Alasan Mendapatkan Penghasilan dari YouTube Sulit

Apa yang terlintas di pikiran anda jika mendengar kata YouTube? Pasti yang ada di pikiran kita adalah aplikasi jika mengaksesnya lewat aplikasi, situs jika mengaksesnya lewat browser yang dapat memberikan berbagai macam video dari seluruh dunia.

Ya, bagi orang yang masih awam, pasti bertanya-tanya, "dari mana asal video itu"? Dahulu saat saya masih menjadi orang yang gaptek, tidak tahu banyak tentang internet juga sering terlintas di kepala saya dengan pertanyaan seperti itu.

Jadi buat yang belum tau, video-video yang ada di situs atau aplikasi YouTube berasal dari seseorang yang mengupload ke YouTube. Nah, orang-orang tersebut saat ini sering disebut sebagai YouTuber. Oke, cukup segitu saja pembahasan mengenai asal video yang ada di YouTube, karena terlalu fundamental jadi tidak perlu dibahas jauh.

jadi youtuber berpenghasilan

Sesuai judul diatas, yang akan saya bahas lebih dalam adalah Jadi YouTuber Sekarang Susah! Kenapa? why? なんで?لماذا؟ . "Hahaha, sok multi bahasa".

Jika anda masuk ke dalam forum diskusi youtuber, pasti anda akan sering menemukan curhatan-curhatan para youtuber lama yang menyatakan "dulu jadi youtuber enak, sekarang mah susah, terlalu banyak aturan ini dan itu". 

Kalau di pikir-pikir perkataan tersebut benar juga. Mungkin ada beberapa dari kalian yang membaca tulisan ini berkata "kenapa jadi youtuber susah? kan kita tinggal upload video aja ke youtube". Nah, ini yang menjadi pokok utamanya.

Kalau anda ingin jadi youtuber sekedar untuk ena-ena eh maksudnya seru-seruan aja, ya itu gak masalah dan gak ada soal.

Tapi..., sekali lagi ya. Tapi apa mungkin anda terus-terusan mengupload video ke youtube hanya untuk seru-seruan doang, sudah waktu terbuang percuma untuk rekaman plus edit video ditambah lagi kuota internet untuk upload video. Masih yakin anda untuk seru-seruan doang.

Saya melihat di forum yang membahas tentang youtube, hampir rata-rata membernya ingin menjadi youtuber karena ingin cepat channel mereka di monetisasi agar mendapatkan uang. Nah, ini dia yang terbilang susah.

Karena setiap youtuber yang ingin berpenghasilan harus memiliki channel yang benar-benar sehat tanpa pelanggaran apapun.

Alasan Yang Mendasari Jadi YouTuber Bepenghasilan Susah!

1. Youtuber harus memiliki channel bersih dari pelanggaran

Pelanggaran yang dimaksud seperti pelanggaran hak cipta, konten sensitif, isu, sara, pengujar kebencian dan lainnya. Ya, jika channel anda mempunyai beberapa masalah yang disebutkan, itu akan berdampak buruk.

tapi tenang saja, hal itu tidak menutup kesempatan anda menjadi youtuber berpenghasilan, karena anda bisa mengakali dengan menghapus video yang bermasalah. Tapi tidak otomatis channel anda akan sehat kembali, masih butuh proses dan waktu yang cukup panjang.
Cara menghitung gaji bersih perhari adsense youtube

2. Channel harus memenuhi syarat

Syaratnya itu adalah channel wajib memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Ini terbilang adalah syarat umum yang mana setiap youtuber harus memenuhi hal ini dalam channelnya, namun tidak oleh bermain curang.

Maksud bermain curang disini adalah dengan sub4sub atau beli subscriber boot untuk memenuhi syarat subscriber dan juga menyewa jasa penonton untuk memenuhi syarat jam tayang. Saya ingatkan kepada anda jika hal itu anda lakukan, pintu anda untuk menjadi youtuber berpenghasilan akan tertutup, dirantai dan di gembok.

Hal itu adalah larangan keras yang diberikan kepada tiap-tiap youtuber. Jadi jika anda memang ingin menjadi youtuber yang berpenghasilan usahakan main cantik, manis, manja , paripurna alias bersih.

Sebenarnya bukan itu saja, ada lagi syarat khusus yang harus dipenuhi. Hal itu sudah pernah saya bahas di artikel Kenapa channel YouTube di Abaikan.


3. Masalah waktu

Mungkin setiap orang selalu bermasalah dengan waktu. Jika anda adalah orang yang sabar mungkin akan kuat dengan ini. Hal inilah yang menjadi masalah paling berat untuk saat ini. Kenapa? Menurut pengalaman teman-teman saya terdahulu, mereka mengatakan untuk menjadi youtuber berpenghasilan dahulu sangat mudah, hanya upload satu video langsung dapat email monetisasi.

Lalu pengalaman teman dari dekade berikutnya menyatakan bahwa untuk menjadi youtuber berpenghasilan hanya menunggu video ditonton 10.000 views langsung dapat email monetisasi. Mudah sekali bukan?

Sekarang sudah beda. Selain harus menuruti syarat-syarat diatas, youtuber dipaksa untuk sabar tingkat tinggi. Begini, walaupun anda sudah memenuhi semua syarat yang diberikan, anda tidak akan pernah mendapatkan email pemberitahuan monetisasi seperti para youtuber terdahulu. Jadi anda harus mendaftarkan channel anda ke adsense secara personal.

Dan yang lebih parahnya lagi setelah anda mendaftarkan channel anda untuk monetisasi, anda akan diuji kesabaran lagi dengan pengabaian atau channel di abaikan. Ciri-ciri channel diabaikan itu adalah channel youtube tidak kunjung di terima ataupun di tolak monetisasinya selama lebih dari 3 bulan.

Lebih baik di tolak ketimbang diabaikan. Jika ditolak, anda bisa secara memperbaiki channel apa yang menyebabkan ditolak. Jika diabaikan, anda akan terus-terusan menunggu sampai kapan channel itu disetujui atau ditolak, biasanya itu memakan waktu diatas 9 bulan hingga tahunan. Jadi bersabarlah kawan.

4. Dismonetisasi

Mungkin ini menjadi alasan terakhir. Anda pikir jika anda sudah menjadi youtuber berpenghasilan anda akan merasa aman, damai dan tenteram.

"Tidak bisa begitu kawan". Ada ketakutan tersendiri bagi tiap-tiap youtuber berpenghasilan, ketakutan yang cukup populer adalah dismonetisasi.

Ya, dismonetisasi menjadi momok bagi youtuber karena dapat menghentikan penghasilan mereka di youtube. Biasanya dismonetisasi terjadi akibat kurang ke hati-hatian youtuber itu sendiri dalam mengelola channel mereka. Seperti konten yang berulang atau seperti masalah yang ada pada nomor 1.

Tapi tidak menutup kemungkinan channel yang bermain bersih juga terkena dismonetisasi. Banyak juga channel teman-teman saya yang terkena dismonetisasi, ntah apa penyebabnya. Padahal video yang di upload mereka aman-aman saja.

Jadi, walaupun anda sudah menjadi youtuber berpenghasilan tetaplah waspada.
Baca: Mengatasi invalid click adsense youtube
Itulah alasan yang menguatkan bahwa jadi youtuber berpenghasilan susah. Tapi jika anda tetap ingin menjadi youtuber berpenghasilan, anda hanya harus kuat mental dan sabar. Karena banyak sekali rintangan yang akan anda lewati, bahkan rintangan itu tidak ada habisnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel