Cara Submit (DAFTAR) Blog Ke Google Webmaster dan Bing Webmaster

Apa yang anda rasakan jika lelah anda ketika membuat artikel dan kemudian mempublishnya namun ketika di cek di mesin pencari, artikel yang anda tulis dengan susah payah tidak ada atau tidak terdeteksi. Pasti hal seperti itu membuat lutut anda lemas seperti habis coli. hahaha.

Dan pastinya anda berpikir apa sebenarnya penyebab artikel anda tidak ada di mesin pencari baik itu google dan bing. Jika anda berpikir penyebabnya adalah karena artikel yang anda tulis tidak teroptimasi SEO (search engine optimatiazer) itu adalah pikiran yang salah. Sebab mau seburuk apapun kualitas SEO yang ada pada artikel anda, artikel anda tetap akan masuk ke mesin pencari, namun anda harus bersabar karena dibutuhkan waktu untuk artikel ada di mesin pencari google maupun bing.

Sebenarnya ada cara agar artikel yang anda tulis bisa cepat masuk ke mesin pencari google dan bing atau bahasa di dunia bloggingnya disebut ter-index ke google dan bing. Cara cepat tersebut adalah dengan mendaftarkan blog yang anda miliki ke console google webmaster tools dan juga bing webmaster tools. Dengan cara ini otomatis artikel yang telah anda publish akan lebih cepat masuk ke mesin pencari.

daftar blog ke webmaster

Di tulisan ini saya akan membagikan penjelasan tentang cara submit atau mendaftarkan blog ke google webmsater dan bing webmaster tools. Namun sebelum itu saya akan membahas ulasan dibawah ini terlebih dahulu.
Lakukan hal ini supaya blog diterima Adsense

Kenapa harus Google Webmaster dan Bing Webmaster?

Memang banyak sekali mesin pencari yang bisa diakses seperti Yandex, Dogpile, Gibiru dan yang lainnya. Tapi yang paling banyak digunakan oleh para pencari informasi adalah mesin pencari Google dan Bing. Karena hasil pencarian yang diberikan oleh kedua mesin pencari tersebut sangat relevan dan sangat cepat. Dan yang paling penting dari kedua mesin pencari ini adalah mereka selalu update algoritma, yang menyebabkan ketika kita mencari sebuah artikel, posisi dari artikel tersebut akan berubah-ubah. Jadi kita tidak bosan dengan artikel yang itu-itu saja.

Kenapa harus mendaftarkan Blog ke Webmaster?

Sebenarnya mendaftarkan blog ke webmaster tidaklah diharuskan atau diwajibkan. Karena tanpa mendaftarkan blog ke webmaster sekalipun, blog anda akan tetap masuk ke mesin pencari, namun akan sedikit memakan waktu antar 1-2 hari. Jadi dengan mendaftarkan blog ke webmaster, kemungkinan besar blog akan lebih cepat masuk ke mesin pencari. Bahkan artikel yang sudah kita publish bisa kita submit ke webmaster satu persatu agar dapat masuk dengan cepat ke mesin pencari seperti google dan bing.

Itulah sedikit ulasan yang bisa saya bahas. Selanjutnya saya akan memberi tahu cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools dan bing webmaster tools.

Cara daftar Blog ke Google Webmaster Tools

Mula-mula kita mendaftarkan blog ke google webmaster terlebih dahulu, setelah ini selesai kita akan lanjut mendaftarkan blog ke bing webmaster.

Sebelum itu pastikan anda harus memiliki blog terlebih dahulu dan sudah memasang template ke blog tersebut. Untuk jumlah artikel yang dibutuhkan untuk mendaftarkan blog ke webmaster sebenarnya random alias bebas tidak ditentukan berapa banyak artikel yang dimiliki, bahkan jika tidak memiliki artikel sama sekalipun juga bisa.

Jika hal tersebut sudah lakukan, langkah selanjutnya adalah.

1. Buka situs Google Webmaster. Atau anda bisa mengetikkan di kolom pencarian Google dengan kata kunci "Google webmaster tools".

2. Jika sudah masuk ke tampilan halaman awal, silahkan klik "mulai sekarang".



3. Kemudian anda akan mendapatkan tampilan seperti dibawah ini.


Disitu anda bisa pilih yang bagian ke dua atau Awalan URL. Lalu anda bisa masukan alamat lengkap URL blog anda, contoh seperti gambar diatas. Kemudian klik "TERUS".

4. Selanjutnya anda akan dimintai untuk memverifikasi kepemilikan, seperti gambar dibawah ini.


Tapi jangan langsung klik VERIFIKASI. Karena kita tidak akan menggunakan metode File HTML. Kita akan pakai metode yang paling mudah saja yaitu metode Tag HTML seperti gambar dibawah ini.


Untuk mendapatkan tampilan seperti gambar diatas, anda hanya perlu scrool sedikit ke bawah, lalu klik sub menu Tag HTML. Jika sudah tampil halaman seperti gambar diatas, silahkan salin (copy) kode HTML seperti yang ada di kotak merah.

5. Ingat jangan klik tombol verifikasi dulu. Kemudian buka dashboard blog anda, di tutorial ini saya menggunakan blogger. Kemudian klik Tema, lalu klik edit HTML. Jika anda bingung silahkan lihat gambar dibawah.

6. Kemudian anda akan dialihkan ke tampilan edit HTML. Disitu anda bisa menempelkan (paste) kode HTML yang sudah anda salin (copy) tadi tepat di bawah keyword <head>. Lihat gambar dibawah.

Sebelum Kode HTML di Paste

Sesudah Kode HTML di Paste
Jika sudah di paste dengan benar silahkan klik "Simpan Tema".

7. Jika semua sudah terlaksana, kita kembali lagi ke tampilan halaman google webmaster, seperti yang ada di step ke 4. Jika sudah dibuka, silahkan klik VERIFIKASI.


8. Setelah itu anda akan menemukan tampilan seperti ini. Disitu anda bisa klik "Buka properti" karena kita akan segera memasukkan sitemap (submit sitemap).


9. Dan secara otomatis anda akan dialihkan ke tampilan webmaster (google search console). Untuk memasukkan peta situs cara nya adalah klik "Peta Situs" seperti gambar dibawah ini.


Kemudian isi kolom tambah peta situs"dengan memasukkan sitemap.xml lalu klik kirim. Lihat gambar dibawah.


Dengan begitu blog anda sudah didaftarkan ke google webmaster. 
Baca: Umur terbaik mendaftarkan blog ke Adsense
Selanjutnya adalah Bing webmaster tools.

Cara daftar Blog ke Bing Webmaster Tools

Sebenarnya caranya sama seperti webmaster sebelumnya. Tapi walaupun begitu tetap saya buat tutorialnya untuk memudahkan anda dalam eksekusi.

1. Buka situs Bing Webmaster Tools.

2. Kemudian silahkan anda klik sign up. Kemudian pilih Google.


3. Setelah itu masukkan akun google anda, dan otomatis anda akan masuk ke tampilan dari Bing webmaster Tools.

4. Kemudian anda bisa memasukkan URL Blog anda seperti gambar ini. Lalu klik Add.

5. Setelah itu anda akan dibawa kepengisian formulir. Silahkan anda isi formulir terebut sesuai dengan data blog anda. Contoh bisa lihat dibawah ini.


*Keterangan
Ikuti saja sesuai gambar diatas.

6. Setelah itu anda akan diminta verifikasi. Sama halnya seperti submit blog ke Google. Disini kita akan menggunakan metode "Copy and paste a <meta> tag in your default webpage". Metode ini sama dengan Google Webmaster Tool, yang mana kita akan copy paste kode HTML ke HTML blog kita.


salin (copy) kode yang ada di kotak merah seperti gambar di atas.

7. Kemudian tempel (paste) pada HTML Blog anda. Letakkan tepat dibawah <head>. Jika sudah di paste klik simpan tema.


Lihat gambar diatas, seperti itulah nanti hasil akhirnya. Pada gambar diatas saya memadukan antara google dan bing menjadi satu. Dengan begitu pencarian blog kita akan semakin luas.

8. Kemudian kembali lagi ke halaman bing webmaster dan klik Verifikasi.


9. Selanjutnya adalah tinggal submit sitemap. Caranya adalah klik "Submit A Sitemap". Lalu masukkan URL Blog anda dan diakhiri dengan ketikan sitemap.xml. Kemudian klik submit.


Selesai.
Blog vs Youtube | Mana yang lebih cepat diterima Adsense
Itulah cara submit atau mendaftarkan blog ke google webmaster dan juga bing webmaster. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat membantu anda dalam mendaftarkan blog ke webmaster agar dengan cepat terindex ke mesin pencari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel