-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Trading Koin Crypto Supaya Profit (Untung)

Konten [Tampil]

Belakangan, istilah kripto kerap menjadi perbincangan publik. Hal ini akhirnya membuat banyak orang ingin bermain trading bitcoin di Cryptocurrency. Hanya saja, sebelum benar-benar terjun dan bermain trading, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui bagaimana cara trading asset kripto supaya profit. 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka akun terlebih dahulu, kemudian lakukan proses KYC. Jika sudah, lakukan deposit ke akun kamu yang tadi sudah kamu daftarkan. Dan selanjutnya, kamu bisa mengikuti beberapa cara trading asset kripto supaya profit berikut.

Cara trading agar profit

Cara trading asset kripto agar profit

Saat ini, sudah ada banyak sekali cara untuk mendapatkan keuntungan saat bermain trading asset kripto. Tentu, agar benar-benar mendapatkan keuntungan atau profit, kamu meski melakukan beberapa strategi trading yang baik, benar, dan tepat. Ada apa saja caranya? Simak penjelasannya berikut.

1. Arbitrage trading

Sederhananya seperti ini. Misal, kamu melakukan pembelian bitcoin di Tokocrypto yang harganya adalah Rp.50.000.000, kemudian kamu melakukan penjualan ke bursa yang lain seharga Rp.57.000.000. Dalam hal ini, kamu pasti akan memperoleh keuntungan sebesar Rp.7.000.000 yakni dengan melakukan arbitrage trading

Jadi, yang dimaksud dengan arbitrage trading adalah menjual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang sudah kamu beli. Namun, sebelum menjual dan menetapkan harga, kamu meski memperhitungkan juga biaya transfernya. Karena biasanya, tiap bursa pasti menetapkan biaya transfer yang berbeda-beda. 

Jika kita artikan secara kompleks, maka Arbitrage merupakan  proses pembelian dan penjualan asset yang dilakukan secara bersamaan di market yang berbeda. tujuannya adalah untuk memperoleh keuntungan dari adanya ketidakseimbangan harga. Dan cara ini kerap dilakukan demi menemukan perbedaan harga asset sama tapi dijual di market yang berbeda. 

2. Menentukan Harga Jual dan Beli

Cara trading asset kripto supaya profit yang kedua adalah dengan menentukan terlebih dahulu harga jual dan harga beli bitcoinnya. Selama ini, para trader kerap menerapkan prinsip, beli dengan harga murah, kemudian jual dengan harga yang mahal. Jadi, cara satu ini tidak begitu jauh dengan cara yang pertama. 

3. HODL

Cara satu ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan keuntungan. Sistem kerjanya sederhana. Yakni dengan membeli sebuah coin, kemudian simpan sampai harganya mencapai harga tertinggi atau whale. Jika sudah demikian, kamu bisa menjualnya. Tentu, dengan cara satu ini, kamu bisa memperoleh keuntungan yang sangat banyak. Jadi, kuncinya adalah dengan membeli sebuah coin crypto lalu menyimpannya sampai harga coin tersebut naik.

4. Day Trading

Cara satu ini sangat cocok untuk kamu yang hanya ingin memanfaatkan trading jangka pendek saja demi memperoleh keuntungan. Ketika melakukan cara ini, kamu hanya perlu membuka dan menutup posisi satu trading pada hari yang sama dengan tidak bermalam pada posisi yang sama saat perdagangannya sudah ditutup. Karena biasanya, trader yang melakukan banyak perdagangan dalam sehari akan langsung menutup penawaran-penawarannya sebelum pasar atau marketnya tutup. 

Adapun manfaat dari day trading ini ialah peningkatan leverage, berpotensi mendapatkan pengembalian yang tinggi, hingga mengurangi risiko jika market mengalami pergerakan secara tiba-tiba di luar jam perdagangan. 

Untuk melakukan cara satu ini, kamu meski siap dengan segala risiko. Karena bagi banyak orang, memang cara ini sangat menguntungkan. Namun bagi sebagian yang lainnya justru sangat menegangkan, dan memberikan risiko yang tinggi. Sehingga, cara trading asset kripto supaya profit satu ini sangat disarankan untuk yang sudah lama bermain trading. Bukan untuk pemula.  

5. Mengatur Limit Jual dan Beli di Bursa

Supaya kamu tidak sampai kelewatan membeli dan menjual dengan harga yang pas, ada baiknya jika kamu memanfaatkan fitur yang ada di bursa, misalnya adalah Spot Market. Di mana, crypto Fellasnya dapat mengatur harga jual dan harga beli sesuai dengan yang diinginkan oleh Crypto Fellas di bursa kesayangannya.

6. Scalping

Cara ini kerap disebut dengan micro trading. Trading satu ini merupakan strategi yang mengambil atau memanfaatkan pergerakan yang sedikit, dan lebih mudah jika dibandingkan dengan menunggu kesempatan yang besar. Cara Scalping ini akan fokus pada eksploitasi gerakan-gerakan kecil yang terjadi berulang-ulang. 

Sesuai dengan namanya, micro trading. Sehingga, cara ini akan sangat menguntungkan bagi siapapun, terutama ketika ada inefisiensi pasar secara berulang, dan pedagang bisa mengeksploitasinya. Meskipun terlihat sederhana, tapi sebenarnya cara satu ini tidak sesederhana yang terlihat. Karena merupakan cara satu strategi perdagangan yang tergolong canggih. Sehingga, sangat tidak direkomendasikan bagi kamu yang masih pemula. Bukan hanya itu saja, seorang trader yang ingin melakukan cara ini juga meski mempunyai pemahaman yang baik dan mendalam tentang mekanisme pasar.

Baca: Waktu terbaik untuk membeli saham

Dari beberapa penjelasan di atas, mungkin sudah ada beberapa cara trading asset kripto supaya profit yang kamu terapkan. Selain cara di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.