Navigasi BLOG Paling Penting untuk Daftar AdSense Supaya Diterima

Apa itu navigasi? Navigasi disebut juga dengan pandu arah yang mana menentukan posisi yang benar baik dalam perjalanan nyata maupun di peta. Itu adalah pengertian navigasi secara umum, yang biasa ada pada bagian pelayaran atau kapal.

Tapi blog juga memiliki navigasi. Lah kok bisa? Apakah blog juga akan melakukan perjalanan mengelilingi dunia seperti kapal? Tidak seperti itu. Lalu apa? Saya akan membahasnya dengan santai.

Apa guna navigasi dalam blog?

Navigasi pada blog berguna untuk mengarahkan pengunjung agar lebih mudah berselancar di blog tanpa takut tersesat. Maksud dari berselancar dan tersesat ini ialah mengakses atau lebih tepatnya membaca artikel dari halaman awal blog ke artikel lainnya dan mampu kembali lagi ke halaman awal blog.

Emang kenapa jika blog tidak ada navigasi?

Sebenarnya tidak ada dampak yang spesifik jika tidak memasang navigasi. Hanya saja anda selaku pemilik blog lebih pantas memberikan navigasi pada blog, agar pengunjung blog anda tidak tersesat. Saya ambil contoh seperti di kebun binatang, jika anda pernah pergi ke kebun binatang, pasti di lobby ada peta yang menunjukkan jalur dari kebun binatang itu, agar apa? Agar pengunjung dapat menentukan bagian mana dari kebun binatang itu yang akan disinggahi terlebih dahulu, jadi para pengunjung tidak meraba-raba lagi.

navigasi blog paling penting

Tapi ada dampak yang paling sering terjadi pada blog jika tidak dipasang navigasi. Jika anda berniat mendaftarkan blog ke google adsense, maka navigasi wajib ada pada blog anda. Jika tidak, blog anda akan ditolak atau tidak disetujui untuk menampilkan iklan google adsense. Tapi jika anda tidak berniat tidak masalah sih.

Buat anda yang berniat mendaftarkan blog ke adsense, disini saya akan membagikan informasi tentang navigasi apa saja yang paling penting untuk mendaftarkan blog ke adsesne agar diterima. Dan navigasi tersebut akan saya bahas dibawah ini.

1. About

About adalah navigasi blog yang menjelaskan tentang blog itu sendiri. Sebenarnya anda bisa menuliskan apa saja disini, karena ini bukan sesuatu sangat penting untuk dibaca, namun penting untuk mendaftarkan blog ke adsense. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam membuat navigasi about. Caranya anda hanya menuliskan apa saja uneg-uneg anda selaku pemilik blog. Untuk terlihat lebih professional, sebaiknya anda menuliskan tentang sejarah blog anda. Untuk membuatnya, anda hanya perlu menuliskan  kata-kata lewat halaman yang ada di dasboard blog anda.

2. Contact

Contact adalah navigasi blog yang memudahkan pengunjung untuk berhubungan dengan anda.  Sebenarnya contact tidak begitu pentingnya, namun untuk menunjang professionalisme dari blog anda, seharusnya contact memang harus ada di blog. Sehingga dengan begitu pengunjung yang mengerti akan memahami apa maksud dari navigasi itu.
Pakai: Templete terbaik untuk daftar Adsense

3. Privacy policy

Privacy policy adalah sebuah kata-kata yang tidak bisa dianggap sepele. Pihak google mewajibkan untuk membuat hal ini. Karena dengan ini blog anda menyatakan ke terbukaannya kepada pengunjung blog. Privacy policy lebih ditekankan lagi bagi blog e-commerce atau blog bisnis, yang mana akan banyak interaksi antara pemilik dengan pengunjung yang jika tanpa keterangan privacy policy ankan sangat vital. Tapi walaupun begitu, blog personal atau blog informasi tetap harus membuat itu. Apalagi ketika daftar adsense, navigasi ini sangat diperlukan.

Untuk membuat privacy policy anda isa mengetiknya sendiri dengan kata-kata yang ringkas namun tegas. Tapi jika anda merasa kesusahan untuk merangkai kata-kata yang lugas, anda bisa membuattnya secara online disini.

4. Disclaimer

Discalaimer dijadikan kerangka acuan untuk menyatakan bahwa isi dari blog tersangkut hanya sekedar media informasi belaka dan pihak pengelola blog atau pemilik blog tidak bertanggung jawab dengan kebenaran dari isi tersebut. Jadi dengan kata lain, jika pembaca artikel di blog anda merasa dibodohi dan tersesatkan dengan artikel anda, itu bukanlah tanggung jawab anda. Tetapi sebaiknya kita sebagai penulis blog buatlah artikel yang memang benar-benar kita kuasai, agar hasil dari artikel itu memiliki dampak baik dan pembaca tidak merasa terbodohi. Untuk membuat disclaimer anda bisa membuatnya di situs pembuatan disclaimer, klik disini untuk masuk.

5. Sitemap

Ini yang paling penting. Dengan sitemap blog anda akan menampilkan seluruh artikel yang ada di blog anda di satu halaman. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri, sebab banyak sebagian pengunjung blog tidak mengerti bagaimana mengakses artikel di blog dengan leluasa tanpa banyak klik sana sini. Dengan sitemap pengunjung dapat menikmati seluruh tulisan di blog anda dengan sekali klik. Dan sitemap ini sangat-sangat disarankan harus ada pada blog. Untuk membuat navigasi sitemap di blog, caranya dengan membuat kode xml di halaman blog. Jika tidak mampu membuat kodenya, anda bisa copy paste lewat google karena banyak sekali kode-kode yang bertebaran di google.
Baca: Tempat nulis artikel dibayar manusiawi
Nah itulah navigasi blog paling penting untuk daftar blog ke adsense agar diterima. Oiya, semua navigasi itu bisa anda buat di halaman yang ada di dasboard blog anda, lalu anda import ke html blog anda. Oke, saya kira sudah cukup untuk artikel kali ini. Untuk pembahasan lebih jauh seputar blogging, silahkan buka di label Blog Tutorial. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel