Perbandingan Gaji Youtuber dengan Blogger - Mana Yang Lebih Besar?

Memiliki pekerjaan dengan gaji yang besar memang menjadi keinginan setiap orang. Karena dengan gaji yang besar tiap-tiap orang mampu melakukan segala hal. Namun bukan berarti jika memiliki uang yang banyak harus berfoya-foya, tidak begitu tapi jika memiliki penghasilan atau uang yang banyak lakukanlah hal yang dianggap positif. Soal hal apa saja yang positif, Anda bisa cari tau sendiri, karena di tulisan ini saya tidak berceramah. Melainkan saya akan membahas tentang "gaji siapa yang lebih besar, YouTuber atau Blogger?"

Namun sebelum itu kita harus mengenal terlebih dahulu istilah Youtuber dan Blogger.

Youtuber adalah seseorang yang sering berselancar di YouTube dengan cara mengupload video yang bertuan untuk memberikan informasi, hiburan ataupun pendidikan disetiap video yang di upload. Singkatnya adalah orang yang sering mengupload video ke YouTube.


Sedangkan Blogger adalah seseorang yang membuat tulisan atau artikel yang kemudian di publikasi ke web/situs dan dapat ditemukan di situs pencari. Dengan kata lain yaitu membuat artikel secara online.

Itulah istilah untuk Youtuber dan Blogger. Lalu mereka dapat penghasilan dari mana? Yang pasti mereka dapat penghasilan dari iklan yang tampil di video jika mereka Youtuber dan iklan yang tampil di artikel jika mereka blogger. Iklan yang tampil itu datang dari AdSense.
Baca: Lebih mudah blog atau youtube diterima Adsense
Jadi jika ingin menampilkan iklan YouTube dan blog harus terdaftar dahulu di google AdSense. Nah, soal penghasilan siapa yang lebih besar kita akan membahasnya.

Anda juga bisa membaca tentang Cara Daftar AdSense YouTube Agar Cepat Diterima dan Blog Diterima AdSense Dalam Sehari.

Lebih besar gaji dari YouTube atau Blog?

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan seperti itu perlu berfikir panjang. Kenapa? Soal penghasilan blogger atau youtuber yang lebih besar, tidak ada yang bisa menjawabnya secara pasti. Karena tiap-tiap orang memiliki perbedaan masing-masing soal gaji, baik itu sesama youtuber pasti memiliki perbedaan gaji, begitu juga dengan sesama blogger pasti memiliki perbedaan gaji. Apa lagi youtuber dan blogger dibandingkan pasti perbedaan gajinya sangat berbeda.

Hal yang membuat perbedaan gaji di pada seorang youtuber dan blogger adalah terletak pada nilai CPC (Cost Per Click) di AdSense mereka. Tidak ada yang bisa memprediksi berapa CPC yang akan didapatkan oleh youtuber dan blogger setiap harinya, karena ini sifatnya random sesuai dengan konten yang dimiliki, seberapa besar presentasi klik iklan dengan tampilan halaman, seberapa tingginya RKT (Rasio Klik Tayang) di AdSense mereka. Karena nilai CPC disetiap akun berbeda-beda maka tidak bisa dipastikan gaji siapa yang lebih besar apakah youtuber atau blogger. Tapi disini saya melihat bahwa nilai CPC blog lebih besar daripada CPC youtube. Saya melihat sendiri di akun AdSense Blog dan YouTube saya. Saya melihat 1 klik iklan di Blog dihargai lebih dari 1000 rupiah, sedangkan untuk YouTube kurang dari 50 rupiah. Itu data dari Blog dan YouTube saya, pasti tiap-tiap akun berbeda.

Namun menurut saya pribadi, saya lebih setuju dengan gaji seorang youtuber lebih besar daripada seorang blogger. Kenapa? Ada masalah perbedaan dengan pengunjung Blog dan YouTube. Semakin banyak penonton di video YouTube maka akan semakin banyak pula uang yang akan di dapatkan seorang youtuber. Itu karena jenis iklan di YouTube banyak ragamnya. Salah satunya iklan video, yang secara otomatis akan muncul jika video ditonton. Dengan demikian, jika penonton di video seorang youtuber tersebut ditonton hingga 1 juta kali, maka tidak terbayang berapa uang yang akan didapatkan oleh youtuber tersebut. Bisa kita lihat sendiri Atta Halilintar seorang youtuber yang memiliki gaji lebih dari 100 juta tiap bulannya. Hal itu karena penonton di video dia sangat banyak. Bahkan tanpa mengklik iklan, para penontonnya terap akan melihat iklan, yang secara otomatis iklan yang ditonton itu akan menjadi pundi-pundi uang milik Atta Halilintar.

Berbeda dengan Blog. Walaupun banyak visitor di blog tidak menjamin akan mendapat banyak uang. Karena iklan di blog sistem-nya main klik. Jadi walaupun pengunjung blog 1 juta, namun tidak ada yang mengklik iklan itu sama saja tidak ada hasilnya. Tapi di Blog ada model pendapatan lewat impresi, yang mana iklan di Blog walaupun tidak ada yang klik akan tetap dapat penghasilan, namun sangat kecil. Tapi tidak menutup kemungkinan gaji per bulan seorang blogger lebih dari 100 juta. Disini saya tidak memiliki data, karena hampir rata-rata seorang blogger selalu menutup diri. Dalam arti mereka tidak mau memberi tahu apa nama blog mereka, karena mereka khawatir jika memberi tahu nama blog akan ada hal-hal yang tidak diinginkan pada blog mereka. Tapi saya pernah mendengar dengan nama Eka Lesmana, konon katanya dia seorang blogger lama. Yang mana dia pernah mendapat gaji lebih dari 100 juta lewat blog. Tapi sampai saat ini, orang-orang tidak tau apa nama blog dia, ternyata dia merahasiakannya juga.
Baca: Lebih mudah datangkan penonton youtube daripada blog

Kesimpulan

Dengan begitu saya menyimpulkan bahwa gaji seorang youtuber lebih besar daripada blogger. Seperti yang sudah saya bahas diatas, semakin banyak penonton video maka semakin banyak uang yang didapat. Walaupun CPC YouTube kecil, namun jika penonton hingga 1 juta, pasti tetap akan mendapatkan penghasilan yang besar. Misal CPC YouTube 50 rupiah di akun kita hari ini, kemudian 1 juta kali video kita ditonton dan di video itu menampilkan 899.000 iklan. Berarti 899.000 X 50 = 44.950.000 uang yang kita dapat dalam satu hari. Gila bukan. Itu sebabnya Atta Halilintar dan Ria Ricis mendapatkan penghasilan yang luar biasa lewat Youtube.

Oke, semoga tulisam ini dapat menetralkan dari rasa penasaran Anda tentang gaji siapa yang lebih besar, Youtuber atau Blogger? Dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Saya ucapkan terima kasih sudah meluangkan waktunya membaca tulisan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel