Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Toko Online dan Memposting Barang Sebagai Dropshier di Shopee & Tokopedia

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas cara menjadi dropshipper di shoppe dan tokopedia, yang sebenarnya artikel tersebut lebih merujuk ke cara mencari supplier yang benar. Seperti yang sudah saya bilang pada akhir artikel tersebut, bahwasannya kita akan melanjutkan pembahasan kita. 

Nah, disini kita akan melanjutkan ke cara membuat toko dan memposting barang sebagai dropshipper di marketplace

Kita akan membuat toko terlebih dahulu.
Sebagai contoh, disini saya menggunakan shoope sebagai tempat berjulan (toko). Langsung saja buka situs shopee-nya. 

1. Pastikan juga anda sudah login ke akun shopee



2. Jika sudah login, silahkan klik tombol jual di pojok kiri atas. Nanti anda akan dialihkan ke tab baru.


3. Setelah anda masuk ke dasboard toko, silahkan scrool sedikit dan klik pengaturan. Disitu akan ada sub pengaturan yang harus kita atur, agar toko kita berjalan dengan baik. 


4. Kita akan coba mengatur dari yang paling atas terlebih dahulu, yaitu "Jasa kirim saya".
5. Setelah masuk ke halaman Jasa kirim, anda bisa memilih jasa kirim apa saja yang anda perlukan. Karena status kita adalah sebagai dropshipper, maka kita tidak menggunakan jasa kirim cod, seperti Go-send dan sebagainya.


6. Setelah selesai mengatus jasa kirim. Lanjut ke setting alamat. Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan alamat toko adalah alamat yang dibuat harus sama dengan alamat milik suplier anda. Hal ini agar ongkos kirimnya sama. 


Anda bisa lihat pada gambar diatas. Alamat asli saya di Medan, tapi alamat toko saya, saya buat di jakarta, karena menyesuaikan dengan alamat toko si suplier. Anda harus perhatikan ini.

7. Untuk dua sub pengaturan selanjtnya itu tidak perlu di atur dulu. Nanti anda bisa melanjutkannya sendiri, karena tidak ada hal yang cukup vital disitu.
Lanjut. 

Setelah selesai membuat toko, kita sudah bisa memposting barang yang ingin di jual. Balik lagi, karena status kita sebagai dropshipper, maka kita harus cek dulu barang di toko suplier masing-masing. 

Karena suplier saya dari tokopedia, maka saya harus mengembil barang dari sana. Caranya cukup mudah.

1. Buka situs tokopedia.
2. Langsung saja masuk ke toko suplier anda.
3. Dan langsung saja lihat barang-barang di toko suplier yang ingin anda posting ke toko anda. 




Gambar diatas adalah barang-barang yang dijual oleh suplier saya. Saya akan memilih barang pertama dari gambar yang akan dijual di toko saya. Langsung saja klik barangnya.

Nah, anda akan mendapat informasi mengenai barang yang anda klik tadi.
4. Setelah informasi barang tersebut anda dapatkan. Anda kembali ke toko anda, disini toko saya ada di shopee. Dan klik "tambahkan produk baru". 


5. Setelah di klik, disitu anda akan mendapatkan form untuk mengisi informasi barang yang sudah anda dapatkan tadi di toko suplier.

6. Langsung saja isi form tersebut sesuai dengan informasi barang yang anda dapatkan dari toko suplier. Jika anda lupa, anda bisa copy paster informasi barang yang ingin anda posting di toko dari toko si suplier. 


Gambar diatas adalah, form yang sudah saya isi dengan informasi yang ingin saya posting di toko.

7. Setelah di klik lanjut. Anda akan menemukan form lanjutan dari yang pertama, yang gunanya untuk memeberikan informasi lebih lanjut mengenai barang yang dijual. Balik lagi seperti sebelumnya, silahkan copy paste saja informasinya dari arang yang di jual suplier. Ingat! semuanya harus diisi, mulai dari judul, deskripsi, foto, berat dan lainnya. Usahakan sama datanya dengan suplier.


Jika semua data sudah di isi, silahkan klik simpan dan tampilkan. Setelah itu dengan otomatis produk sudah berhasil di posting. Tinggal menunggu yang membeli saja.
Ok. Begitulah cara membuat toko dan memposting barang sebagai dropshipper di shoope dan tokopedia. Memang artikel ini hanya mencontohkan memposting barang di shopee saja, namun cara memposting barang di tokopedia sama saja dengan shopee, anda bisa mencobanya sendiri.