-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Latihan Hitungan Koran Agar Cepat dan Lancar

Konten [Tampil]
Hitungan koran merupakan salah satu jenis tes psikotes. Banyak dari kalangan pencari kerja menyatakan bahwa hitungan koran atau tes pauli adalah jenis tes psikotes paling sulit, karena harus benar-benar konsentrasi, fokus dan tenang. Tes hitungan koran benar-benar menguras tenaga.

Selain itu, mengerjakan hitungan koran harus memiliki pemikiran yang cepat, sebab dalam tes ini peserta harus menjumlahkan bilangan yang sudah disediakan, lalu jika penjumlahan bilangan tersebut menghasilkan dua buah angka, misal 12 maka bilangan tersebut harus disederhanakan dengan mengambil angka belakangnya saja yaitu 2.

Maka dari itu untuk mempercepat dalam penjumlahan sewaktu mengerjakan tes hitungan koran, saya  informasi kepada anda tentang cara latihan hitungan koran agar cepat dan lancar. Cara atau metode ini sudah saya lakukan pada diri saya sendiri, dan terbukti saya mengalami peningkatan dalam mengerjakan tes hitungan koran.
Baca: Syarat lulus tes hitungan koran

Segitiga Angka

Cara ini saya sendiri yang membuatnya dan saya juga orang pertama yang menggunakannya, ya jelas karena cara ini saya yang buat. Dalam metode ini sangat sederhana sekali. Segitiga angka digunakan sebagai pengganti jika tidak memiliki kertas hitungan koran. Kertas hitungan koran seperti dibawah ini.

hitungan koran

Nah, jika anda tidak memiliki kertas seperti diatas anda bisa menggunakan metode ini. Misi dari metode ini sama dengan yang ada di kertas tes hitungan koran yaitu menjumlahkan bilangan yang sudah disediakan. Tapi di metode yang saya ciptakan ini awalnya tidak memiliki bilangan, jadi anda harus membuat bilangannya sendiri.

Caranya adalah ambil kertas kosong terlebih dahulu, mau buku tulis, kertas HVS atau kertas nasi, terserah, yang pasti kertas kosong.

Kemudian tuliskan satu baris bilangan sembarang dari atas sampai bawah. Bilangannya bebas, terserah anda mau dituliskan angka berapa saja, yang terpenting angkanya harus 1 angka, tidak boleh lebih dari 1 angka. Contohnya seperti dibawah ini.


Jika anda sudah membuat satu baris bilangan seperti digambar atas. Mulailah untuk menjumlahkan bilangan-bilangan tersebut seperti mengerjakan hitungan koran. Jika sudah selesai menjumlahkannya, kemudian jumlahkan lagi hasil dari penjumlahan  di baris pertama, begitu juga seterusnya sampai bilangan atau angka tersebut menjadi segitiga seperti gambar dibawah ini.


Nah, itulah metode atau cara pertama yang terbukti efektif untuk mempercepat dan melancarkan pengerjaan tes hitungan koran. Itu sudah saya buktikan pada diri saya sendiri. Dan terlebih lagi, metode ini sangat efisien buat anda yang tidak memiliki kertas hitungan koran. Kemudian metode selanjutnya adalah.
Download: Aplikasi belajar psikotes

Menghafal Penjumlahan Angka

Yang satu ini adalah metode paling sederhana, karena anda tidak perlu menyiapkan kertas dan pena untuk menghitung. Dengan metode atau cara ini anda hanya perlu menggunakan pikiran dan kemampuan menghafal anda. Memang sih untuk menjumlahkan bilangan pertama jarang sekali sama dengan bilangan ke dua dan bilangan seterusnya seterusnya. Maka dari itu, anda harus latihan menghafal angka.

Caranya cukup mudah yaitu dengan memikirkan penjumlahan angka berapa saja, misalnya anda memikirkan penjumlahan angka 3+5, lalu anda pikirkan juga jawabannya dalam otak anda. Kemudian anda pikirkan lagi penjumlahan 8+9, dan pikirkan juga hasil penjumlahan-nya dalam otak anda. Untuk mempercepat daya ingat otak anda, anda bisa berlatih dengan cepat dalam penjumlahan ini.
Lihat: Cara gambar orang psikotes
Itulah metode belajar hitungan koran agar cepat dan lancar. Semua metode itu saya sendiri yang membuatnya, anda bisa menirunya secara gratis dengan begitu saya akan merasa menjadi orang yang bermanfaat karena metode saya dipakai orang-orang. Ok, sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Terima kasih.