-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Manfaat dan Strategi Sosial Media Marketing Untuk Bisnis

Konten [Tampil]

Saat ini, ada berbagai macam jenis atau modal marketing yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah sosial media marketing. Sosial media marketing menjadi salah satu jenis marketing yang cukup digemari dan banyak dipilih oleh para pengusaha atau pebisnis. Hal ini karena mengingat angka pengguna sosial media yang terus meningkat dari waktu ke waktu. 

Sederhananya, sosial media marketing ini merupakan marketing atau pemasaran yang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya. Dan untuk saat ini, nyaris semua perusahaan sudah memanfaatkan sosial media sebagai wadah pemasaran. Karena dianggap jauh lebih menguntungkan dan lebih efisien apabila dibandingkan dengan konvensional. Beberapa hal penting terkait sosial media marketing akan dijelaskan di bawah ini.

Sosial media marketing

Pengertian sosial media marketing

Jika diartikan secara sederhana, maka sosial media marketing ialah proses pemasaran dengan menggunakan media sosial. Seperti menggunakan facebook, Twitter, dan Instagram. Hanya saja, jika mengacu kepada Hubspot, mereka menyatakan bahwa sosial media marketing ini merupakan sebuah aksi dalam pembuatan konten. Dengan pembuatan konten yang menarik, tentu akan membuat banyak orang tertarik. Jadi, ketika sedang berselancar di media sosial, dan kamu menemukan adanya penawaran berbagai produk, maka aktivitas ini termasuk salah satu bagian dari sosial media marketing. 

Pengertian lainnya adalah proses untuk menarik perhatian banyak orang supaya orang lain merasa terikat dengan apa yang sudah kamu buat. Karena jika telah terikat, pasti kemungkinan besarnya konten tersebut akan dibagikan secara lebih luas dan akan menjadi lebih besar. Sehingga bisa menemukan pelanggan dalam jumlah yang lebih banyak. 

Pentingnya sosial media marketing

Jika saat ini kamu masih menggunakan marketing konvensional, tentu akan bertanya-tanya, apakah beralih ke sosial media marketing penting? Apa manfaatnya? 

Berdasarkan data yang ada, telah disebutkan bahwa ternyata ada lebih dari 3,2 milliar manusia di seluruh dunia menggunakan media sosial. Dan tentu, hasil penelitian ini menjadi sangat menarik bagi siapapun, terlebih lagi bagi para pebisnis. Hal ini juga menjadi bukti, bahwa media sosial sangat-sangat digandrungi oleh masyarakat luas. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai proses marketing, maka ada berbagai keunggulan dan manfaat yang akan kemu temukan. Di bawah ini daftar manfaat sosial media marketing.

1. Meningkatkan feedback produk dan strategi pemasaran

"Kenapa sih harus menggunakan media sosial?"

Jawabannya sederhana, karena sosial media marketing mempunyai peranan dalam meningkatkan feedback produk dan strategi pemasaran bisnis kamu. Dan ini merupakan efek langsung yang akan kamu temukan. Jika produk dari bisnis kamu sudah mulai diakui eksistensinya, maka produk kamu akan terus menjadi perbincangan, dan kamu akan melihat langsung bagaimana feedbacnya, seperti adanya aktivitas like dan komentar pada akun media sosial yang kamu tawarkan. 

2. Meningkatkan brand awareness

Peranan yang kedua ialah meningkatkan brand awareness. Kenapa hal ini bisa terjadi? 

Karena produk akan terus diakui jika sering diunggah di media sosial. Hal ini karena masyarakat perlahan-lahan menaruh perhatiannya. Awalnya mungkin mereka hanya ingin lihat-lihat saja, namun apabila diungguh secara terus menerus, maka mereka akan merasa penasaran dengan produk tersebut. 

Strategi sosial media marketing

Setelah mengetahui peranannya, maka selanjutnya kamu bisa mempelajari strategi dalam memulai model marketing ini. Nah, ketika kamu berminat melaksanakan model bisnis ini, ada beberapa strategi yang dapat kamu coba. Seperti mempelajari seleranya para audiens, menentukan platform yang akan kamu pilih di awal, menciptakan konten-konten yang menarik, menentukan jadwal posting konten, dan terakhir evaluasi.

keseluruhan strategi tersebut harus benar-benar bisa kamu pikirkan dengan matang. Karena memang bisa menjadi tolak ukur dan penunjang apakah bisnis kamu bisa berkembang atau tidak ke depannya. Kamu bisa mempelajari keempat strategi tersebut dengan baik dan benar ya. Agar hasilnya bisa maksimal. 

Baca: Cara mendapatkan uang dari media sosial

Demikian beberapa hal tentang sosial media marketing yang memang harus kamu pelajari secara mendalam. Yuk segera pelajari dan dalami strategi sosial media marketing. Semoga bermanfaat.