Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membeli Saham Bagi Pemula

Cara Mudah Membeli Saham Bagi Pemula - Kini, Anda sudah bisa membeli saham secara online. Dengan demikian, terlihat sekali bahwa Anda bahkan bisa berinvestasi dari rumah, selain hemat waktu, beli saham online juga lebih murah dan prosesnya sangat cepat. Sampai beberapa tahun ke depan, atau bahkan puluhan tahun ke depan, tampaknya saham menjadi sebuah media investasi yang paling baik. 

Hanya saja, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami hal ini, sehingga jumlah yang bermain saham hanya sedikit. Hal ini bisa terjadi karena faktor apapun, terutama faktor kurangnya edukasi dan literasi mengenai investasi saham. 

Di tahun 2016, Otoritas Jasa Keuangan melakukan sebuah survey yang hasilnya cukup mencengangkan. Dari banyaknya penduduk Indonesia, hanya 4.40% yang mempunyai pemahaman mengenai investasi saham ini. Kabar istimewanya, jika dulu pembelian saham hanya bisa dilakukan dengan cara manual, misalnya dengan telpon, atau-pun datang ke galeri, maka sekarang bisa dengan online. Anda bisa berinvestasi hanya dengan duduk di depan HP atau laptop. 

Apalagi sudah banyak aplikasi jual beli saham yang bisa Anda gunakan, dan semuanya menawarkan kemudahan. Maka, sangat sayang sekali jika Anda tidak memulai berinvestasi saham mulai saat ini. Padahal manfaatnya cukup banyak. 

Karena itu, di zaman canggihnya teknologi, sangat disayangkan jika ada investor pemula yang tidak menggunakan aplikasi jual beli saham online. Nah, jika sebenarnya Anda ingin membeli saham, tapi bingung caranya, tenang saja, karena kami akan membahas langkah-langkah membeli saham yang bisa Anda ikuti.

Baca: Tempat membeli reksadana terpercaya

1. Memilih Broker Saham

Langkah yang pertama harus Anda lakukan adalah memilih broker saham. Broker itu apa? Jadi, broker merupakan sebutan lain untuk ‘anggota bursa’. Sudah banyak broker yang bisa Anda pilih. Anda harus memilih broker yang memang mempunyai aplikasi saham online yang bagus dan sangat terjamin bisa diandalkan. 

2. Membuka Rekening Saham

Setelah memilih dan menentukan broker, hal yang harus Anda lakukan lagi adalah membuka rekening. Ini wajib ya. Karena jika Anda tidak membuka rekening, maka transaksi saham Anda tidak akan bisa dilaksanakan. 

Tentu, jika broker yang Anda pilih baik, ia pasti menyediakan fasilitas untuk membuka rekening online, sehingga Anda hanya perlu mengisi formulir saja lalu mengirimkan dokumen beserta tanda tangan. 

3. Buka Rekening Dana Nasabah

Setelah mempunyai rekening broker, Anda harus membuka rekening dana nasabah juga. Rekening saham atau broker berfungsi untuk proses jual beli sahamnya, sementara rekening dana nasabah berfungsi untuk menyimpan berbagai dana. 

4. Setor Modal

Jika rekening dana nasabah-nya sudah dibuka, maka Anda harus menyetor dana sebagai transaksi saham. Anda bisa menyetorkan jumlah transaksi. Dan setoran ini akan dimasukkan ke dalam dana nasabah. 

5. Transaksi Beli Saham Online

Apabila dana sudah Anda setor-kan, maka Anda bisa langsung membeli saham yang Anda inginkan. Unyuk memilih saham yag akan dibeli, pilihlah saham ang memiliki 

6. Transaksi Jual Saham Online

Jika di kemudian hari Anda ingin menjual saham Anda, bisa kok, Anda bisa menjualnya melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh broker yang Anda pilih. 

7. Settlement Transaksi

Yang namanya aktivitas jual beli, tentu Anda meski membayar ketika transaksi, dan sistem-nya selalu ada uang maka ada barang. Tapi berbeda dengan bursa saham loh. Karena bursa saham, akan menyelesaikan transaksi Anda dalam kurun waktu T+2 alias setelah dua haru proses transaksi. 

8. Fee Transaksi Saham

Di dalam jual beli saham, ada fee yang meski Anda bayarkan. Komponen fee nya bisa meliputi fee Bursa Efek Indonesia, Pajak, dan sebagiannya. Feenya juga terbilang cukup kecil kok, jangan khawatir. Hanya saja, Anda harus memperhatikan riwayat Anda melakukan transaksi, karena jika berada di posisi beli dan jual, maka otomatis fee yang meski Anda keluarkan menjadi tidak sedikit lagi, dan ini akan memakan profit. 

Baca: Syarat sukses bisnis untuk pemula

Nah, itulah sekilas mengenai cara mudah membeli saham bagi pemula. Artikel ini hanya memberikan informasi kasarnya saja. Untuk lebih lanjut atau spesifik akan kami bahas di artikel berikutnya.