7 Tempat Jual Foto Di Internet dengan Bayaran Tinggi

Dengan semakin tingginya pixel kamera, baik itu kamera handphone maupun kamera DSLR, semakin membuat orang-orang memiliki hobi dibidang fotografi. Artinya akan ada banyak foto berkualitas tinggi di penyimpanan handphone ataupun kamera. 

Itu merupakan data atau file yang cukup mungkin untuk dijadikan uang. Namun pada dasarnya, masih banyak orang yang tidak tahu bahwa foto yang mereka ambil bisa dijadikan uang dengan mudah bahkan bisa mendapatkan uang yang cukup tinggi. Asumsi kami, mereka tidak mengetahui di mana mereka akan menjual foto tersebut. Nah, di sini kami akan membahasnya.

Tempat Jual Foto Secara Online dengan Bayaran Tinggi

Perlu diketahui bahwa list di bawah ini tidak berurut sesuai nomor. Ini adalah list acak dengan mengesampingkan popularitasnya.

1. Shutterstock

shutterstock

Shutterstock adalah sebuah situs yang bisa digunakan untuk menjual foto keren milik Anda. Situs ini cukup populer, ketika Anda mengunggah foto ke dalamnya, Anda tidak perlu khawatir akan tidak adanya yang melihat foto Anda, jika foto Anda keren dan menarik pasti juga akan ada yang membelinya.

Tidak hanya foto atau gambar saja, di Shutterstock terdapat konten lainnya seperti musik, vektor, video, animasi yang bisa diperjual belikan. Estimasi uang yang bisa dihasilkan dari dari Shutterstock sekitar $ 120 (120 dollar) per foto. 

Selain bisa diakses lewat situs atau website. Sutterstock juga bisa diakses melalu aplikasi. Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya di Playstore ataupun Appstore. Yang cukup menarik dari Ahutterstock adalah adanya command list yang berisi daftar microstock yang sedang tinggi sesuai permintaan pasar pada saat itu. Ini cukup membantu Anda ketika akan mengunggah foto untuk dijual di Shutterstock agar cepat terjual.

Untuk mendapatkan uang tambahan dari Shutterstock, kita mengundang orang lain ke dalamnya. Ini seperti refferal. Jadi, misalnya orang yang kita undang bergabung adalah seorang fotografer (penjual foto), kita akan mendapatkan komisi $ 0.4. Dan jika orang yang kita undang adalah seorang pembeli foto, maka komisi yang akan kita dapatkan cukup besar yaitu 20%  dari biaya pembelian pertama mereka.

2. Snapped4U

snapped4U

Jika Anda seorang fotografer yang sering mengambil job diacara pernikahan, konser dan acara lainnya, Snapped4U sangat cocok untuk Anda. Karena Snapped4U memang dikhususkan untuk foto acara-acara seperti tersebut.

Harga foto yang bisa Anda tetapkan di Snaped4U tidak lebih dari $ 20. Biasanya akan terkena biaya sebesar $ 0,50 untuk setiap foto yang Anda jual di bawah $ 5, dan 10% untuk foto $ 5 atau lebih.

Baca: Cara mudah dapat uang dari internet

3. Etsy

etsy

Sebenarnya Etsy masuk ke kategori toko online, namun di Etsy mengkhususkan pada barang-barang buatan tangan. Tapi foto juga menjadi produk yang dapat dijual pada Etsy.

Etsy mengenakan biaya $ 0,20 untuk setiap item yang Anda daftarkan untuk dijual. Setelah Anda menjual barang Anda, Etsy mengambil biaya 5%, ditambah biaya pemrosesan pembayaran 3% dan $ 0,25. Kami rasa itu adalah biaya yang cukup kecil.

Tapi yang menjadi persoalan adalah Etsy hanya sebagai wadah saja. Artinya, agar foto Anda ingin cepat terjual, Anda harus kerja keras mempromosikan foto-foto Anda, seperti di media sosial. Ini tidak begitu bersahabat bagi orang yang memiliki banyak kesibukan.

4. Adobe Stock

adobe stock

Adobe Stock adalah salah satu situs web terbaik untuk menjual foto secara online. Jika kita mengunggah foto yang ingin dijual pada situs ini, akan terotomatis akan terdistribusi juga ke situs Fotolia. Karena situs Fotolia sudah dibeli oleh Adobe Stock pada tahun 2014. Artinya, foto yang diunggah akan terekspor lebih luas.

Adobe Stock membayar pengunggah foto (fotografer) sebesar 33% dari harga foto mereka. Ini merupakan tarif tetap yang berarti Anda mungkin menghasilkan lebih banyak uang daripada di Shutterstock, tapi mungkin hanya awal saja.

Keunggulan menggunakan Adobe Stock adalah:

  • Terintegrasi dengan program Cloud Creative Adobe lainnya, seperti Lightroom.
  • Memiliki tatap muka yang modernInterface yang modern. 
  • Memberi semua data yang mungkin Anda perlukan tentang penjualan foto.
  • Review pengiriman cepat.
  • Penghasilan yang layak.

5. EyeEm

eyeem

Jika Anda memiliki banyak foto berkualitas tinggi, Anda dapat menjualnya dan menghasilkan uang di EyeEm. EyeEm seperti Shutterstock atau Adobe Stock, tetapi ditujukan untuk mereka yang menginginkan cara cepat dan mudah untuk menjual foto mereka secara online.

EyeEm memiliki pasar yang sangat besar untuk fotografi. Mereka memiliki banyak akses ke perusahaan besar seperti Shopify, Apple, Canon, dan Airbnb. Tak hanya itu, terdapat juga tutorial gratis dan majalah dalam aplikasi untuk mengasah keterampilan fotografi Anda dan juga Anda dapat menggunakan beberapa fitur seperti filter, dan alat pengeditan yang bisa diakses secara gratis.

Tidak ada batasan dalam mengunggah foto. Untuk setiap foto yang terjual, Anda akan mendapatkan 50% dari harga foto yang dibuat, misal Anda menjual foto dengan harga $ 15, maka Anda akan mendapatkan 50% yaitu $ 7.5.

Untuk mencobanya, Anda bisa mengunduh aplikasi EyeEm di Playstore ataupun Appstore. Namun bisa juga mengaksesnya lewat situs.

6. Foap

foap

Sama seperti aplikasi sebelumnya yaitu EyeEm, Foap juga mudah digunakan dan membayar setengah biaya ketika foto Anda terjual. Namun ada satu perbedaan Foad dengan EyeEm yaitu adanya fitur Misi.

Untuk mulai menjual foto di Foap, Anda harus mengunduh aplikasinya di playstore ataupun appstore, lalu membuat akun, kemudian mengunggah foto yang akan dijual dan membuatnya tersedia untuk dijual sebagai stok foto.

Harga jual untuk setiap foto sebesar $ 10. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, yaitu Anda akan membagi 50/50 dengan Foap. Jadi untuk setiap gambar yang terjual, Anda akan menghasilkan $ 5.

7. iStock

istock

Situs iStock sudah dipastikan memiliki jaringan yang cukup luas, karena situs ini sudah berdiri sejak tahun 2001. Agar dapat berjualan foto di situs iStock, Anda harus mendaftar terlebih dahulu menjadi kontributor, namun untuk menjadi kontributor terbilang cukup sulit, karena pihak iStock akan memeriksa apakah pendaftar cocok dengan kriteria mereka.

Setelah menjadi kontributor dan foto yang Anda jual telah laku. Anda akan mendapatkan bayaran sebesar 15% saja dari harga foto yang terjual. Artinya, jika Anda menjual foto seharga $ 10, maka Anda akan mendapatkan bayaran 15% nya yaitu sebesar $ 1.5. Tapi jika Anda termasuk ke dalam kontributor eksklusif, akan mendapatkan bayaran yang lebih tinggi yaitu 45%.

Baca: Produk terlaris dijual online

Di atas adalah beberapa situs dan aplikasi untuk jual foto yang mendapat bayaran cukup tinggi. Setiap situs dan aplikasi jual foto di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kami tidak membuat daftar yang berurut. Daftar di atas kami acak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel