Cara Mengatasi Memori Internal (ROM) Penuh di Android

Perkembangan smartphone kian hari semakin masif. Dalam jangka waktu yang relatif sebentar (paling lama 6 bulan), selalu saja ada produk baru yang dikeluarkan oleh vendor smartphone, khususnya yang menggunakan sistem operasi (OS) android. Tapi, dengan cepatnya sebuah vendor mengeluarkan produk baru, itu juga yang membuat spesifikasi berevolusi dengan cepat.

Mungkin HP android tahun 2017 kebawah, memiliki spesifikasi yang bisa dibilang cukup rendah dibanding dengan HP android sekarang namun dengan harga yang sama. Spesifikasi yang dimaksud dalam hal RAM, memori internal, chipset dan lain sebagainya.

Namun bukan berarti HP android pada tahun itu cukup buruk. Tapi, aplikasi sekarang inilah yang menuntut HP android untuk memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan sebuah aplikasi, dalam hal ini adalah memori internal atau ROM. Karena pada dasarnya memori internal memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah smartphone, karena untuk menyimpan data aplikasi dan yang lainnya. Jika kekurangan kapasitas penyimpanan, jelas saja sebuah aplikasi tidak akan dapat di instal di perangkat.

Karena peran memori internal (ROM) pada android sangat penting. Sesuai judul artikel ini, kami akan membahas mengenai cara mengatasi memori internal penuh di android. Cara yang akan dibahas adalah cara termudah yang bisa langsung diterapkan kepada perangkat android anda.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Andorid

1. Hapus aplikasi

Memang dengan memiliki banyak aplikasi di HP android membuat HP kita terlihat seperti Playstore. Tapi dengan banyaknya aplikasi, jelas akan memakan penyimpanan memori internal. Bahkan, aplikasi yang awalnya kita download dengan ukuran 3MB, dapat menjadi belasan hingga puluhan MB jika terus-terusan digunakan.

Penghapusan aplikasi menjadi opsi yang sangat direkomendasikan untuk memberikan ruang pada memori internal. Namun disini tidak selamanya berlaku benar untuk menghapus aplikasi secara keseluruhan, tapi hapus aplikasi yang tidak digunakan saja. Misalnya anda memiliki aplikasi sosial media yang jarang digunakan. Anda bisa melakukan penghapusan dan jika sosial media tersebut bisa diakses lewat browser, mengapa tidak anda akses lewat browser saja?

2. Non-aktifkan aplikasi

Cara ini berlaku untuk aplikasi yang tidak bisa dihapus. Aplikasi yang tidak dapat dihapus biasanya adalah aplikasi bawaan google, seperti Gmail, Playstore, Google music, youtube dan aplikasi bawaan merek HP, seperti Samsung account dan lainnya.

Sayangnya, aplikasi bawaan (bloatware) tidak dapat dihapus dengan biasa, jadi kita hanya bisa menonaktifkannya agar memori internal HP android tidak penuh.
Cara non-aktifkan aplikasi bawaan di android bisa lihat cara dibawah ini dibawah ini.

a. Buka setting atau pengaturan pada HP android anda.
b. Buka aplikasi dan notifikasi.


c. Pilih aplikasi yang ingin di nonaktifkan.


d. Lalu klik Nonaktifkan seperti gambar dibawah ini. Maka setelah itu dilakukan, aplikasi tersebut akan hilang dari icon aplikasi di HP anda.


Lakukan cara tersebut di semua aplikasi bawaan yang tidak digunakan. Namun lihat juga apakah aplikasi yang dinonaktifkan berpengaruh ke sistem atau tidak.

3. Pindahkan ke Sdcard

Jika HP android anda memiliki port Sdcard atau kartu memori, ini sangat berguna sekali untuk membantu kapasitas memori internal. Data aplikasi dan data media lainnya sebaiknya dipindahkan ke kartu memori dengan cara melihat informasi pada aplikasi yang dipasang.

Perlu diketahui, untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori hanya bisa dilakukan di aplikasi yang mampu dipindahkan saja. Aplikasi yang bisa dipindahkan adalah aplikasi pihak ketiga atau bukan aplikasi bawaan HP android yang anda punya. 

Untuk cara memindahkannya silahkan lihat pada cara dibawah ini.

a. Buka terlebih dulu pengaturan di ponsel anda.
b. Lalu buka aplikasi dan notifikasi
c. Pilih aplikasi yang mau dipindahkan ke kartu memori.


d. Klik pindahkan ke kartu SD. Dan tunggu hingga selesai diproses.


3. Pembersihan cache & sampah

Seriap aplikasi yang sudah kita gunakan di HP android pasti akan meninggal cache dan sampah. Walaupun ukuran dari file ini terbilang kecil, namun bertambah terus menerus. Artinya, akan ada disuatu masa, file tersebut menjadi besar. 

4. Trik pembaruan

Ini mungkin cara yang sedikit aneh dan tidak bisa mempertahankan dalam waktu yang lama. Pada cara ini hanya dilakukan ketika sedang memperbarui aplikasi saja. Misalnya, anda punya game MOBA yang meminta di update di playstore. Dengan melakukan cara ini, anda tidak perlu langsung meng-klik update, namun anda menghapus game MOBA-nya terlebih dahulu di perangkat, lalu mengunduh ulang di playstore. Dengan cara ini, kemungkinan akan menghemat sedikit ruang pada memori internal, namun menghabiskan banyak kuota internet.

5. Root

Mungkin ini adalah cara terakhir untuk melakukan perluasan pada memori internal. Dengan root, kita mampu mengakses sistem android pada HP android kita dengan sesuka hari kita. Salah satunya adalah membuat memori internal tetap memiliki ruang yang cukup dengan cara melakukan partisi di memori internal dan juga menghapus aplikasi bawaan pada HP android. Jelas dengan begitu ruang pada memori internal tidak akan penuh.
Nah, itulah cara memperbaiki memori internal penuh pada android. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel