasi sesuai keinginan sendiri. Jadi, mari kita mulai dan pelajari bagaimana cara menonaktifkan auto update pada perangkat Android:

Download Game Simulasi Kehidupan

1. Melalui Google Play Store

Melalui Google Play Store, disana kalian bisa secara mudah mengendalikan pembaruan otomatis alikasi yang terpasang pada smartphone. Carannya sangat sederhana. Silahkan ikuti panduannya. maka berhasil menonaktifkan auto update aplikasi . 

  • Buka Google Play Store di perangkat Anda.
  • Ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.
  • Gulir ke bawah dan pilih "Pengaturan."
  • Pilih "Auto-update apps."
  • Pilih opsi "Tidak ada" untuk menonaktifkan pembaruan otomatis.

2. Menonaktifkan Update otomatis Melalui Pengaturan Hp

Sama halnya dengan cara di atas, langkah ini juga bukan suatu hal yang ekstream sehingga memerlukan akses root sistem. Kalian cukup menonaktifkanya melalui setting smartphone.

  • Buka "Pengaturan" pada perangkat Android Anda.
  • Gulir dan pilih "Sistem" > "Pembaruan Sistem."
  • Pilih "Pembaruan Aplikasi Google Play."
  • Pilih "Pengaturan unduhan otomatis" dan pilih opsi "Tidak ada."

Dengan demikian, kini akan memiliki lebih banyak kendali update aplikasi yang ada di perangkat Android.

Meskipun mematikan auto update dapat membantu menghemat kuota data, penting untuk tetap mengelola pembaruan aplikasi dengan bijak. Pastikan lakukan secara manual memperbarui aplikasi yang penting untuk menjaga keamanan dan kinerja perangkat.

Download Aplikasi Sakura School

Kesimpulan

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan cara mematikan auto update Android kalian. Meskipun menonaktifkan fitur ini memiliki manfaat, pertimbangkan risiko dan kebutuhan pembaruan keamanan sebelum mengambil keputusan. Dengan mengelola pembaruan aplikasi secara manual, hal ini dapat lebih bijaksana dalam menggunakan kuota data dan menghindari gangguan yang tidak diinginkan.