Ketahui Penyebab AdSense Bermasalah (Dismon, Iklan tidak tayang, Banned, dll)

Sebagai orang yang begelut di dunia internet marketing, pasti kita serig menemui beberapa masalah, baik maslaah kecil maupun yang kompleks. Terutama pada AdSense yang banyak orang mengatakan sebagai media yang paling rawan akan masalah. Masalah-masalah yang sering terjadi pada akun AdSense contohnya seperti iklan tidak tayang, dismonestisasi bahkan banned. Tapi merurut saya pribadi hal-hal seperti itu cukup wajar, mengingat perlakuan seperti itu membuat para pemilik akun AdSense harus berhati-hati dan siap jika hal tersebut menimpa.

Saya pribadi selaku orang yang sudah bergelut di pengiklanan AdSense selama 2 tahun memiliki beberapa masalah yang sudah pernah saya hadapi. Untuk itu saya membuat artikel ini, agar kiranya jika anda mengalalami masalah serupa dengan saya, anda tidak kaget dan bisa langsung mencari solusi dari permasalahannya.

Masalah Yang Sering Terjadi Pada AdSense

Tunggu dulu! Masalah yang saya bahas dibawah ini tidak semuanya pernah saya alami, hanya ada beberapa saja, tapi masalah-masalah dibawah ini memang sering terjadi di kalangan penggiat AdSense lainnya.

masalah adsense

1. Iklan Dinonaktifkan

Iklan dinonaktifkan pernah dialami oleh akun AdSense saya, tepatnya pada iklan Youtube.

Sebelum iklan youtube dinonaktifkan, saya mencoba untuk mengubah alamat email akun AdSense. Email yang saya ubah telah berhasil, namun tanpa disadari, ternyata akibat dari perubahan email tersebut iklan youtube saya dinonaktifkan. Hal ini saya sendiri yang mendiagnosa. Karena sebelumnya tidak terjadi apa-apa.

Usut punya usut, ternyata ketika saya mengganti alamat email akun AdSense, hal itu menyebabkan terformatnya semua data di akun AdSense tersebut, mulai dari data akun seperti nomor rekening, nama pemilik, alamat pemilik bahkan pendapatan yang sudah masuk ke dalam saldo juga ikut terformat. Hal ini sangat mengesalkan. Jadi buat anda yang ingin coba mengubah alamat email kiranya untuk lebih berhati-hati.

Cara penyelesaian untuk kasus seperti ini adalah coba buka dasboard akun AdSense anda, disitu nanti anda akan diminta untuk menambahkan alamat anda sesuai dengan KTP dan juga akan diminta untuk mengupload KTP anda. Tapi setelah hal itu dilakukan, jangan harap saldo yang sudah terformat tadi bisa kembali, sampai saat ini saldo saya yang hilang tersebut belum kembali. Untuk iklan-nya akan tampil normal kembali. 

Itu adalah masalah iklan tidak tampil jika kasusnya karena mengubah alamat email. Sebenarnya masih ada lagi kasus iklan tidak tampil, tapi masalahnya itu hampir-hampir sama, seperti; belum memasukkan PIN, foto KTP yang ditolak, intinya adalah untuk kasus iklan tidak tanyang dikarenakan ada data yang belum dilengkapi. Tapi ini berlaku untuk akun AdSense yang tidak di dismonetisasi ya???...

2. Dismonetisasi

Dismonetisasi adalah masalah yang cukup sering dialami oleh para pemain AdSense. Terkadang kasus dismonetisasi dijatuhkan ke akun kita tanpa alasan yang jelas. Seperti halnya channel youtube yang memiliki konten original tiba-tiba dapat email dismonetisasi. Untuk kasus seperti ini sudah sering terjadi. Karena ketidak jelasan ini membuat kita selaku creator bertanya-tanya "salah channel ku apa?". Oiya, ini bukan hanya menimpa channel youtube saja, tapi blog atau website juga mengalami.

Tapi, jika kita melihat diskusi di forum-forum online. Banyak yang beranggapan alasan akun AdSense di dismonetisasi adalah karena klik iklan sendiri, boom klik, terlalu sering melihat iklan sendiri, copyright, tidak aktif selama 6 bulan, membuat konten yang dilarang. "Terlalu banyak ya?" Kita akan bahas satu persatu.

a. Klik iklan sendiri

Biasanya ini terjadi pada blog atau website, tapi tidak menutup kemunggkinan pada channel youtube, karena iklan pada video youtube tidak hanya berbentuk video tapi juga ada iklan text dan pop up

Untuk kasus ini memang sangat vital dan saya menyarankan agar anda tidak mencoba-coba untuk mengklik iklan sendiri. Tapi, saya pernah tidak sengaja mengklik iklan sendiri pada blog saya. Dan itu sudah pernah saya bahas pada artikel "Cara Mengatasi Klik Iklan Sendiri Pada Blog". Saya tidak akan menceritakannya lagi disini, jadi silahkan baca artikel tersebut.

Menurut saya, sekarang ini tidak seperti 2 tahun kebelakang, yang mana mengklik iklan sendiri akan langsung dismonetisasi pada akun AdSense. Karena AdSense sudah memiliki kemampuan untuk membedakan mana yang klik iklan yang valid dan yang tidak, jadi ketika kita tidak sengaja mengklik iklan sendiri, hasil dari klik iklan yang tidak sengaja itu akan hilang dari data pendapatan. Dan mungkin saja dengan hilangnya data tersebut akun tidak di dismonetisasi. Tapi itu berlaku jika klik tidak sengajanya hanya satu kali, jika lebih dari satu kali misalnya 10 kali, itu sudah masuk keranah boom klik, jadi jelas kemungkinan AdSense akan di dismonetisasi. Tapi balik lagi ya, saya sarankan agar tidak mencoba-coba klik iklan sendiri.

b. Boom Klik

Boom klik adalah suatu aktifitas dimana klik pada iklan yang dihasilkan sangat banyak, namun jumlah tayangan iklan sedikit. Ini biasanya dilakukan oleh orang lain yang iri pada blog atau channel kita. Untuk menghindari kasus seperti ini, sebaiknya anda tidak mempromosikan blog anda, karena yang paling rawan terkenal boom klik adalah blog atau website. Kalau channel youtube sepertinya sedikit lebih kebal dengan kasus boom klik ini, tapi untuk berjaga-jaga sebaiknya jangan peomosikan blog atau channel anda ke forum-forum online, banyak orang dengki dalam forum-forum tersebut.

c. Terlalu sering melihat iklan sendiri

Ini adalah hal konyol yang tidak perlu dilakukan (hal konyolkan memang tidak perlu dilakukan ~hahaha). Jadi buat anda yang blog atau channel youtube-nya sudah menampilkan iklan, jangan tonton video atau buka blog anda sendiri, karena disitu akan ada iklan yang tampil, jika anda melihatnya terlalu lama itu akan terindikasi sebagai mengklik iklan sediri. Tapi sebenarnya kasus ini tidak terlalu vital seperti kasus klik iklan sendiri, karena saya juga pernah membuka video dan blog sendiri tapi dengan porsi yang wajar. 

d. Copyright

Copyright adalah ketika konten yang anda buat terindikasi plagiat. Singkatnya, konten yang anda buat sama dengan konten yang sudah ada di platform tersebut. Hal ini sangat diharamkan oleh google.

Banyak konten kreator tidak menyadari terutama youtuber bahwa video yang mereka buat terkena copyright. Ada banyak kasus seperti ini yang saya temui. Yang paling sering adalah pada intro video, kebanyakan orang membuat intro video dengan menyisipkan musik yang berlisensi. Sebenarnya hal ini boleh-boleh saja dilakukan, tapi dalam standar wajar yaitu durasi dibawah 10 detik, jika durasi hanya 10 detik, ini akan termasuk ke dalam konten fair-use.

Jadi kalau otak anda buntu mau buat konten apa? Coba deh cari referensi dari channel atau blog lain, ingat ya hanya referensi bukan menjiplak sama persis.

e. Tidak aktif selama 6 bulan

Seperti yang tertuang dalam pusat bantuan youtube, bahwasanya jika channel youtube tidak melakukan aktifitas (mengupload, membuat postingan, membalas komentar dan lainnya) maka otomatis channel youtube tersebut akan di dismonetisasi, itu adalah keputusan mutlak dari pihak youtube. Jadi usahakan anda tetap untuk beraktifitas di youtube walaupun tidak ada konten yang di upload.

Nah, itu sebagian penyebab AdSense di dismonetisasi. Jika amda mengalami hal seperi diatas, satu-satunya cara mengatsinya adalah dengan melakukan banding ke AdSense. Walaupun dengan melakukan banding bukan berarti akun adsense anda akan di aktifkan kembali, tapi paling tidak sudah berusaha. Karena jika akun sudah di dismonetisasi, cukup sulit untuk mengaktifkannya kembali, namun bukan berarti tidak bisa, karena sudah banyak orang-orang di grub yang berhasil mengaktifkan kembali akun adsense yang di dismonetisasi dengan cara melakukan banding.

3. Banned

Ini adalah hal yang paling-paling tidak boleh terjadi. Karena jika dismonetisasi masih ada harapan untuk hidup kembali, jika banned sudah tidak ada harapan alias sudah mati. Anda tidak akan bisa menolongnya lagi. Kita hanya bisa melakukan pencegahan dalam hal ini.

Satu-satunya penyebab paling kuat akun AdSense di banned adalah karena anda memiliki lebih dari satu akun AdSense. Jadi setiap orang hanya diperbolehkan memiliki satu akun adsense, tidak boleh lebih. Jika anda tetap memaksa ingin memiliki lebih dari satu, siap-sial akun anda akan di banned. 
Nah, diatas adalah masalah yang sering terjadi pada akun AdSense. Saran tebaik dari saya adalah pergunakanlah apa yang sudah anda dapatkan dengan baik, jangan coba-coba berekseperimen yang tidak perlu, karena selarang ini untuk memdapatkan AdSense cukup sulit, kasus-kasus yangs aya bahas diatas adalah sangat vital, artinya kita akan benar-benar sangat kecewa jika terjebak didalamnya. Oke, sekian artikel kali ini  semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel