Macam-macam Tes Psikotes Gambar Yang Sering Keluar Di Seleksi Lowongan Kerja

Kalian pasti tau tes psikotes kan? Tes psikotes adalah ujian untuk mengetahui kepribadian seseorang. Kalau Anda pernah mendaftar kerja di suatu perusahaan, pasti Anda sudah pernah mengikuti tes ini.

Ya, tes psikotes sering dilakukan saat seleksi calon pegawai di sebuah perusahaan. Namun bukan hanya di perusahaan saja, institusi pemerintah seperti TNI, Polisi, CPNS dan bahkan untuk menjadi kasir di mini market saja harus tes psikologi terlebih dahulu. Tentang pengenalan tes psikotes sudah pernah saya bahas. Jadi saya tidak akan panjang lebar untuk pembahasan awal tes psikotes paragraf ini.

Jika kalian tau, tes psikotes itu ada banyak ragamnya atau banyak jenis tes nya. Antara lain, menggambar, berhitung, menjawab soal dan lainnya. Nah, di tulisan ini, saya akan fokus-kan ke bagian psikotes yaitu menggambar. Karena apa? Saya pikir dibagian ini banyak sekali yang diujikan. Dibandingkan bagian psikotes lainnya seperti menghitung dan menjawab soal, bagian menggambar ini jauh lebih banyak dan berbeda pula bentuk-bentuk yang akan digambar.


Dibawah ini adalah macam-macam tes psikotes gambar yang paling sering keluar saat tes psikotes lowongan kerja.

1.Gambar Orang

Yang pertama ada gambar orang. Pasti Anda sudah tidak asing dengan tes ini, karena sudah sangat banyak sekali yang membahas ini, bahkan di video YouTube sudah Banyak beredar cara menggambarnya. Saya juga pernah menghadapi tes psikotes gambar orang, tepatnya ketika saya mengikuti seleksi TNI Angkatan Laut. Jadi tes menggambar orang ini diujikan di seleksi TNI AL. Ada beberapa tips dari saya jika Anda menghadapi tes psikotes menggambar orang.

  • Gambarlah orang yang sedang beraktivitas.
  • Jangan mengulang-ulang garis.
  • Goresan pinsil jangan terlalu tebal.
  • Gambar harus simetris.

Sebelumnya saya juga sudah membahas secara khusus tentang cara menggambar orang saat tes seleksi psikologi.

Agar lebih paham silahkan tonton video cara menggambar orang psikotes dibawah ini

2. Gambar pohon

Hampir sama dengan gambar orang. Hanya saja disini Anda harus menggambar pohon. Namun jika kita bandingkan, menggambar orang lebih sulit daripada menggambar pohon. Kenapa? Gambar orang cukup sulit karena penggambaran detail bentuk tubuh manusia seperti mustahil dilakukan, apa lagi jika yang menggambar adalah orang yang baru pertama kali menggambar orang, pasti cukup sulit. Beda dengan gambar pohon yang terlihat lebih simpel karena pohon hanya menampilkan bentuk yang pas dilihat saja, tanpa ada detail yang kompleks seperti gambar manusia.

Ketika menggambar pohon kita hanya membuat, batang, ranting, daun dan buah. Untuk tips menggambar pohon sama dengan menggambar orang.

Dibawah ini video cara menggambar pohon psikotes
Baca: Macam tes psikotes TNI & Polisi

3. Gambar Rumah Pohon dan Orang

Gambar rumah pohon orang adalah gambar gabungan dari gambar orang, gambar pohon kemudian ditambah dengan gambar rumah. Sistemnya sama dengan gambar orang dan pohon, namun di tes ini lebih sulit, karena 3 bentuk gambar dijadikan 1 yang artinya kita harus menggambar rumah, pohon dan orang di 1 kertas. Itu benar-banar sulit.

Tips yang bisa saya berikan di tes ini adalah usahakan menggambar rumah terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan menggambar pohon dan orang. Karena jika menggambar orang atau pohon terlebih dahulu, bentuk gambarnya akan terlihat tidak simetris dan aneh. Jangan sampai menggambar rumah lebih kecil dari pada orang.

Tonton video cara menggambar rumah, pohon dan orang (3 dimensi)

4. Wartegg

Tes wartegg lain dengan tes sebelumnya. memang tes ini metode-nya masih sama yaitu gambar. Namun tes wartegg ini lebih banyak bentuk gambar yang harus digambar dalam satu kertas. Di tes ini Anda akan diminta untuk melanjutkan sebuah gambar abstrak seperti titik, garis lengkung, garis vertikal dan horizontal menjadi sebuah gambar utuh yang memiliki makna.

Ada 8 bentuk gambar yang harus anda gambar. Untuk bentuk gambar apa saja yang akan Anda gambar itu terserah Anda, yang terpenting gambarnya harus realistis. Seperti jika menggambar pesawat, tempatkan pesawat itu diatas, jika menggambar mobil tempatkanlah mobil itu dibawah dan diberi jalannya.

Bonus video cara mengerjakan tes wartegg psikotes

Itulah macam-macam tes psikotes gambar yang paling sering keluar saat seleksi lowongan kerja. Dari ke empat tes diatas, menurut Anda Mana yang paling sulit untuk dikerjakan? Kalau saya pribadi, dengan pengalaman saya sendiri yang paling sulit itu adalah menggambar rumah, pohon dan orang. Karena digambar itu ada tiga bentuk gambar yang harus digambar dan ke tiga-tiganya harus terlihat kompleks.

Oiya, untuk menggambar ke empat gambar diatas tidak diharuskan cantik, karena kita diperintahkan untuk menggambar bukan untuk melukis. Yang terpenting dari menggambar itu semua adalah kesimetrisan gambar, goresan pinsil dan kerealistisan gambar. Oke, sekian artikel kali semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel