JANGAN PANIK! Cara Mengatasi KLIK IKLAN SENDIRI di Blog Agar Tidak Kena Invalid Activity

Yang menjadi kekhawatiran para blogger saat blog mereka sudah dapat menampilkan iklan adalah masalah banned atau iklan dinonaktifkan. Jika hal itu terjadi pada blog kita, pati rasanya sangat emosi dan bahkan bisa stress karena tidak dapat penghasilan lagi apalagi jika itu adalah blog satu-satunya.

Ada banyak sekali penyebab mengapa iklan di blog dinonaktifkan, seperti masalah plagiarism (copy paste mentah-mentah artikel milik orang lain) dan yang paling sering terjadi adalah masalah invalid click atau aktivitas klik tidak valid. 

Untuk penyebab invalid click ada juga penyebabnya, seperti karena klik iklan sendiri "baik secara sengaja atau tidak sengaja" dan boom klik (klik iklan menggunakan platform yang sama secara terus menerus). Maka dari itu, artikel ini hadir kehadapan anda untuk menyelesaikan masalah itu. Langsung saja mari kita mulai penyelesaian masalahnya.

cara mengatasi klik iklan sendiri di blog agar tidak kena invalid activity

Klik iklan sendiri

Hal ini adalah hal yang paling diharamkan oleh google adsense. Karena dengan melakukan hal itu, para pengiklan akan mengalami kerugian. Tapi terkadang para blogger ada juga yang melakukan klik iklan sendiri karena memang dengan dasar benar-benar tidak sengaja. "Contohnya saya sendiri".

Baru saja, sekitar satu hari setelah artikel ini di publish, saya melakukan klik iklan sendiri tanpa sengaja. Hal itu terjadi karena saya ingin melakukan cek tampilan blog saya lewat HP, lalu saya berniat untuk membuka salah satu artikel, "tapi apa yang terjadi?" ketika selesai loading untuk menampilkan artikel, yang terbuka malah situs iklan yang ada di blog saya. Disitu saya kaget sejadi-jadinya. Lalu saya mencoba mengecek jumlah klik iklan di akun AdSense saya, namun saya tidak menemukan adanya klik iklan di dasboard adsense saya. Setelah 10 menit, saya mencoba cek kembali, dan ternyata ada '1' klik iklan di dasboard adsense dengan perbandingan tampilan halaman blog '0' . 
Tapi walaupun begitu akun AdSense saya tetap aman-aman saja dan tidak ada email tentang Invalid Activity (klik tidak valid). Ada hal yang saya lakukan agar akun saya tetap aman, lebih tepatnya lagi cara mengatasi klik iklan sendiri di blog.
Baca: Sehari blog diterima Adsense

Cara mengatasi klik iklan sendiri

1. Lakukan cek secara berkala di dashboard AdSense anda, apakah ada klik iklan. Jika ada, silahkan bandingkan dengan tampilan halaman blog anda.

2. Masalah ini harus cepat-cepat diatasi. Jangan sampai lewat 30 menit setelah anda tidak sengaja klik iklan, karena dengan waktu yang cukup lama itu, bisa-bisa pihak google telah melakukan banned ke akun adsense anda sebelum memperbaiki semuanya.

3. Jadi, setelah anda klik tidak sengaja, harus langsung lapor ke "formulir klik kontak tidak valid" anda bisa langsung membukanya disini. Dengan begitu kemungkinan besar pihak google mengetahui masalah anda.

4. Setelah anda membuka formulir tersebut. Lali isi sesuai data akun adsense anda. Gambar dibawah ini adalah contoh punya saya.


Keterangan berdasarkan kolom.
# Nama; silahkan anda isi dengan nama akun AdSense anda.
# Alamat Email; Isi sesuai dengan alamat email akun AdSense anda.
# ID Penayang; isi dengan ID penayang AdSense anda. Anda dapat menemukan ID penayang pada dashboard AdSense dengan cara klik Akun > Informasi Akun.


Kemudian copy ID penayang tersebut. Lalu paste-kan di kolom ID penayang.
# URL lokasi tampilan kode iklan; ini adalah url dimana anda melakukan klik iklan tidak sengaja tersebut. Jika anda mengkliknya di halaman artikel blog anda, silahkan masukkan url halaman artikel tersebut di kolom ini. 
# Topik; pilih saja "melaporkan aktivitas yang tidak biasa pada akun saya".
# Tanggal dan waktu aktivitas klik; silahkan masukan tanggal, bulan dan tahun saat anda melakukan klik tidak sengaja.
# Paragraf penjelasan klik tidak sah; silahkan isi sesuai masalah anda.
# Untuk kolom yang paling bawah tidak perlu diisi.
# Terakhir klik tombol kirim.

5. Selesai.

Selanjutnya anda tinggal menunggu formulir anda di verifikasi oleh tim google AdSense. Nah, cukup mudah sekali bukan? Walaupun mudah, sebaiknya anda harus lebih berhati-hati saat mengecek blog anda sendiri.

Boom klik

Biasanya hal ini terjadi kepada blogger pemula yang tanpa berfikir panjang. Kenapa saya bilang tanpa berfikir panjang? Saya sering menemukan di grub FB yang mana banyak postingan para blogger yang membagikan tampilan layar (screenshot) email pemberitahuan bahwasannya blog yang mereka kelola telah dapat menampilkan iklan, seperti gambar dibawah ini.


Mari kita lihat gambar diatas, memang tidak ada yang melarang jika ingin pamer dengan pencapaian yang telah diterima. Namun yang menjadi masalahnya adalah mereka tidak menutupi (sensor) url blog mereka. Hal itulah yang menjadi makanan lezat bagi para manusia dengki terlaknat yang ada di grub FB tersebut. Alhasil, blog tersebut terkenal boom klik yang menyebabkan terjadinya Invalid Activity (klik tidak valid). Jika sudah begitu pasti sangat menyesal.

Cara mengatasi boom klik

Jika anda merasa blog yang anda kelola mengalami indikasi boom klik, biasanya tanda-tandanya adalah jumlah klik iklan lebih banyak daripada tampilan halaman, BPK dan RPM naik secara drastis, selain itu earning (pendapatan) juga mengalami kenaikan yang tidak normal.

Jika hal itu terjadi pada blog anda, yang anda lakukan adalah mencopot blog anda dari akun AdSense. Dengan cara itu, pihak google akan menghargai usaha anda untuk menghindari indikasi boom klik tersebut dan kemungkinan besar akun anda tidak kena banned. Lalu jika dirasa suasana-nya sudah kondusif, anda bisa menghubungkan kembali blog anda dengan akun AdSense.
Alasan kenapa adsense bermasalah
Nah, begitulah cara untuk mengatasi klik iklan sendiri dan juga boom klik. Inti dari semua ini adalah jangan panik, karena setiap permasalahan pasti ada cara untuk menyelesaikannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel