Sebelum Daftar Blog Ke AdSense, Lakukan Hal Ini Dulu Agar Tidak Ditolak

Hampir semua para Blogger pasti menginginkan Blog mereka menjadi penghasilan tambahan atau penghasilan utama. Jika orang awam atau Blogger pemula pasti bertanya-tanya? "Bagaimana cara menghasilkan uang dari Blog" Jika Anda benar-benar orang awam atau Blogger pemula atau juga baru pertama kali mendengar pertanyaan seperti itu. Saya akan memberitahunya.
Lihat: Penghasilan Blogger vs Youtuber
Cara agar Blog dapat menghasilkan uang sebenarnya banyak sekali caranya, namun yang paling populer dan diminati oleh para Blogger adalah dengan iklan AdSense. Untuk pengertian iklan AdSense, saya tidak akan menjelaskan-nya, karena akan membuang banyak waktu. Jadi jika Anda ingin tau silahkan cari di sumber lain. Yang pasti, iklan AdSense itu adalah sebuah kode iklan yang ditempatkan di Blog, lalu jika ada orang lain yang membuka Blog Anda kemudian mengklik iklan yang ada di Blog kita, maka akan ada penghasilan di Blog Anda.

Sebelum sebuah Blog dapat menampilkan iklan. Sebuah Blog harus terdaftar terlebih dahulu ke AdSense. Hal ini yang menjadi kekhawatiran para Blogger selama ini. Karena jawabannya ada dua, ditolak atau diterima untuk menampilkan iklan di Blog Anda. Jika diterima pasti kita bersyukur karena perjuangan yang dilakukan selama mengurus Blog tidak sia-sia. Namun jika ditolak tidak perlu stres atau putus asa, karena masih bisa memperbaiki kesalahan dan mendaftarkan ulang Blog ke AdSense.


Saya memiliki ketertarikan untuk membahas masalah ini, karena saya memiliki pengalaman pribadi saat saya mendaftarkan Blog ke Google AdSense. Dan pengalaman saya ini akan saya share di tulisan ini, agar ketika Anda mendaftarkan Blog ke AdSense, Blog Anda tidak ditolak. Langsung saja kita masuk ke intinya, saya harap Anda membaca tulisan ini dengan sepenuh hati agar lebih nikmat seperti kue donat. Hahahaha.

Hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum mendaftarkan Blog ke AdSense

Hal inilah yang saya lakukan pada Blog saya dahulu ketika akan mendaftarkan ke AdSense.

1. Punya Blog

Terserah mau itu dari Blogger ataupun Wordpress.  Kalau Anda masih pemula atau orang yang baru saja terjun ke dunia Blog, saya sarankan untuk menggunakan Blogger saja. Karena selain Blogger itu gratis, tampilan-nya juga tidak terlalu banyak, yang mana cukup mudah untuk dipahami bagi pemula, dan cocok untuk latihan dulu. Sedangkan Wordpress biasanya dipakai oleh para Blogger yang sudah ahli, biasanya mereka disebut “suhu”. Wordpress tidak cocok untuk pemula, karena selain berbayar, fitur dari Wordpress terlalu banyak bagi para pemula itu akan sangat membingungkan. Namun untuk urusan SEO (Search Engine Optimizer), Wordpress jauh lebih unggul dari pada Blogger.

2. Pasang Domain

Selanjutnya pasang domain di Blog. Hal ini sangat penting. Gunanya adalah untuk memperpendek URL Blog. Misal ketika Anda baru buat Blog pasti URL seperti ini www.contohBlog.Blogspot.com ketika sudah pasang domain URL akan diperpendek menjadi www.contohBlog.com. Dan guna yang lainnya adalah Blog Anda akan terlihat lebih professional di mata Google, karena untuk menampilkan iklan di Blog, Blog tersebut harus professional, walaupun sebenarnya pemula tapi karena pakai domain terlihat lebih PRO. Untuk pemilihan domain, Anda bisa memilih sesuai selera Anda sendiri, ada banyak pilihan nama domain, seperti ".com, .co.id, .me, .co" dan masih banyak lagi. Tapi aku sarankan, untuk memilih nama domain .com.

3. Template

Template adalah Tampilan bentuk website/Blog, seperti nama Blog, menu dan tampilan lainnya yang ada di Blog Anda akan ditampilkan sesuai dengan bentuk template itu sendiri. Ada banyak sekali template yang bisa Anda pakai, Anda bisa pakai yang gratisan ataupun yang premium. Namun jika Anda ingin mendaftarkan Blog ke AdSense, saya sarankan agar menggunakan template yang sederhana, dalam artian tidak terlalu banyak embel-embelnya. Untuk lebih jelasnya lagi, gunakan template Evomagz dari Mas Sugeng, karena itu terbukti cepat diterima oleh AdSense. Dulu Blog saya diterima dalam waktu satu hari saja.
Pakai: Template terbaik daftar blog ke Adsense

4. Buat Navigasi

Navigasi Blog ini sangat penting. Gunanya adalah supaya para pengunjung Blog Anda tidak kesasar. Dengan navigasi yang disediakan di Blog Anda, jika pengunjung kesasar mereka tinggal memencet tombol Home maka akan kembali ke halaman awal Blog Anda. Pihak Google sangat menyarankan menu navigasi ini. Menu navigasi yang dimaksud antar lain, yaitu about, contact, pripacy policy. disclaimer dan sitemap. Kalian harus benar-benar membuat navigasi ini agar ketika mendaftarkan Blog ke AdSense tidak ditolak.

5. Submit Blog ke Webmaster

Sebenarnya ini tidak ada kaitannya dengan diterima atau tidaknya Blog Anda oleh AdSense. Submit ke webmaster digunakan agar Blog Anda lebih cepat ke index oleh mesin pencari, baik itu Google atupun Bing. Anda boleh submit Blog Anda di kedua platform tersebut.

6. Buat Artikel

Ini sangat penting namun tidak perlu serius kali. Sebelum mendaftarkan Blog ke AdSense, Anda harus mengisi Blog Anda terlebih dahulu dengan artikel-artikel yang bermanfaat dan original. Ada skema saya tersendiri untuk hal ini, Anda hanya perlu membuat minimal 12 artikel atau lebih lebih bagus, ketika di upload ke Blog buat jadwal berkala. Misal Anda upload artikel di hari senin pukul 08:00, maka di hari selasa-nya Anda harus upload artikel di waktu yang sama seperti hari sebelumnya. Lakukan hal serupa di hari berikutnya hingga 12 artikel tersebut ter-upload semuanya.

Jika Anda sudah punya 12 artikel tersebut dan Anda tidak ingin ribet untuk mengupload tiap harinya, Anda bisa menggunakan fitur terjadwal yang sudah disediakan di Blogger.  Dan setelah 12 artikel itu di upload dengan skema yang sudah saya katakan diatas, Anda tetap wajib update artikel namun dengan kemampuan kapan Anda bisa update artikelnya.

7. Tunggu 1 Bulan

Yang saya lakukan yang terakhir adalah menunggu umur Blog saya lebih dari 1 bulan. Karena supaya Blog lebih berbaur dahulu ke mesin pencari. Sambil menunggu Blog berumur lebih dari 1 bulan, saya sarankan agar terus update artikel di Blog. Supaya lebih memantapkan lagi Blog kita untuk bersaing di antrian pendaftaran AdSense.
Cara Blog diterima Adsense dalam sehari
Hal itulah yang saya lakukan pada Blog saya sebelum mendaftarkan ke AdSense. Perlu diingat, sebenarnya kunci dari diterimanya Blog Anda di AdSense adalah dari tampilan Blog Anda itu sendiri. Jadi saya sarankan menggunakan template yang benar-benar enak dilihat oleh mata. Jika semua hal diatas sudah dilakukan di Blog Anda dan dibarengi dengan template yang mumpuni, saya jamin Blog Anda akan diterima dalam waktu 1 hari saja. Sama seperti Blog saya pada waktu itu.

Dan jika Blog Anda dapat notifikasi penolakan, Anda harus smart lihat apa yang menyebabkan Blog Anda ditolak. Biasanya penolakan tersebut diberitahu apa saja penyebab Blog Anda ditolak. Setelah mengetahuinya Anda bisa langsung memperbaiki Blog Anda. Dan kemudian jika dirasa sudah beres semuanya, Anda bisa mendaftarkan ulang Blog Anda ke AdSense. Semoga berhasil dan jangan lupa berdoa. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel