Bahasa Pemrograman Paling Cocok Untuk Pemula - Pasti Gak Tersesat

Bahasa pemrograman apa yang cocok untuk pemula ? Sebelum masuk ke pembahasan bahasa pemrograman untuk pemula. Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu bahasa pemrograman.

Apa itu bahasa pemrograman ? 

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan oleh seorang programmer untuk mengembangkan software atau memberikan instruksi kepada komputer untuk menjalankan sebuah perintah.

Apakah bahasa Markup sama dengan bahasa pemrograman ?

Bahasa Markup sangat berbeda dengan bahasa pemrograman. Bahasa Markup dirancang untuk definisi dan presentasi teks. Sedangkan bahasa pemrograman sebagai menentukan kode untuk memformat tata letak dan gaya dalam file teks. Contoh bahasa Markup adalah HTML.

bahasa pemrograman untuk pemula

Ada banyak pendapat tentang bahasa pemrograman yang terbaik, tetapi ada banyak lagi yang perlu dipertimbangkan daripada bahasa pemrograman terbaik. Dibawah ini adalah bahasa pemrograman yang paling cocok untuk pemula.

1. PHP

PHP adalah bahasa pemrograman untuk pengembangan situs web yang paling populer di dunia. Sebagian besar situs web di dunia ini dibangun dengan bahasa pemrograman ini, karena bahasanya yang ter khusus digunakan untuk web. Meskipun PHP mudah untuk dipelajari, namun sebenarnya PHP dapat digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan yang cukup rumit. Dengan pemrograman PHP, Anda dapat memilih untuk melakukan pekerjaan dengan pemrograman berorientasi objek atau pemrograman prosedur, atau bahkan dengan kombinasi keduanya.
Baca: Cara pasang VPN gratis di laptop

2. Python

Python adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan situs/web dan sebagai bahasa pendukung untuk pengembang perangkat lunak. Bahkan banyak juga digunakan untuk komputasi ilmiah, penambahan data, dan memerintah mesin. Python merupakan bahasa pemrograman ter-mudah untuk dipelajari oleh seorang pemula. Phyton terkenal dengan gaya pemrograman-nya yang dinamis, fleksibel, berorientasi objek, prosedural, dan fungsional. Dengan kode yang sederhana dan mudah dibaca, para programmer dapat mengekspresikan konsep dalam baris kode yang lebih rendah.

3. JavaScript

Sintaks JavaScript mirip dengan pemrograman C. JavaScript adalah bahasa pemrograman yang populer dan mudah dipelajari. Bahasa ini didukung oleh semua browser. Ada beberapa kerangka kerja untuk JavaScript seperti React dan AngularJS memiliki potensi besar di masa depan karena IoT dan perangkat seluler menjadi lebih populer. Jadi dengan itu, JavaScript akan tetap populer dimasa yang akan datang.

4. C#

C# adalah bahasa pemrograman berorientasi objek buatan Microsoft yang dirancang untuk berjalan pada platform .NET Microsoft. Bahasa pemrograman C# dan C++ banyak digunakan untuk pengembangan game. Karena itu setiap pengembang game yang memiliki cita-cita tinggi sebaiknya mempelajari kedua bahasa tersebut. Dasar-dasar dari bahasa pemrograman C# banyak terletak pada bahasa pemrograman C dan C++. Jadi jika Anda sudah memiliki dasar dari pemrograman C atau C++, maka akan sangat mudah sekali untuk belajar bahasa C#.

5. C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang kuat yang dirancang untuk pemrograman lebih jauh dan menawarkan pemrograman berorientasi objek. Hal ini telah memantapkan C++ sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik. C++ membantu Anda untuk mendapatkan wawasan tentang cara kerja berbagai hal dalam ilmu komputer. C++ biasanya digunakan untuk software, pengembangan game, aplikasi client-server dan firmware. Daripada Python dan JavaScript, C++ terbilang lebih sulit untuk dipelajari, tetapi tetap digunakan di banyak sistem di perusahaan besar.

6. Swift

Swift adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dibuat oleh Apple. Apple menciptakan Swift untuk memberi kekuatan penuh pada aplikasi di platformnya. Pihak dari Apple berusaha keras untuk bahasa Swift ramah bagi programmer baru atau pemula. Ada sebuah fitur pada bahasa Swift yaitu Swift Playgrounds, yang dipresentasikan oleh Apple sebagai revolusioner untuk iPad yang membuat belajar Swift interaktif dan menyenangkan. Tidak perlu memerlukan pengetahuan coding dalam pembelajaran Swift, jadi sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar pemrograman. Jika Anda ingin menjadi pengembang aplikasi seluler atau smartphone. Swift mungkin merupakan bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari terlebih dahulu.

7. Java

Hampir rata-rata aplikasi android dibuat dengan bahasa Java. Umur bahasa Java memang sudah tidak muda lagi yaitu berusia lebih dari 20 tahun. Bahasa ini digunakan oleh jutaan pengembang dan milyaran perangkat di seluruh dunia dan mampu berjalan pada perangkat keras dan sistem operasi apa pun melalui Java Virtual Machine. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis class yang dibangun untuk portabilitas dan aplikasi lintas platform. Banyak sekali sintaks Java yang didasarkan pada bahasa C atau C++.

8. Ruby

Ruby merupakan bahasa pemrograman yang dinamis. Bahasa ini dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto pada tahun 1990. Dengan memfokuskan pada sintaksis yang mudah dibaca oleh manusia, bahasa ini mendukung banyak paradigma pemrograman, termasuk berorientasi objek, fungsional, dan imperatif. Fitur ini menjadikannya bahasa pemrograman ini sangat fleksibel. Sama halnya seperti Python, Ruby sederhana dan mudah dibaca. Bahasa Ruby banyak digunakan untuk mengembangkan situs web, aplikasi berbasis web, dan aplikasi seluler.
Baca: Tempat belajar pemrograman otodidak
Lebih dari yang saya sebutkan diatas, ada banyak sekali bahasa pemrograman komputer yang dibuat untuk berbagai jenis pengembangan. Dan Pada akhirnya, bahasa pemrograman apa yang Anda putuskan untuk dipelajari. Saya hanya memberikan list bahasa pemrograman yang cocok bagi pemula, Anda yang memutuskan untuk memilih bahasa mana yang akan Anda pelajari.

Belajar bahasa pemrograman tidak semudah membalikkan telapak tangan, jika anda merasa tertekan atau pusing dalam belajar, istirahatlah sejenak. Belajar bahasa pemrograman harus sering melakukan praktek, dalam artian jika hanya membaca saja tentang trik-trik bahasa pemrograman tanpa ada tindakan untuk mempraktekkannya sama aja, karena bahasa ini jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, jika tanpa di praktek-kan otomatis akan cepat lupa dengan bahasa ini. Sekian tulisan saya kali, semoga kalian suka dan terima kasih atas waktunya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel