Cara Buat Video Seperti Calon Sarjana dan On The Spot Menggunakan HP

Pasti anda sudah tidak asing dengan Calon Sarjana, yang begitu populer di YouTube dengan subscriber 3jt untuk saat ini. Atau On The Spot, program yang begitu ditunggu-tunggu di televisi untuk medapatkan informasi unik.

Channel dan program TV tersebut memang begitu populer. Tapi taukah anda bagaimana cara membuat video seperti kedua channel tersebut?

Jelas saja Calon Sarjana dan On The Spot membuat video menggunakan tim dan juga alat yang mendukung.

Lalu bagi yang tidak memiliki tim dan alat yang mendukung bagaimana?

cara buat video seperti calon sarjana

Tenang saja. Kita tetap bisa membuat video seperti Calon Sarjana dan On The Spot hanya dengan menggunakan HP saja. Karena menurut saya pribadi, salah satu konten YouTube yang cukup mudah membuatnya adalah konten berita informasi unik seperti milik Calon Sarjana.

Selengkapnya mengenai cara membuat video seperti Calon Sarjana dan On The Spot menggunakan HP akan dibahas dibawah ini.

Cara ini sudah saya susun dengan runut, agar ketika eksekusi tidak memakan banyak waktu.

1. Aplikasi Edit Video

Aplikasi edit video terserah anda mau menggunakan yang mana. Namun saya merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan aplikasi Kinemaster. Silahkan download aplikasi tersebut di luar playstore, agar bisa menggunakan yang full version. Saya tidak akan menjelaskan cara mengedit menggunakan Kinemaster. Tutorial ini ditujukan buat anda yang sudah bisa edit video mengunakan aplikasi edit video di HP baik itu Kinemaster atau yang lainnya.
Lihat: Aplikasi edit video di HP untuk semua spek

2. Naskah

Ini adalah bahan penting untuk membuat video seperti Calon Sarjana dan On The Spot. Naskah ini nanti yang akan menjadi narasi dalam video yang akan dibuat.

Naskah bisa anda buat sendiri sesuai degan materi yang anda bahas. Misal, anda ingin membuat video "5 lautan laling angker di dunia". Anda bisa membuat naskah yang sesuai dengan judul dengan membaca terlebih dahulu beberapa artikel yang sejalan dengan judul di internet, lalu menulis naskah dengan bahasa anda sendiri. Atau yang paling mudah dengan copy paste langsung dari situs berita seperti Tribun, Indozone, Liputan6 dan yang lainnya.

Contoh naskah dari situs Indozone yang saya screenshot.


3. Stock Video & Gambar

Setelah selesai membuat naskah. Kemudian dilanjutkan dengan mencari stock video. Mencari stock video bisa dimana saja, bisa di youtube, instagram atau yang lainnya, asalkan video dengan naskah sejalan (nyambung).

Langkah mencari video agar sejalan adalah dengan terlebih dahulu baca naskah yang sudah dibuat (baca perkalimat). Jika ada kata kunci, cari kata kunci tersebut di youtube.

Contoh


Pada gambar diatas adalah artikel yang akan dijadikan video. Kata yang bergaris merah adalah kata kunci yang akan dicari stock videonya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Untuk mencari stock video bisa dari youtube atau tempat lainnya (instagram, fb, storyblock).

Setelah mencari dan menemukan video yang sesuai dengan naskah. Download video tersebut, atau juga bisa direkam menggunakan perekam layar. Cari semua kata kunci yang diberi garis merah. Artinya; kita harus memiliki banyak video yang sejalan dengan naskah.

Perlakukan hal yang sama dengan gambar.

4. Record Suara

Setelah tiga urutan diatas sudah terpenuhi, anda sudah bisa melakukan perekaman suara. Kenapa rekam suara tidak saya cantumkan di urutan setelah naskah? Alasannya; karena jika anda melakukan perekaman suara setelah menyelesaikan naskah, anda akan kebingungan ketika mencari stock video. Ketakutan terbesar anda tidak menemukan stock video yang cocok dengan naskah yang anda buat. Hal tersebut akan memperlama produksi video.

Namun jika anda menerapkan sesuai dengan urutan ini, ketika anda tidak menemukan stock video (footage), anda bisa mengedit sedikit naskah anda.

Pada tahap rekaman, anda bisa menggunakan aplikasi default (bawaan) HP anda. Menurut saya ini lebih baik daripada aplikasi download di playstore. Lakukan perekaman suara dengan membaca naskah yang sudah anda buat.

Saran dari saya; membaca naskah tidak perlu tergesah-gesah, santai namun lugas. Agar lebih bagus, anda bisa membaca naskah dengan ciri khas anda sendiri, agar penonton video anda kelas mengingat selalu suara anda dipikirannya "hahaha".

5. Edit

Setalah tahapan record suara selesai, silahkan lanjutkan ke tahap edit. Mula-mula edit terlebih dahulu rekaman suara yang sudah dibuat. Agar mudah mensinkron-kan (sejajarkan) dengan stock video. Potong (buang) semua suara yang tidak penting pada hasil rekaman.

Setelah selesai mengedit suara, masukkan video-video dan gambar-gambar yang sudah di download. Ingat jangan masukkan video secara mentah-mentah, tapi ambil hanya beberapa detik saja dari tiap-tiap video, agar tidak terkena copyright. Sesuaikan video adn gambar yang dimasukkan dengan narasi yang diucapkan.
Lihat: Cara buat intro video tanpa aplikasi
Itulah cara membuat video seperti calon sarjana dan on the spot menggunakan HP. Sangan sederhana bukan? Karena hal itulah channel Calon Sarjana dapat upload video 3 kali dalam sehari.

Video dibawah ini adalah hasil yang saya buat sendiri lewat HP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel