Tes Pull Up Seleksi TNI & Polri | Tips & Trick Latihan Untuk Pemula

Artikel sebelumnya saya sudah membahas cara latihan push up agar lulus seleksi TNI & Polri. Pada artikel kali ini masih berhubungan dengan tes jasmani TNI dan Polisi, yaitu mengenai Pull Up. Kita tau bahwa tes jasmani memiliki banyak tes yang akan diujikan. Untuk itu anda harus melatih tubuh anda sebaik mungkin.

Bagi kebanyakan orang, tes ini adalah tes yang paling berat dalam tes jasmani seleksi TNI dan Polisi. Apa lagi bagi pemula, ini akan sangat berat. Maka dari itu harus anda latih mulai dari sekarang agar bisa memenuhi target. Kunci dari pull up ada pada kekuatan tangan dan bahu. Kurangnya latihan mengakibatkan tangan tidak memiliki kekuatan untuk menarik tubuh ke atas.

Pada tes pull up memiliki penilaian, penilaian tersebut dilihat dari banyaknya gerakan benar pada pull up. Untuk nilai maksimal adalah 18 kali gerakan benar dalam satu menit. Untuk wanita tes pull up diganti dengan tes chinning dengan target gerakan benar adalah 60 kali dalam waktu satu menit.

latihan pull up pemula

Mungkin anda sedikit asing mendengar kata chinning. Jadi chinning gerakan pada wanita adalah gerakan dengan cara berdiri di depan tiang mendatar dengan kaki tetap menginjak tanah, kemudian tarik badan aju mundur dengan tumpuhan tangan pada tiang mendatar.

Saya tidak akan membahas lebih dalam tentang chinning. Nah, dibawah ini adalah latihan yang bisa anda lakukan agar lulus tes pull up seleksi TNI dan Polisi.

1. Lakukan pemanasan/peregangan sebelum memulai.

2. Persiapkan tiang pull up.

3. Untuk memulai latihan, dimulai pada posisi bawah. Lalu angkat kedua tangan menggenggam untuk menggapai tiang mendatar lalu peganglah.

4. Posisinya adalah badan bergelantungan dengan kedua tangan menggenggam tiang mendatar dengan posisi telapak tangan menghadap ke arah badan.
Baca : Berkas wajib agar lulus TNI & POLRI
5. kaki dalam keadaan rileks dan tidak menyentuh lantai.

6. Angkat atau tarik badan dengan menggunakan kekuatan tangan hingga posisi leher sejajar dengan tiang mendatar. Saat badan naik, tariklah napas kuat-kuat dan pada saat badan bergerak turun, buanglah nafas perlahan.

7. Sekali lagi lakukan aktivitas ini setiap hari dengan porsi bertahap. Tentunya dengan target akhir yang harus kalian capai adalah 18 kali dalam satu menit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel