Cara Menjadi Dropshiper yang Benar di Shopee dan Tokopedia | (Mencari Suplier)

Bisnis online menjadi bisnis yang menjanjikan untuk saat ini dan akan terus berlanjut hingga seterusnya. Karena sekrang ini internet menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian orang dan ditambah lagi dengan bisnis online memudahkan pembeli dan penjual dalam bertransaksi.

Sudah banyak toko online (marketplace) yang bisa kita gunakan dengan mudah untuk menjual suatu produk, seperti unicorn asal indonesia yaitu tokopedia atau milik asing yaitu shopee dan masih banyak lagi platform lainnya. 

Jika kita ingin berjualan di bisnis online kita harus memiliki produk. Tapi bagaimana jika tidak memiliki produk?

Nah. Kita tetap biasa berjualan walaupun tidak memiliki produk dengan cara dropship

Apa itu dropship?

Dropship adalah pemasaran yang dilakukan penjual dimana penjual tidak menyimpan stok barang, namun tetap menjual barang. Mudahnya adalah penjual yang menjualkan barang orang lain tanpa memegang barang yang dijual.

Cara berjualan seperti ini yang akan kita bahas, karena dengan sistem ini sangat kecil kerugian bahkan tidak sama sekali. Kita akan mencoba cara menjadi dropshipper di marketplace yaitu tokopedia dan shopee, karena marketplace ini yang paling populer di indonesia. Perlu diketahui bahwa menjadi dropshipper disemua marketplace sama caranya.

Kita mulai.

Mula-mula kita harus memiliki akun di marketplace yang akan kita jadikan tempat bejualan dan yang akan kita jadikan tempat mencari suplier (orang yang dijadikan sebagai penyetok barang). Sebagai contoh disini saya menggunakan Shopee sebagai tempat berjualan dan Tokopedia sebagai tempat mencari suplier. 

Pada tahap ini saya sudah memiliki akun di kedua marketplace. Saya beharap anda juga sudah memilikinya. Jika belum, silahkan mendaftar terlebih dahulu.

Jika sudah memiliki akun. Selanjutnya kita coba mencari suplier, karena saya menggunakan Tokopedia sebagai tempat mencari suplier, maka langsung saja kita buka situs tokopedia dan langsung mencari suplier.

tokopedia

Sebelumnya kita harus menentukan terlebih dahulu produk yang mau dijual. Disini karena saya berniat menjual jam tangan, maka saya harus mencari suplier yang mempunyi stock barang terkait.
Untuk mencari supliernya silahkan ketik saja dikolom pencarian barang yang ingin dicari. Misal: jam tangan. 


Langsung saja klik pencarian. Setelah itu kita akan mendapati kumpulan produk yang dicari. Untuk mengetahui bahwa suplier yang kita cari benar-benar suplier, kita harus menyeleksinya terlebih dahulu, agar kita tidak bertemu dengan sesama dropship. 

Caranya dengan memilih metode pengiriman Go-send. Dengan memilih metode pengiriman ini, kita sudah pasti tidak akan bertemu dengan sesama dropship. Karena biasanya dropship tidak menggunakan metode pengiriman jenis ini.

Letak tombol metode pengiriman ada di sidebar kiri.


Setelah itu kita sudah bisa memilih suplier. Caranya klik salah satu produk pada hasilpencarian tersebut. Kemudian buka profil si penjual. Seperti gambar dibawah ini.


Ketika profil sudah terbuka, langsung saja chatting dengan kaliamat "apakah anda menerima dropship". 


Dan tunggu sampai ada balasan. Jika anda mendapatkan balasan yang menyatakan menerima, artinya anda sudah menemukan suplier. Jika tidak, anda harus mencari lagi dengan cara yang sama. 

Jika anda mengunakan tokopedia sebagai tempat berjualan dan shopee sebagai mencari suplier, caranya sama saja dengan cara diatas.

Sebagai tambahan.
Untuk mencari suplier wajib hukumnya menyamakan lokasi suplier dengan lokasi toko yang kita buat. Karena untuk meminimalisir ongkos kirim.

Ok begitulah tahap awal untuk menjadi dropshiper di shopee dan tokopedia. Saya anggap anda sudah menemukan suplier anda dan kita akan melanjutkannya pada artikel selanjutnya tentang cara membuat toko dan menjual barang sebagai dropshipper.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel