Tempat Latihan Soal-soal Pemrograman untuk Pemula

Bidang pemrograman saat ini sangat dibutuhkan disegala bidang. Bisa kita lihat pada lowongan pekerjaan pasti lowongan terbanyak ada pada posisi programing. Tapi, cakupan bidang pemrograman itu sangat luas, hal itu yang menyebabkan banyaknya lowongan pekerjaan untuk bidang tersebut. 

Dengan beragamnya pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang programer, maka ini adalah kesempatan yang besar bagi anda yang berniat atau sudah memulai belajar pemrograman atau singkatnya adalah pemula, dalam hal ini belajar pribadi atau tanpa kuliah, kusrus dan sebagainya.

Biasanya, pada perkuliahan atau kursus, akan ada pre tes (soal sebelum belajar) dan post tes (latihan setelah belajar) dalam pembelajaran. Namun, bagi yang belajar diluar perkuliahan atau kursus mungkin tidak mendapatkan hal itu. Padahal pre tes dan post tes cukup penting untuk melatih pemahaman kita dalam belajar pemrograman.

Tapi tidak perlu khawatir tentang itu, karena kami akan memberikan informasi mengenai tempat latihan soal-soal pemrograman untuk pemula tanpa kuliah atau kursus.

Daftar tempat latihan ini tidak berurut. Artinya, nomor pada subjek tidak menentukan posisi terbaik atau terburuk dari sebuah subjek.

Tempat Latihan Soal-soal Pemrograman untuk Pemula


1. A2 Online Judge

Anda bisa coba soal-soal di A2 Online Judge. Ada banyak soal yang pemrograman pada situs ini, mulai dari yang mudah hingga kompleks. Sebenarnya situs A2 Online Judge ini merujuk ke dalam kontes pemrograman.

Kontes pada situs ini cukup banyak dan diberikan label seperti kontes yang sedang berjalan, kontes yang akan datang dan 20 kontes yang sudah selesai. Jadi kita bisa mempersiapkan diri sebelum kontes mulai. 

Navigasi yang ada pada situs A2 Online Judge juga sangat lengkap, seperti navigasi kontes, leaders, status, grub, source code dan masih adalagi yan lainnya. Sebelum bergabung untuk mengerjakan soal pemrograman pada situs ini, kami sarankan agar anda membuat akun terlebih dahulu. 

A2 Online judge

Gambar diatas adalah salah satu navigasi dari situs A2 Online Judge yaitu Kategori. Dalam kategori tersebut terdapat banyak sekali soal-soal pemrograman yang bisa dipilih.

2. Project Euler

Project Euler merupakan sebuah situs yang memeberikan soal-soal yang siap untuk dipecahkan oleh anda. Situs ini cocok sekali untuk anda yang suka matematika, karena soal atau masalah yang diberikan pada situs ini adalah soal matematika, seperti mencari angka fibonacci dan lainnya. Banyak sekali jenis soal matematika dan anda harus bisa mengubahnya kedalam bentuk program.

Project euler

Gambar diatas adalah beberapa label soal yang ada di situs tersebut. Sebenarnya tu masih banyak lagi, karena layar tidak memungkinkn untuk menampilkan semuanya, kami berinisiatif menampilkan seperti pada gambar diatas.

Dan diatas adalah salah satu soal untuk mencari fibonacci. Bagaimana? Apakah anda dapat membuatnya kedalam program?

3. URI Online Judge

Pada situs ini, kita akan mendapati soal atau masalah yang cukup banyak. Kita bisa menentukan pilihan sendiri, ingin menggunakan level yang mana. Mulai dari yang paling dasar sekali ada pada URI Online Judge, seperti misalnya untuk menampilkan "Hello World". 

Hebatnya lagi, URI Online Judge menyediakan text editor nya sendiri, jadi kita tidak perlu pindah-pindah software. Dan juga ada banyak pilihan bahasa pada text editornya.

uri online judge

Seperti gambar diatas, itu adalah contoh tex editor yang ada pada situs tersebut dan ada banyak pilihan bahasa.

4. LeetCode

LeetCode memiliki tampilan yang cukup interaktif jika dibandingkan dengan situs atau tempat latihan soal-soal programan sebelumnya. Sama seperti URI Online Judge yang memiliki text editor, pada LeetCode juga memeiliki text editor dan pilihan bahasa pemrograman yang cukup lengkap.

Untuk topik yang ada pada situs ini juga cukup kompleks, dari yang dasar hingga yang expert. Seperti mengenai array, dynamic programing, string, mats, tree dan masih banyak lagi.

leetcode

Lihatlah gambar diatas, itu adalah beberapa contoh soal yang ada pada situs LeetCode, dan itu masih banyak lagi. Anda bisa mencobanya jika tertarik.

5. CodingBat

CodingBat memiliki antar muka yang sangat simple dan tidak membuat pusing, karena hanya dengan latar putih sedikit kuning dan warna biri pada setiap judul memberikan perpaduan warna yang solid. Pada situs ini hanya menyediakan soal untuk dua bahasa saja yaitu bahasa Java dan Python. 

Codingbat

Soal-soal yang ada pada situs ini cukup kompleks. Anda akan mendapatkan soal dan anada harus mengimplementasikannya kedalam salah satau bahasa yang ada. Contohnya seperti soal dibawah ini.

contoh soal codingbat

Kerennya lagi, kita sudah disediakan text editor. 
Itulah daftar tempat untuk mendapatkan soal-soal pemrogrman yang bisa dijadikan untuk pelatihan anda. Seperti yang kami bilang sebelumnya, bahwa daftar atau list diatas tidak berurut sesuai kualitas atau peringkat. Daftar tersebut kami acak. Jadi, anda sendiri yang menentukan ingin menggunakan yang mana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel