-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Saham Blue Chip Terbaik Saat Ini

Konten [Tampil]

Saham blue chip adalah salah satu saham yang sangat cocok dimainkan oleh kaum pemula yang baru mengenal dan ingin terjun ke dunia investasi. Hal ini karena saham blue chip digadang-gadang sebagai saham yang  tergolong sangat bagus. Mungkin, hal inilah yang menjadikan banyak broker menyarankan pemula untuk bermain di Saham Blue Chip.

Selain itu, saham blue chip juga terbilang jauh lebih aman jika dibandingkan dengan saham kripto. Salah satu alasan kepopuleran saham blue chip adalah karena banyak perusahaan-perusahaan besar ternama di Indonesia di dalamnya. Hal ini akhirnya membuat saham ini kian diminati banyak orang. Untuk saat ini, sudah banyak sekali saham blue chip yang terdaftar di Bursa efek Indonesia. Di bawah adalah saham blue chip terbaik yang kami rekomendasikan. 

Saham blue chip terbaik

Saham Blue Chip Terbaik  

1. BBRI (Bank Rakyat Indonesia)

Saham blue chip terbaik yang pertama adalah BBRI. Peminat saham di BBRI terbilang sangat banyak, dikarenakan performa sahamnya yang sangat baik. Bahkan, beberapa bulan lalu BBRI mempunyai kapitalisasi pasar yang sangat bagus, yakni sebesar Rp. 372,32 Triliun. Sementara yang beredar adalah 123.345.810. Bagusnya performa dari BBRI ini tidak bisa lepas dari komitmen mereka dalam memberikan pinjaman ke berbagai macam UMKM. 

2. BBCA (Bank Central Asia)

Saham blue chip terbaik kedua adalah BBCA. Hingga saat ini, Bank Central Asia menjadi salah satu bank swasta yang paling besar se-Indonesia. Karena mereka mempunyai jaringan yang sangat baik. Jaringan inilah yang membuat jumlah nasabahnya terus meningkat. Bahkan saat ini sudah mencapai angka jutaan. Bank Central Asia ini dikelola dengan sangat baik dan efisien. Hal ini bisa dilihat di Return On Asset atau ROA. Di mana, BCA menjadi perusahaan paling tinggi jika dibandingkan dengan bank lain. Bukan hanya itu saja, BCA bahkan mempunyai tingkat kredit macet yang sangat rendah.

3. TLKM (Telekomunikasi Indonesia)

Yang berikutnya adalah TLKM. Perusahaan ini juga merupakan salah satu perusahaan jasa terbesar di Indonesia di bidang jasa telekomunikasi. Menariknya, ia juga termasuk salah satu daftar saham blue chip terbaik. Kapasitas pasar saham Telekomunikasi ini mencatat Rp. 213.04 Triliun. Sementara jumlah sahamnya yang ada di bursa efek adalah Rp. 99.062.216. 

Perusahaan ini menjadi perusahaan yang bisa bertahan meskipun kondisi ekonomi di Indonesia tergolong terpuruk atau anjlok. Karena mereka terus konsisten hingga kerap memperoleh keuntungan tiap tahunnya. 

Perusahaan Telekomunikasi mempunyai ROE yang tumbuh terus menerus. Bahkan angkanya sudah mencapai 22.03%. Menariknya, perusahaan Telkom ini kerap memberikan deviden setiap tahun kepada pemegang saham. Dan hal ini bisa dijadikan sebagai indikator bahwa perusahaan Telkom mempunyai performa yang sangat baik. Dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang, perusahaan Telkom menjadi salah satu saham blue chip yang paling populer.

4. UNVR (Unilever Indonesia)

Jika ingin berinvestasi di Unilever, kamu bisa menuliskan kode UNVR. Tahun ini, perusahaan Unilever masuk ke dalam salah satu saham blue chip terbaik. Sampai saat ini, Unilever menjadi perusahaan customer good yang terbesar se-Indonesia. Hal ini karena mereka mempunyai banyak sekali produk dengan brand-brand ternama. Bahkan nyaris seluruh masyarakat Indonesia menggunakan produk dari Unilever ini. Mulai dari tahun 2014 perusahaan besar ini mempunyai ROA yang berada di angka sangat tinggi, yakni di atas 100%. Hal ini menandakan bahwa tiap 1 rupiah, pemegang saham bisa memperoleh profit lebih dari sekali modal. Saking besarnya, perusahaan ini nyaris tidak memiliki hutang. 

5. ICBP (PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk)

Saham blue chip terbaik selanjutnya adalah PT. Indofood. Kode perusahaan satu ini adalah ICBP. PT. Indofood merupakan perusahaan yang mengeluarkan produk sejuta umat, seperti mie instan. Pertumbuhan penghasilan mereka terus berkembang dari tahun ke tahun. Untuk perolehan ROA nya juga sangat tinggi. Di mana perolehan laba mereka berada sangat jauh di atas rata-rata saham yang bergerak pada industri makanan. Saham blue chip di ICBP tentu akan sangat aman kamu pilih dan dijamin akan mengalami peningkatan. Karena memang brand ini sudah sangat terkenal dan terpercaya sejak dulu.

6. BMRI (Bank Mandiri)

Saham blue chip terbaik selanjutnya adalah Bank Mandiri. Saham di Bank Mandiri terbilang sangat-sangat stabil. Dikarenakan laba mereka terus mengalami pertumbuhan. Bahkan, mereka memiliki kredit yang seimbang. Dan hingga kini, Bank Mandiri telah mendapatkan banyak kepercayaan dari para investor.

Baca: Waktu terbaik membeli saham

Di atas adalah beberapa saham blue chip terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Tapi kamu tetap harus ingat, bahwasanya investasi saham pasti mempunyai risiko. Maka untuk mengatasinya, kamu meski mempunyai tabungan, baik tabungan yang biasa ataupun deposito. 

Sebelum terjun ke dunia investasi saham, ada baiknya jika kamu mempelajari saham dengan baik terlebih dahulu. Mulai dari istilah-istilahnya, teknik analisa sahamnya, hingga kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencari tahu reputasi perusahaan yang akan kamu pilih. Jika kamu memilih perusahaan-perusahaan di atas, tentu reputasinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Sehingga sangat aman untuk kamu pilih. Sekian pembahasan seputar saham blue chip terbaik. Semoga bermanfaat.