Cara Menghitung Pendapatan Bersih Adsense Youtube | Perhari, Perminggu, Perbulan.

Menghitung Pendapatan Youtube - Youtube menjadi salah satu platform terpopuler untuk mendapatkan uang dari internet. Sudah banyak orang yang sukses mendapatkan uang dari platform ini. Bahkan pendapatan mereka hampir diluar nalar perbulannya.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari Youtube, mulai dari endrose, donasi, jual produk. Tapi untuk saat ini yang paling diminati adalah Adsense. Adsense lebih diminati karena lebih menjanjikan ketimbang cara-cara sebelumnya. Pendapatan diluar nalar itu berasal dari Adsense. Kita bisa lihat Atta Halilintar, Jess no limit yang sudah pernah memamerkan mobil sport hasil dari penghasilan Youtube mereka.

Setiap bulannya, kita bisa melihat penghasilan youtube dari Adsense yang dikirimkan ke akun pada tanggal 12 setiap bulan. Pada dasboard youtube, kita juga bisa melakukan hal yang sama. Namun pada tampilan dasboard, kita hanya diperlihatkan estimasi pendapatan perhari atau perbulan. Maksud dari estimasi adalah perkiraan pendapatan, artinya pendapatan pada dasboard youtube belum pasti (bisa tinggi atau lebih rendah). Artinya, kita akan penasaran dan menebak-nebak penghasilan dari channel youtube yang kita kelola.

Tapi tidak perlu khawatir, karena kami hadir untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ada cara untuk mengetahui penghasilan bersih Adsense Youtube perharinya. Mengapa perhari? Kenapa tidak perbulan? Seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwa penghasilan perbulan akan otomatis masuk ke akun Adsense pada tanggal 12 setiap bulannya. Maka dari itu tidak perlu dibahas lagi.

Penghitungan pendapatan perhari juga bisa untuk menghitung pendapatan bersih perbulan, dengan cara setiap harinya menghitung pendapatan; kemudian hasil pendapatannya dijumlahkan sebanyak hari yang dihitung.

Cara ini direkomendasikan bagi yang channel Youtube-nya sudah di monetisasi. Buat yang channelnya belum di monetisasi; kami doakan semoga channel anda segera di monetisasi dan kalian tetap bisa membaca tulisan ini agar menambah wawasan.

Tujuan menerapkan cara ini:
  • Dengan melakukan cara perhitungan ini, pembaca dapat mengetahui penghasilan bersih Adsense Youtube-nya.
  • Pembaca akan melepaskan semua rasa penasaran mengenai penghasilan Adsense Youtube perhari dan perbulannya.  

Cara menghitung pendapatan bersih Youtube

Seperti yang sudah diberitahu sebelumnya, bahwa cara ini hanya untuk yang sudah memiliki akun Adsense dan kita akan melakukan perhitungan perhari saja, untuk perhitungan perminggu, perbulan atau pertiga bulan; bisa dilakukan dengan cara yang sama.

1. Buka akun Adsense terlebih dahulu dan masuk ke beranda. Pada tampilan beranda perhatikan dashboard seperti gambar dibawah ini.

penghitungan penghasilan youtube
Ubah pada bilah pekerja menjadi "Kemarin vs hasri yang sama minggu lalu".


Dengan mengubah kinerja, bertujuan untuk agar lebih akuratnya hasil perhitungan pendapatan perharinya. Jika kita mengambil kinerja pada "hari ini hingga saat ini" hasil perhitungannya akan tidak akurat, dikarenakan data pendapatan yang diperoleh belum sampai 24 jam. 

2. Kita sudah bisa untuk menghitungnya. Perhatikan gambar dibawah ini!


Tidak perlu pusing! Ini adalah cara yang sangat mudah. Mari kita mulai.....
Lihat kotak pertama; itu adalah jumlah klik perhari (24 jam). Dan perhatikan juga kotak kedua; itu adalah CPC yang diperoleh akun pada hari itu. 
NB
  • Klik adalah jumlah penonton yang menonton iklan pada video youtube (baik itu yang full atau skip).
  • CPC adalah pendapatan perklik (menonton) iklan pada video.
Kemudian, kalikan jumlah Klik dengan CPC, dan kita akan memperoleh hasilnya. Jika seperti gambar diatas, kita akan memperoleh hasil 252 x 47,21 = 11896,92

Apakah itu sudah selesai?.......

Tentu saja belum... 

Hasil diatas adalah pendapatan kotor perhari. Kenapa harus ada pendapatan kotor? Pihak Youtube menerapkan sistem bagi hasil, 68% bagi creator dan 32% untuk pihak Youtube. Bisa kita lihat pada informasi akun Adsense. 



Hal ini bukan berlaku pada conten creator Youtube saja. Tapi juga berlaku pada creator Blog. Untuk selengkapnya bisa dilihat di informasi akun masing-masing. 

Untuk mendapatkan perhitungan penghasilan bersih. Kita bisa melakukan operasi bilangan seperti ini. Untuk lebih jelas akan kami ulang dari awal menggunakan rumus lengkap.
RUMUS
      Klik x CPC x 68 : 100
Dengan merujuk rumus tersebut maka; 252 x 47,21 x 68 =  808.990,56 (hasil kotor) : 100 = 8.089,9 (hasil bersih). 
Baca: Cara membuat youtube yang menghasilkan uang
Seperti itulah cara menghitung pendapatan perhari pada Adsense Youtube. Untuk menghitung pendapatan perminggu atau perbulan, bisa dengan melakukan cara yang sama, namun dengan mengganti kinerjanya saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel